Empat Kriteria Cewek Cantik

Foto: Repro ngeProf.com
Dear cewek-cewek se-Indonesia, wa bil khusus cewek-cewek di wilayah Ngaliyan, Gunungpati, Tembalang, Sampangan, Dr. Cipto, dan Kaligawe. Sejak zaman Ibu Hawa sampai zaman Pia Alonzo Wurtcbach, kecantikan selalu menjadi hal yang didambakan oleh setiap perempuan. 

Sayangnya, pemahaman mengenai kata cantik yang selama ini beredar di masyarakat adalah pemahaman yang salah. Sengaja di bentuk sedemikian rupa hanya untuk kepentingan bisnis, kepentingan kapitalistik yang berorientasi pada keuntungan pribadi. Akibatnya, banyak perempuan yang merasa minder, bahkan melakukan bunuh diri karena tidak memiliki kulit putih-halus, tinggi-semampi dan bentuk tubuh ideal bak gitar Spanyol. Mengerikan bukan?

Kalau tidak percaya dengan statement diatas, silahkan buktikan kebenarannya. Seberapa sering anda –para perempuanyang tidak memiliki uang berlebih- berganti sabun mandi, cream pencerah wajah, lulur hingga membeli berbagai perangkat kecantikan hanya karena ingin disebut sebagai perempuan cantik. Sedangkan anda -para perempuan yang memiliki uang berlebih- bisa dipastikan akan melakukan operasi plastik agar disebut sebagai perempuan cantik idaman para lelaki –mata keranjang- bukan?

Sadar atau tidak, dengan melakukan hal-hal diatas, anda telah mengakui bahwa alam bawah sadar anda telah dikuasai hingga akhirnya dengan mudah diarahkan oleh iklan-iklan –tak bermutu- yang sering muncul di layar televisi pada waktu premiere time. Benar to? 

Lantas, bagaimanakah kriteria perempuan cantik yang sebenarnya? Tentu saja, benar dalam konteks ini adalah kebenaran yang bersifat ilmiah, akademis dan epistimologis -bahasane nggaya sitik, biar dianggap cerdas- haha. 

Berdasarkan survey yang kami lakukan terhadap para lelaki di berbagai kampus –tempat yang dianggap paling ilmiah- di Indonesia, diperoleh lima kriteria perempuan cantik sebagai berikut:

1.  Perempuan dengan hobi mendaki gunung

Pasti muncul pertanyaan, “lho apa hubungannya naik gunung dengan kecantikan?” tentu saja keduanya memiliki hubungan yang sangat erat dan tidak bisa dipisahkan, bagai dua sisi mata uang.

Tidak percaya? Silahkan tanyakan pada para lelaki yang tergabung dalam Pashtunwali -komunitas pecinta alam yang tersebar di seluruh PTKIN se-Indonesia- yang kebetulan menjadi responden kami.  Mereka semua menyatakan bahwa perempuan cantik itu ya yang suka mendaki gunung. Gunung sungguhan lho, bukan gunung-gunungan, apalagi gunung kembar. Hehe

Menurut mereka, perempuan dengan hobi naik gunung adalah perempuan pemberani, mandiri, tidak terlalu manja, dan cenderung memiliki sisi maskulinitas.

Nah, bagi anda –para perempuan- yang ingin selalu diperhatikan dan manja, berhati-hatilah jika pacar anda tergabung dengan komunitas tersebut dikampusnya. Anda harus jika suatu saat nanti diputuskan dengan tiba-tiba. #AwasBanyakTikungandiJalurPendakian

2.  Perempuan yang gemar membaca

Kategori ini dimasukkan oleh lelaki yang menyukai perempuan-perempuan dengan wawasan luas. Lelaki yang menyukai perempuan dengan kategori ini  adalah lelaki dengan pemikiran visioner, mereka tidak ingin anak-anaknya kelak, diasuh oleh perempuan dengan wawasan dangkal.

Dalam hasil survey yang kami dapatkan, perempuan cantik dengan kategori ini dibagi menjadi tiga tingkatan; pertama, perempuan yang cantiknya pas-pasan, Kategori ini berlaku untuk perempuan yang hanya gemar membaca koran maupun buku dengan wacana-wacana terbaru. Hal ini mereka lakukan agar tidak disebut sebagai wanita kudet, tidak ketinggalan informasi dan yang terpenting selalu memiliki bahan untuk ngerumpi. Ingat, ngerumpi bukan diskusi.

Kedua, perempuan yang tingkat kecantikannya standar. Perempuan dengan tingkatan ini adalah mereka yang kegemaran membacanya hanya datang pada satu waktu; pada saat mendapat tugas makalah dan mengerjakan skripsi. Perempuan semacam ini biasanya tidak memiliki semangat untuk mendatangi forum-forum diskusi, sebab pengetahuan yang mereka miliki hanya untuk kepentingan pribadi mereka; nilai dan kelulusan, bukan untuk kemanusiaan dan peradaban.

Ketiga,perempuan dengan tingkat kecantikan maksimal. Perempuan dalam tingkatan ini adalah mereka yang membaca buku-buku bersifat revolusioner dan penuh semangat perlawanan, termasuk didalamnya adalah karya sastra yang dihasilkan oleh sastrawa anti status quo, seperti Pramoedya, Tolstoy, Gorky dan banyak lainnya. Perempuan dalam tingkatan ini, cenderung rajin mendatangi kelompok-kelompok diskusi. Sebab, mereka percaya bahwa pengetahuan mereka adalah untuk peradaban dan kemanusiaan, sehingga harus dicari kebenarannya dalam kelompok-kelompok diskusi dan memang satu kebenaran, bahwa pada umumnya perlawanan itu dimulai dari kelompok-kelompok diskusi.

Kategori ni adalah peringatan keras bagi para perempuan yang kerjanya hanya nongkrong di  kafe, tidak ingin ditinggal pasangan hanya karena tidak hobi membaca buku kan? Saran penulis, segera datang ke toko buku terdekat, borong buku-buku revolusioner yang dijual disana, atau kalau kantong anda pas-pasan datangi perpustakaan di kampus anda, baca dan kalau perlu curi bukunya agar lebih nyaman membacanya di kos-kosan. Hehe

3.  Perempuan yang suka menulis

Kriteria ini diperoleh dari para lelaki yang bergabung dengan Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) yang pasti ada di setiap kampus. Tentunya kampus beneran, bukan kampus yang berbentuk ruko lho ya.. hehe

Menurut mereka,kecantikan  perempuan dalam kategori ini memiliki nilai lebih daripada kategori pertama dan kedua. Sebab, perempuan dalam kategori ini bisa dpastikan juga memiliki kegemaran membaca dan berdiskusi. Hal ini juga dikarenakan oleh perkara lain, yakni menulis yang menjadi perkara paling susah dan merupakan kerja tertinggi dari proses intelektualitas.

Kecantikan perempuan dalam kategori ini juga bersifat abadi, tidak akan hilang meski mereka telah mati. Seperti kata Pramoedya Ananta Toer –sastrawan yang pernah dipenjara oleh dua rezim berbeda di negara ini- bahwa “menulis adalah bekerja untuk keabadian”.

Nah, bagi para perempuan yang memiliki hobi melukis bibir, pipi dan alis, segera ganti hobi anda dengan menulis jika anda ingin dikejar banyak laki-laki.

Jika tidak percaya, segera tanyakan pada salah satu kontributor ngeprof.com, Ndan Gus Fahmiyang juga menjabat sebagai Sekjen PPMI kota Semarang.

4.  Perempuan yang mau memegang megaphone dan bisa orasi

Nah, perempuan dalam dalam kategori ini tidak hanya cantik, tetapi juga seksi. Hal ini diperoleh dari responden yang pernah menjadi tokoh mitologi di kampus berbagai kampus yang ada di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, sebagai contoh di Ngaliyan ada Dewa Rishadan Dewa Bo, di Yogya ada Dewa Aziz, di Surabaya ada Dewa Taufiq, di Malang ada Dewa Verdi, di Jakarta ada Dewa Ned, di Palangka ada Dewa Noor, dan juga tokoh-tokoh mitologi lain dari berbagai kota yang tidak mungkin penulis sebutkan satu persatu.

Kecantikan perempuan dalam kategori ini muncul ketika mereka mulai memimpin demonstrasi dan mengeluarkan semangat-semangat perlawanan. Di mata para lelaki, perempuan yang tangan kanannya memegang megaphone , tangan kirinya mengepalkan semangat perlawanan dan mulutnya penuh teriakan-teriakan pembebasan adalah jelmaan dari Dewi Aphrodite dan Venus yang turun ke bumi, sehingga para lelaki tidak akan memiliki kuasa untuk tidak tunduk di hadapan perempuan dengan kecantikan dalam kategori ini.

Nah lho... setelah membaca hasil survei -yang benar-benar objektif, tanpa tendensi apapun selain ilmiah-akademis- diatas, masihkah kalian percaya bahwa cantik itu harus berkulit putih-muluh, tinggi-semampai dan bentuk tubuh seperti gitar Spanyol? Kalau kalian cerdas, harusnya tidak. sebab, itu semua hanyalah mitos yang didesain untuk kepentingan dan keuntungan segelintir orang.
 
Nasihat terakhir dari penulis yang dikutip dari buku Catatan Seorang Demontstran karya Soe Hok Gie, “Perempuan akan selalu berada di bawah laki-laki jika yang diurusi hanya baju dan kecantikan”, penulis tambahkan, “Jika hanya berfikir dan berbicara tentang bedak dan busana, maka selamanya perempuan hanya akan bekerja untuk sumur, kasur, dan dapur".

Sekian, semoga menginspirasi.

COMMENTS

Name

artikel,254,berita,108,Cerpen,4,esai,26,Fotografi,19,hiburan,7,jualbeli,1,kolom,4,opini,2,Puisi,20,resensi,3,sastra,14,semartv,5,
ltr
item
SemarNews.com: Empat Kriteria Cewek Cantik
Empat Kriteria Cewek Cantik
https://1.bp.blogspot.com/--qUaK6q4HPo/Vy-UAJL_ByI/AAAAAAAAAQc/UCo9B53v478Bx1QqOh2ktK8mhe5y3Nd0wCLcB/s400/13210942_1132123333513122_1812257459_o.jpg
https://1.bp.blogspot.com/--qUaK6q4HPo/Vy-UAJL_ByI/AAAAAAAAAQc/UCo9B53v478Bx1QqOh2ktK8mhe5y3Nd0wCLcB/s72-c/13210942_1132123333513122_1812257459_o.jpg
SemarNews.com
https://www.semarnews.com/2016/05/empat-kriteria-cewek-cantik.html
https://www.semarnews.com/
https://www.semarnews.com/
https://www.semarnews.com/2016/05/empat-kriteria-cewek-cantik.html
true
6531980057997603091
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy