Angkringan VS Modernisasi Ngaliyan

Foto: scontent.cdninstagram.com

Ndan Risha Islami, plis deh gak usah mengkultuskan tiga angkringan itu. Ente gak liat apa modernsasi “kota” ngaliyan udah sebegitu massifnya. Noh di depan komplek mabes harmony udah njejeg superindo dengan segala macam barang yang siap dijual. Sebentar lagi dedek-dedek gemes yang ente bilang bisa dibribik di angkringan bakalan nongkrong-nongkrong cantik di situ semua. Belum lagi mamah-mamah muda yang sewaktu perawannya sempet ente bribik-I, kesana semua entar nongkrongnya. Emang apa faedahnya nongkrong di angkringan kalo cuma bikin bokong tambah gosong, belum lagi kalo mau boker dan kencing, bingung boo nyari toilet terdekat. Coba dipikir dengan cermat dan seksama…!! Itu superindo udah nyediain semua fasilitas pertongkrongan level MASYA ALLAH….

Ini modernisasi udah gila-gilaan. Sebetulnya ane udah ngerasa semenjak ane pertama kali nginjekin kaki di tanah “suci” ngaliyan delapan tahun yang lalu. Waktu itu ketika turun di pertigaan jerakah ane jalan kaki ke kampus dua, seratus meter dari situ udah nemu ANJAY di kiri jalan. Akhirnya mau-gak mau ane mampir kesitu deh, yah cuman numpang ngademin badan aja sih, kan panas, tapi kalo cari tempat tongkrong murah tetep ke angkringan, mahalan dikit ke warteg lah. Seenggaknya kalo perut keroncongan dan dompet juga keroncongan, angkringan dan warteg udah nyediain “batu prasasti”, paham maksudnya? Kalo gak paham itu lhoo buku catatan ilmiyah yang buat mendokumentasikan aktifitas transaksi non rupiah, apah…belum paham juga…?? Ya udah gak usah dijelasin di sini, bikin malu…

Ndan risha, kota kecil ngaliyan sebentar lagi bakalan dikepung sama pemukiman modern. Yang namanya pemukiman modern pasti yang tinggal juga manusia modern, manusia modern kalo beraktifitas juga di tempat yang modern, nyari hiburan juga hiburan modern, termasuk kalo nongkrong juga di tongkrongan yang modern. Bekas kampus kita itu, yang katanya kampus pergerakan juga bakalan menyesuaikan dengan ke- modern-an itu, istilahnya kampus itu sedang melakukan modernisasi. Mahasiswanya, apalagi mahasiswa angkatan baru yang masih kinyis-kinyis, mereka bakal langsung menginjakkan ke kota ngaliyan yang modern, bukan ngaliyan jaman “purba” yang bahkan belum menyentuh abad pencerahan.

Sekarang kita udah gak tinggal di Ngaliyan jaman dulu, Ngaliyan yang dipenuhi oleh para aktifis progressif-anarkis-revoluioner yang gemar menyusun agitasi-propaganda pergerakan dari angkringan ke angkringan. Aktfis Ngaliyan jaman dulu suka brisik kalo denger suara-suara penindasan, tapi itu dulu, ketika Ngaliyan masih polos tanpa moderniasasi. Aktifisnya belum terkondisikan sama Superindo, goori, dan swalayan-swalayan modern.


Ane cuma mau tanya sama ndan Risha, sampe kapan angkringan-angkringan itu “membentengi” nalar pergerakan aktifis ngaliyan? Atau mereka udah terkondisikan sama tempat nongkrong yang modern….

*Ndan Musho

COMMENTS

Name

artikel,256,berita,110,Cerpen,4,esai,26,Fotografi,19,hiburan,7,jualbeli,1,kolom,4,opini,2,Puisi,20,resensi,3,sastra,15,semartv,6,
ltr
item
SemarNews.com: Angkringan VS Modernisasi Ngaliyan
Angkringan VS Modernisasi Ngaliyan
https://1.bp.blogspot.com/-URizXWHaMTM/Vyomn4jWp1I/AAAAAAAAAFU/B9Sek1uGr3wi39VJ8swVyh10iBlc5nUsgCLcB/s320/angkringan%2Bsederhana.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-URizXWHaMTM/Vyomn4jWp1I/AAAAAAAAAFU/B9Sek1uGr3wi39VJ8swVyh10iBlc5nUsgCLcB/s72-c/angkringan%2Bsederhana.jpg
SemarNews.com
https://www.semarnews.com/2016/05/angkringan-vs-modernisasi-ngaliyan.html
https://www.semarnews.com/
https://www.semarnews.com/
https://www.semarnews.com/2016/05/angkringan-vs-modernisasi-ngaliyan.html
true
6531980057997603091
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy