3 Efek Negatif Selfie

foto:humorterkini.com
Assalamu'alaikum jama'ah, kenalin ane nih yang pengin ngeksis lewat media porovokatif ini. hari gini semua hal yang bisa bikin kita ngeksis harus dimanfaatin sebaik-baiknya dan sehormat-hormatnya. jangan tanggung-tanggung... kalo loe laki, tunjukkan nyalimu...

Nah ngomong-ngomong soal ngeksis, banyak ni kan generasi-generasi ngehits yang suka selfa-selfie demi keabadian dan kehormatan moment dalam hidupnya.

Di zaman modern kayak gini nih, nulis bukan lagi cara efektif dan gaul buat mengabadikan moment-moment istimewa. jaman sekarang udah jarang anak-anak muda yang nulis diari sob.
anak-anak sekarang lebih suka selfie dengan banyak level kengeriannya...

Yap, bener banget sob, selfie sekarang makin ngehits aja, apalagi buat jam'ah-jama'ah yang punya smartphone, bukan stupidphone lho ya...hehe

bukan cuma anak muda sob, aki-aki dan nini-nini juga udah gandrung sama "penyakit" yang kayak beginian, contoh aja mas gopal....wkwk.

Tapi jama'ah, ente-ente udah tau belum kalo selfie itu buwerbuwahaya buwangett...
nih, ane rangkum tiga kemungkinan negatif yg menimpa jama'ah selfie, ati-ati sob.

1. Inget sama mantan

sebetulnya ane bingung, apa negatifnya inget sama mantan, tapi ah sudahlah biar lucu aja tulisan ane...hehe

hemmm... ini bab pertama ane tujuin buat pasangan yang terpisahkan oleh pelaminan gara-gara gak direstuin orang tua atau ditikung oleh sahabat karibnya yang PHO (Perusak Hubungan Orang) atau yang disalip menjelang garis finis oleh Lorenzo gara-gara udah yakin bakal menang duluan kaya Marquez... hehe....hii, ngeri banget... 

inget mantan bahaya banget sob, karena kita bakalan terobsesi dan terpaku pada masa-masa indah jaman pra-sejarah. kalo nostalgia sejenak sih gak masalah, tapi yg ane kuatirin ketika antum terpaku sama masa lalu, nanti jadi lupa sama masa depan yang gak tau gimana...hehe

dan pastinya buat menggapai masa depan yg indah mereka harus terus berproses. Kapan kita berproses? Ya sekarang. Mangkanya jangan terlalu sibuk memikirkan masa lalu.

Teruslah berproses untuk menggapai masa depan yg lebih indah.
Oh ya, bagi yg belum move on,jangan lupa segera move on ya hahha.
Bukan hanya move on,tapi juga move up !. mumpung momentnya masih Hari Move on Nasional...hehe

soal efek negatif akibat selfie jama'ah pikir aja sendiri ya...hehe

2. Menjadi manusia munafik.

Lho, apa hubungannya selfie dg munafik ? pastinya ada donk. seenggaknya diada-adain lah...hehe

sepengarangan ane ni yah, selama ini ane neliti siapa aja yang suka selfie. Ternyata yang suka selfie itu orang-orang kelas menengah kebawah, muka'nya sob, bukan kelas ekonominya...hehe

Tapi sob, antum tau sendirilah gimana caranya biar muka kelas menengah kebawah bisa keliatan jernih di layar selfie, ya diedit, mau digimanain lagi emangnya. Nah yang kayak begini ini nih yang namanya munafik. udah munafik, kufur nikmat lagi....hehe

tapi yang bikin masalah tambah runyam, ane juga sering kayak gitu...hehe


kadang-kadang ane merenung sambil ngopi dan udud nikmat terus ketiduran dan kebawa ngimpi.
apa sih yang dibanggain dari fisik antum-antum yang suka selfie ini? Toh, badan antum cuma sepretelan tulang yang kebungkus daging dan berlapis kulit berbahan polymer yang mudah luka dan kebakar...

cantik dan ngganteng antum-antum pade gak seberapa lama sob. paling banter cuman 20-30 taun doank. Hehh, gitu aja bangga...

Okelah gak masalah kalo antum-antum ngerasa bangga sama penampilan antum myang segitu-gitunya itu, ane terima dengan lapang dada dengan lapangan bola atau lapangan terbang sekalian dech...

Tapi ane mau tanya, kapan antgum mempercantik akhlakmu, ilmumu, serta amalmu?

Karena sesungguhnya yg masih bisa kamu banggakan sampai tua adalah akhlak dan ilmumu.
syukurilah semua pemberian tuhanmu "La insyakartum la aziidannakum,wala inkafartum inna 'adzabinlasyadiid". (terpaksa nih ane pake dalil biar antum percaya)

Bagi yg munafik atau bermuka dua itu, saran ane mending sumbangin aja tuh muka yg satu buat mereka yg sering cari muka wkwk.

3. Menyebabkan kematian

Ini dia dampak selfie yg paling berbahaya "selfie berujung maut" Nah loh, kok jadi horror?

Ternyata bukan rokok yang menyebabkan kematian, tapi selfie...

gak percaya. Mereka yg suka selfie biasanya nyari view yg indah dan mendebarkan, bahkan sering para selfie-mania cuek sama keselamatan mereka sendiri demi hasil selfie yg mendebarkan.

Salah satunya Erri Yunanto, masih inget kan...?? apahh, lupa, gobloke mblo utekmu... 

Kae lho... mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta yang kepleset ke kawah merapi sedalem 100-200 m  pas lagi selfie di atas Puncak Garuda. dan masih banyak sob cerita-cerita maut yang lebih serem lagi gegara selfie...


Sante Sob, ane gak ngelarang antum buat selfie, emangnya ane siapa, presiden, nabi. kan enggak...

ya seenggaknya lakukan aja sesuatu dengan sewajarnya gak usah berlebih-lebihan. Rosulullah SAW aja ngelarang sesuatu yg berlebih-lebihan,

Ni haditsnya, dari Ibnu Mas’ud ra, bahwa Nabi saw bersabda: “Binasalah orang-orang yang berlebih-lebihan”, tiga kali Rasulullah menyebutkan hadits ini, baik sebagai berita tentang kehancuran mereka ataupun sebagai do’a untuk kehancuran mereka. (Diriwayatkan oleh Muslim (2670)).

Moga-moga tulisan ane yang acak-adut ini bisa ngurangi limbah sampah-sampah visual di folder laptop, hp, maupun sosial media. Dan dengan itu anda tidak menyakiti mata teman anda. Terimakasih.
Wassalamu'alaikum


*Afiffuddin Faqoth

Comments

Popular posts from this blog

Sarasehan Jurnalistik, Gerakan Santri Menulis Lawan Paham Radikalis

Bangun SDM dan Tekankan Peran Keluarga dalam Pendidikan

PB PMII Dukung POLRI Berantas Terorisme Sampai Ke Akar-Akarnya

Tebarkan Kasih di Gersangnya Hati

Lawan Terorisme, FKPT Jateng Kenalkan Konsep Gemeter