Palu Arit vs Sendok garpu

Para jama’ah ngeprof yang berbahagia dan ber-galau ria… ada berita heboh lagi nih. Berita tentang lahirnya kembali partai politik paling berbahaya di Indonesia, partai yang udah dilarang kehadirannya di negeri tercinta ini. Bahkan semua sumber-sumber ajaran partai ini juga udah dianulir lewat TAP MPR.

Coba tebak partai apa itu? Yang udah tau cung jarinya, kalo belum tau, jadi PR aja.
Konon ceritanya dulu partai ini seneng banget bikin gerakan. Mulai dari gerakan “perampasan” tanah, menjarah hartanya kyai dan yang paling serem mereka mau bikin gerakan makar. Sejarah partai ini dari jaman belanda sampai hari ini selalu diliputi “kisah hantu”, kalo ketemu sama anggotanya segera baca ayat kursi.

Sebetulnya yang mau admin ceritain bukan soal partainya, tapi soal simbolnya. Nah simbol partai itu sempet jadi tabu waktu admin masih kecil, simbolnya palu dan arit yang menyilang. Sempet suatu ketika tanpa ada maksud apapun admin menyilangkan palu dan arit, Cuma buat main-main aja,karena waktu kecil imajinasi admin suka melayang-layang. Nah, setelah admin menyilangkan palu-arit tiba-tiba bapak admin marah-marah, katanya kalo menyilangkan palu sama arit bisa kena tulah atau kualat gitulah. Admin manut aja, omongan orang tua biasanya ada “bener”nya…

Admin baru tahu alasan bapak ketika kelas 5 SD, waktu itu pelajaran sejarah nasional. Ternyata palu-arit adalah simbol partai yang senengnya mberontak sama negara, malahan guru SD admin cerita katanya anggota partai itu suka nebas leher kyai dengan arit dan mukulin kepala santri dengan palu (cerita yang ini gak ada di buku pelajaran).

Menurut bacaan-bacaan yang admin baca, ternyata simbol itu gak ada hubungan sejarah atau sosial dengan partai itu. Palu dan arit adalah alat bekerja buruh dan petani di eropa jaman dulu. Setelah meledaknya revolusi industri banyak buruh dan petani penggarap yang dipecat oleh para majikan karena sudah ada mesin-mesin yang efektif dan murah untuk menyelesaikan berbagai macam pekerjaan.

Nah, karena para buruh dan petani dipecat, meraka melakukan perlawanan, yang buruh bawa palu trus yang petani bawa arit. Nah baru kemudian hari palu dan arit dijadiin simbol untuk memudahkan komunikasi antar kelompok petani dan buruh.

Simbol palu dan arit mulai booming ketika revolusi bolshevik tahun 1917 di Rusia. Revolusi pekerja itu mengejutkan dunia. Kalangan majikan-borjuis tidak menyangka para buruh dan petani akan seberani itu. Barulah kemudian partai komunis-sosialis Uni Soviet yang tadinya hanya menggunakan bendera merah sebagai lambang gerakan tentara merah (khmer merah),  mulai menyematkan gambar palu-arit. Tahun 1922 ketika pertemuan Komunisme Internasional barulah palu-arit diresmikan sebagai simbol partai. Dan itupun hanya sekedar simbol, sebagai alat komunikasi dan pemersatu gerakan. Artinya palu dan arit atau gambar-gambar palu-arit menyilang yang ada di kaos, baju, atau sempak sekalipun tidak ada hubungannya dengan partai terlarang itu. Mbok yo seng genah utekkee lho…

Kalau toh harus banget menyimbolisasikan palu dan arit, harusnya identik sama buruh kasar dan petani miskin yang serba kekurangan. Saran admin nih, negara make logo palu-arit untuk kartu jaminan kerja misalnya, atau kartu jaminan sosial.

Ya emang begitu sejarah munculnya logo palu dan arit, dan emang begitu makna sosial dan historisnya, gak bisa dihubung-hunbungin sama PKI, eh, keceplosan dech… Apalagi di karang-karang cerita G30S dan gerakan makar. Utteekkmuuu kiii lhooo….!!!

Dua benda itu, cuma “senjata” butut yang digunain buruh dan petani tertindas buat ngelawan borjuisme.

Borjuisme yang bakal admin kasih simbol Sendok dan Garpu.

Udah pada tau sendok garpu kan? Itu lho, alat makan yang bikin perut kenyang. Gak tau juga? Dasar mahasiswa udik, kalo makan pake tangan langsung sih.

Sendok dan garpu pasti ada di meja makan, apalagi kalo yang makan kalangan borjuis, itu sendok dan garpunya kinclong-kinclong. Yang pasti, sendok-garpu gak pernah ada di kebun atau di pabrik. Malahan para buruh pabrik dan petani seringnya makan pake tangan langsung, sama kaya ente, mahasiswa udik.

Admin pengen cerita lagi jaman kecilnya admin nih. Dulu kan admin seneng nonton sinetron, sering admin merhatiin adegan makan pake sendok di tangan kanan dan garpu di tangan kiri. Karena saking “sederha”nya kehidupan admin, admin sampe ngiri sama adegan itu. Sampe-sampe kalo admin main rumah-rumahan sama temen kecil admin, admin bikin adegan makan keluarga dengan sendok-garpu mainan. Imajinasi yang nempel di utek admin, makan pake sendok-garpu tu kaya orang kaya raya di dalem sinetron. Admin kira banyak yang kepikiran kayak gitu, ya tho?

Intinya, sendok sama garpu itu simbol makan dan perut kenyang lawan palu-arit yang nyimbolin kegetiran buruh dan petani.

Seandainya kepaksa aparat negara menyimbolisasikan palu-arit untuk PKI, admin bakal usul sendok dan garpu buat simbol PKS (Partai KenyangSejahtera). Partai yang paling getol ngelawan “hegemoni” PKI…


COMMENTS

Name

artikel,255,berita,108,Cerpen,4,esai,26,Fotografi,19,hiburan,7,jualbeli,1,kolom,4,opini,2,Puisi,20,resensi,3,sastra,14,semartv,5,
ltr
item
SemarNews.com: Palu Arit vs Sendok garpu
Palu Arit vs Sendok garpu
https://1.bp.blogspot.com/-0IHNZHRDLNI/VzVM0gb9RyI/AAAAAAAAAY8/WOS4seczaoksFwS1Ht7F6jXs57DkErxHQCLcB/s320/pki%2Bmakan.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-0IHNZHRDLNI/VzVM0gb9RyI/AAAAAAAAAY8/WOS4seczaoksFwS1Ht7F6jXs57DkErxHQCLcB/s72-c/pki%2Bmakan.jpg
SemarNews.com
https://www.semarnews.com/2016/05/palu-arit-vs-sendok-garpu.html
https://www.semarnews.com/
https://www.semarnews.com/
https://www.semarnews.com/2016/05/palu-arit-vs-sendok-garpu.html
true
6531980057997603091
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy