Reformasi adalah Kuburan bagi Gerakan Mahasiswa



foto:beritabojonegoro.com
“Kita ajari penguasa dengan perlawanan dan kita ajarkan pemuda dengan organisasi” (Pramoedya)

Jalanan telah menjadi tempat bagi mahasiswa untuk menentang tirani, yang mengimbangi kekuasaan dengan perlawanan. Sejarah telah mencatat Mahasiswa yang menjadi mahar peradaban. Tokoh yang pasti harus kita sebut adalah Soekarno yang selepas kuliah selalu mengikuti perkumpulan-perkumpulan gerakan dan bertemu dengan tokoh-tokoh besar. Salah satunya Douwes Dekker yang selalu mengkritik mahasiswa yang hanya memikirkan kuliah saja namun tidak memikirkan kebebasan negaranya, lalu Ki Cipto Mangunkusumo yang menjadi mentornya ketika di usia 16 tahun Soekarno terjun kedunia gerakan. 

Melihat aktifitas Soekarno, Rektor STTB (sekarang ITB), Prof Klopper, pernah minta kepada soekarno “Nak, bisakah kau berjanji padaku untuk kuliah saja dan tidak berpolitik”, Soekarno menjawab “saya hanya tak akan absen lagi dalam kuliah bapak.” Bersama rekan-rekannya Soekrano total menentang tirani Imperialisme dan mendeklarasikan berdirinya PNI di usia 18 tahun, hingga akhirnya dia memproklamasikan kemerdekaan.

Pasca Kemerdekaan, ada Soe Hok Gie, tokoh Mahasiswa angkatan 66 yang kuliah di Fakultas Sastra UI, dia seorang idealis yang keukeuh dengan gagasannya dan tak pernah takut untuk mengkritik siapapun meski nyawa taruhannya. Saat mahasiswa ia sangat gemar menulis. Dia dikenal karena tulisannya selalu mengkritik pemerintah. 

Saat itu kondisi politik Indonesia sedang tak stabil sehingga Mahasiswa bersatu melakukan gerakan yang bernaung dalam satu wadah Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia (KAMI) yang dipimpin oleh Zamroni, dan Gie terlibat dalam gerakan ini hingga akhirnya berhasil membuat Soekarno lengser dari singgasananya.

Namun, KAMI diboncengi oleh kepentingan Militer yang disinyalir sedang merancang pembumi-hangusan PKI. Salah satu tuntuntan mahasiswa kala itu agar pemerintah membubarkan PKI. Di sinilah Gie mencium bau konspirasi agar negera ini dikuasai segelintir orang. Gie akhirnya tahu, bahwa banyak eks-mahasiswa yang mendapat kursi “manis” setelah penggulingan soekarno agar tutup mulut terkait gerak-gerik TNI untuk menguasai negara. Gie tidak suka dengan itu semua, diapun menulis banyak sekali catatan-catatan kritik yang terangkum dalam “catatan harian sang demonstran.” Kemungkinan inilah yang membuatnya mati muda.

Setelah itu masuklah kita ke zaman Orba. Di era ini ada satu gerakan mahasiswa yang sangat monumental, yakni peristiwa Malari (Malapetaka 15 Januari). Peristiwa ini berawal dari kedatangan Ketua Inter-Governmental Group on Indonesia (IGGI), Jan P. Pronk untuk melakukan kajian mengenai potensi Investasi di Indonesia. Lalu disusul oleh PM Jepang Tanaka Kakuei berkunjung ke Jakarta. Mahasiswa berrencana melakukan demonstrasi di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma tempat turunnya PM Tanaka.

Karena dijaga ketat, rombongan mahasiswa tidak berhasil menerobos pangkalan udara. Klimaksnya, pukul 08.00 tanggal 15 Januari 1974, terjadi kerusuhan antara mahasiswa dengan aparat lalu beberapa mahasiswa diculik dan tidak ditemukan hingga sekarang. Siapakah tokoh inisiator gerakan ini, dialah Hariman Siregar, ketua Dewan Mahasiswa UI saat itu.

Sebuah Momentum perlawanan terjadi kembali ketika Mahasiswa dan rakyat miskin menuntut Soeharto turun dan mengakhiri kekuasaan despotiknya. 1998, sebuah memoar yang tak akan pernah lekang dalam sanubari mahasiswa.  

Aksi di tahun ini telah banyak memakan korban, utamanya tragedi Trisakti yang menewaskan 4 mahasiswa universitas trisakti jakarta, yakni Elang Mulia Lesmana, Heri Hertanto, Hafidin Royan dan Hendriawan Sie. Mereka ditembaki oleh aparat di jembatan semanggi saat terjadi penembakan kepada mahasiswa yang sedang melakukan aksi.

Berbagai penculikan tokoh-tokoh gerakanpun terjadi dan tak pernah ditemukan juga hingga sekarang. Dan akhirnya muncullah aksi kamisan oleh keluarga mahasiswa korban 1998 untuk menuntut pencariaan dan pengusutan hukum atas mahasiswa yang hilang dan tertembak mati di tahun itu. 

Lalu bagaimana dengan gerakan mahasiswa di era reformasi? Kita tidak pernah jelas merumuskan bentuk gerakan saat ini, bahkan kita terjebak kedalam nuansa politik identitas dengan semangat fanatisme yang berlebihan. Kita cenderung membesarkan baju organisasi kita ketimbang kesatuan gerakan kita. Kita bisa belajar pada era KAMI yang mampu menyatukan gerakan mahasiswa dari banyak kelompok, bahkan yang memimpin KAMI adalah Zamroni seorang ketua organ mahasiswa yang baru saja berdiri saat itu, yakni PMII. Kita harus kembali kepada perjuangan kelas, jangan sampai terjebak kedalam persaingan politik identitas. 

Semoga gerakan mahasiswa masih jadi pionir dan penyeimbang kekuasaan pemerintah. Bukan malah jadi penyokong dan alat legitimasi despotisme serta oligarki negara. Kita harus selalu ada di arus bawah masyarakat, kita jangan sekali-kali naik ke wilayah elit kekuasaan. Kita harus menjadi kritik dan senjata peradaban. Kita adalah mahar peradaban dan tumbal keadilan. hidup mahasiswa! 




*Bima Sakti

COMMENTS

Name

artikel,253,berita,105,Cerpen,4,esai,26,Fotografi,19,hiburan,7,jualbeli,1,kolom,4,opini,2,Puisi,20,resensi,3,sastra,14,semartv,5,
ltr
item
SemarNews.com: Reformasi adalah Kuburan bagi Gerakan Mahasiswa
Reformasi adalah Kuburan bagi Gerakan Mahasiswa
https://1.bp.blogspot.com/-2QfWQKKu9dQ/V0ZzKTgv7XI/AAAAAAAAAts/1w0HWywchjg6hNWEP99qffNRoyxege1KwCLcB/s320/55ffaa6a-foto-gerakan-mahasiswa.lg.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-2QfWQKKu9dQ/V0ZzKTgv7XI/AAAAAAAAAts/1w0HWywchjg6hNWEP99qffNRoyxege1KwCLcB/s72-c/55ffaa6a-foto-gerakan-mahasiswa.lg.jpg
SemarNews.com
https://www.semarnews.com/2016/05/reformasi-adalah-kuburan-bagi-gerakan.html
https://www.semarnews.com/
https://www.semarnews.com/
https://www.semarnews.com/2016/05/reformasi-adalah-kuburan-bagi-gerakan.html
true
6531980057997603091
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy