Jangan Sampai Salah Berempati



Jama'ah ngeProf, sering makan di pujasera? Di sana, selain ada Mbadogan dan tenggakan, ada juga pengamen dan pengemis. kalo kita ngasih uang sama pengamen "profesional" penulis maklumlah, karena pengamennya udah "kerja-keras" menyajikan nyanyian yang menghibur. tapi untuk pengemis, tunggu dulu, kita pikir-pikir dulu. kadang kita gampang banget berempati trus ngasih duit gitu aja.

Sementara di pinggir-pinggir jalan deket pujasera situ ada beberapa pedagang kaki-lima, yang harga dagangannya jauh lebih murah ketimbang warung atau toko konvensional. Yang sering penulis amati selalu ada perempuan hobi nawar" sama pedagang kaki lima ini, tega banget deh. Prempuan itu seringnya nawar bukan karena hitungan untung-rugi buat pedagangnya, tapi Cuma ingin memuaskan hasrat “hobi nawar”nya semata.

Coba kita renungkan bersama. Saat mereka menemui pengemis di Pujasera yang cuman modal muka melas, akting tingkat dewa dan wardrobe sekelas make-up artis, perempuan-perempuan hobi nawar itu langsung ngasih gitu aja gak pake tawar-menawar sama pengemisnya, ironis kan. Kasus pada beberapa pengemis, mereka malah sebenarnya sangat laik buat kerja. Fisik dan usianya masih sangat memungkinkan untuk terus bekerja (selain mengemis tentunya, karena mereka pikir mengemis juga salah satu profesi pekerjaan).


Renungkan sekali lagi. Untuk pengemis yang seharusnya bisa kerja keras, mereka mudah berempati. Tapi kepada pedagang kaki-lima yang kerja beneran dan gak pake korupsi, mereka tega-tegaan nawarnya. Terkadang penulis mikir bahwa banyak orang sering salah berempati. Mereka berempati secara irasional. Diperdaya totalitas akting pengemis yang habis ngemis malah beli buah di pinggir jalan gak pake nawar…

COMMENTS

Name

artikel,254,berita,108,Cerpen,4,esai,26,Fotografi,19,hiburan,7,jualbeli,1,kolom,4,opini,2,Puisi,20,resensi,3,sastra,14,semartv,5,
ltr
item
SemarNews.com: Jangan Sampai Salah Berempati
Jangan Sampai Salah Berempati
https://4.bp.blogspot.com/-nzZvqSV7FyU/VzXEpVPyZ2I/AAAAAAAAAZw/f4o9rMqzlHcP5vsb2Dep3BaMaPc2AUbYwCKgB/s320/20130812_pedagang-berjualan-di-trotoar-monas_2818.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-nzZvqSV7FyU/VzXEpVPyZ2I/AAAAAAAAAZw/f4o9rMqzlHcP5vsb2Dep3BaMaPc2AUbYwCKgB/s72-c/20130812_pedagang-berjualan-di-trotoar-monas_2818.jpg
SemarNews.com
https://www.semarnews.com/2016/05/jangan-sampai-salah-berempati.html
https://www.semarnews.com/
https://www.semarnews.com/
https://www.semarnews.com/2016/05/jangan-sampai-salah-berempati.html
true
6531980057997603091
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy