Takut PKI Sampai Lupa kisah "Kiri" Pahlawan Bangsa

sijorikepri.com

Udah beberapa hari ini bangsa kita baper dengan tema-tema yang kekiri-kirian, sampai-sampai kalo mau nyetop angkutan umum gak bisa bilang ”kiri”. Ke-baper-an kayak gini muncul persis setelah diadakan simposium 65 oleh eks korban G30S, pastinya pihak-pihak dan organ-organ yang terlibat dalam sejarah kelam itu masih “kesusahan” mengakui kalau itu kesalahan mereka, sampai-sampai pak Menko Luhut berkali-kali menganulir pernyataan korban terkait banyaknya pemakaman massal korban G30S, walaupun akhirnya pak menko Luhut menyanggupi untuk mencari pemakaman massal itu.

Eh, belum terlaksana pencarian pemakaman massal, malah ada isu kalau PKI mau bangkit lagi. Trus anehnya, persis setelah simposim 65 muncul gambar palu-arit yang tersebar di mana-mana, dan ujug-ujug ada remaja yang memakai pin palu arit dan dihajar habis oleh gerombolan KPK (Komunitas Pembenci Komunis).

Khusus untuk video ini, saya merhatiken ada yang janggal, pertama, tiba-tiba ada remaja naik motor make pin palu-arit di kerahnya, kedua, itu pin kan kecil banget, kok bisa-bisanya si cecunguk KPK fokus memperhatikan dan reaksinya kaya ketemu hewan buruan, dan ketiga, ini yang super aneh jika dipikir secara jernih, kok kepikiran banget anak-anak KPK ini bawa kamera yang stand by ngerekam kejadian itu dan si kameramen nguntil di mobilnya cecunguk KPK, kayak skenario film aja. Setelah itu, tiba-tiba ada polisi yang meredam kejadian itu lalu si remaja dites baca pancasila dan nyanyi lagu Indonesia raya, sialnya remaja ini gak lancar baca pancasila dan lagu Indonesia Raya, seolah-olah kalo pake pin palu-arit pasti gak tau pancasila dan lagu kebangsaan. Coba pikir, ini aneh kan…??

Isu lain yang gak kalah aneh, ada aparat yang bilang tanggal 9 mei mau diadaken Ulang Tahun PKI secara besar-besaran. Lah gimana bisa? wong harlah PKI aja tanggal 23 mei dan PKI udah gak punya kader militan yang bisa bikin acara ulang tahun. Seketika ketakutan ada di mana-mana, PKI betul-betul udah jadi arwah gentayangan yang “kebangkitannya” dibuat-buat oleh komplotan-komplotan yang anti PKI sendiri.

Jama’ah, isu-isu yang kayak begini ini yang mengaburkan sejarah perlawanan tokoh kemerdekaan yang mayoritas berhaluan kiri. Mau sebut siapa aja? Kita akan sebutkan. Bung Karno yang tak mungkin lekang dari hati sanubari rakyat Indonesia karena sikapnya yang anti kolonialisme dan anti liberalisme-kapitalisme, coba pikir ndan, kurang kiri bagaimana bung besar satu ini. Belum lagi kalau jama’ah semua baca buku di bawah bendera revolusikarya dia. Jama’ah semua pasti hanya akan mendapati arus pemikiran kiri.

Mohammad Hatta, orang yang kalem tapi serius pas lagi mikir. Nah, pada masa-masa perlawanan beliau orang yang bisa jadi katalisator antara soekarno dan syahrir serta tokoh-tokoh pejuang muda yang lain. Beliau sangat hafal das kapital dan manifesto komunisnya karl marx, dari kedua buku itu kemudain beliau menciptakan sistem koprasi sebagai soko guru ekonomi bangsa. Sekarang saya tanya, tokoh liberal mana yang kepikiran bikin koprasi?

Terus ada lagi Sutan Syahrir, perdana menteri kedua di Republik ini. Dia seorang pengagum Angles karena kedermawanannya mendampingi dan menerjemahkan pemikiran marx. Dia juga orang yang menginisiasi acara proklamasi kemerdekaan pada 17 agustus 45, coba kalo bukan dia, tanggal kemerdekaan bakal molor ndan.

Mohammad Yamin, seorang inisiator perkoempoelan pemoeda yang kemudian mecetuskan Sumpah Pemuda pada 10 november 1928. Perkumpulan pemuda itu diinisiasi karena terinspirasi dari revolusi bolsevick 1917 dan pertemuan komunis Internasional 1922. Dia kagum dengan gerakan komunis yang bisa menyatukan perjuangan kelas pekerja di seluruh dunia.

Tan malaka, tokoh yang satu ini udah jelas ke-kiri-annya. Semua karyanya adalah kiri, dan dengan jalur kiri ini dia mencetuskan naar de republik untuk pertama kali. Dia menginginkan Indonesia merdeka 100%.

Amir syarifuddin, perdana menteri pertama Indonesia. Seorang ahli strategi dan ahli diplomasi. Dia yang menginisiasi Persatuan Pemuda Hindia sewaktu kuliah di negeri belanda. Dia juga membantu Mohammad Yamin untuk menyelenggarakan pertemuan pemuda, dia juga menjadi pemimpin Jong Soematra dengan mengonsolidir pemuda-pemuda dari pulau Sumatra. Dan riwayat “kiri”nya bisa di baca ketika dia ketemu sama Hank Snevliet seorang tokoh partai buruh asal belanda yang ditarik oleh pemerintah kolonial biar gak ganggu pemerintah kerajaan.

Terus ada KH. Wahid Hasyim, tokoh islam moderat juga putra sulung pendiri NU. Dia banyak belajar gerakan kiri dari Tan Malaka dalam strategi memobilisasi para santri di masa kemerdekaan. Dia seorang kyai yang sangat terbuka dalam menerima banyak pemikiran, apa lagi pada saat itu dia menyadari bahwa untuk menanamkan benih-benih perlawanan harus ada muatan kiri.

Sebetulnya masih banyak tokoh-tokoh kemerdekaan yang mayoritas berhaluan kiri. pada kurun waktu 1920-1950an wacana-wacana kiri punya tempat tersendiri di hati para pemikir bangsa. Tapi karena ada pertentangan politik dunia antara blok barat dan blok timur, maka semua gerakan kiri diberangus. Selain itu, wacana kiri memang bertentangan dengan prinsip-prinsip kapitalisme.

Ingat bung kiri itu seksi dan perlawanan itu gagah. Kalau gak ada kiri dalam sejarah bangsa ini, coba ngana bayangin, bisa nikmatin kemerdekaan gak sekarang…??

COMMENTS

Name

artikel,254,berita,108,Cerpen,4,esai,26,Fotografi,19,hiburan,7,jualbeli,1,kolom,4,opini,2,Puisi,20,resensi,3,sastra,14,semartv,5,
ltr
item
SemarNews.com: Takut PKI Sampai Lupa kisah "Kiri" Pahlawan Bangsa
Takut PKI Sampai Lupa kisah "Kiri" Pahlawan Bangsa
https://4.bp.blogspot.com/-bAtcK3TVSgY/Vz1SnJYN1qI/AAAAAAAAAjo/9q8fYgWPM3cMu_b5r7tUg9XXQoXeIWDlACLcB/s640/pahlawan%2Bnasional.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-bAtcK3TVSgY/Vz1SnJYN1qI/AAAAAAAAAjo/9q8fYgWPM3cMu_b5r7tUg9XXQoXeIWDlACLcB/s72-c/pahlawan%2Bnasional.jpg
SemarNews.com
https://www.semarnews.com/2016/05/takut-pki-sampai-lupa-kisah-pahlawan.html
https://www.semarnews.com/
https://www.semarnews.com/
https://www.semarnews.com/2016/05/takut-pki-sampai-lupa-kisah-pahlawan.html
true
6531980057997603091
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy