Posts

Showing posts from June, 2016

Laku Spiritual Marxis, Sing Penting Nguripi Ora Nyugihi

Image
Alhamdulilah saya udah empat hari mudik. Empat hari ini juga saya sibuk banget mbantuin ortu sama adek-adek ngurusin urusan rumah. Yah sebenernya sibuknya cuma sampe jam 12 siang, setelahnya mblondar-mblondor sampe buka puasa hehe...
Sebenernya saya nulis ini kepenginnya dari kemaren-kemaren, ternyata di sini cari warnet susahnya minta ampun, udah gitu ada masalah dengan sinyal lagi...hehe.Tapi gak papalah seenggaknya bisa istiqomah biar situs begundal ini gak jadi spam di google.
Sebelum saya nerusin tulisan ini, saya mengharap betul pemakluman pemirsa semua karena tulisan ini saya tulis seadanya dan sejadi-jadinya huruf. Jadi kalo gak menarik maklum ya, kalo udah kadung ngeklik situs ini baca aja ya sampe selesai, biar ada data visitor yang masuk...hehe
Begini ceritanya, suatu hari, (wuis... kaya mau ndongeng aja...) begini-begini, sederhana aja ceritanya. Empat hari yang lalu, pas saya dalam perjalanan mudik banyak kejadian di luar kewajaran yang saya alami. Pas turun dari stasiun pu…

Selamat Mudik dan Tetaplah Berkarya

Image
Setelah sekian lama menempuh hari-hari puasa, akhirnya tiba juga saatnya bagi kaum urban untuk mudik. Pekan-pekan ini hingga seminggu setelah lebaran nanti jalanan di pantura akan sangat padat. Bisa jadi jalanan akan menjadi “kampung” baru, ya saya sebut kampung karena memang kepadatannya itu yang terkadang kendaraan-kendaraan berjejer tak bisa berjalan dan seolah menetap menjadi rumah sementara untuk para pemudik.
Seperti biasa, minus dua minggu truk-truk dan kontener-kontener pada ngebut untuk mendistribusikan barang-barang konsumtif ke berbagai pelosok daerah, entah untuk kebutuhan lebaran atau kebutuhan harian lainnya. Setelah itu, minus satu minggu truk dan kontener itu tak boleh lagi melintas di jalan-jalan dengan alasan untuk memperlancar perjalanan para pemudik walaupun hasilnya nihil, jalanan tetep aja macet.
Beda lagi pemudik yang pake kapal laut, pesawat terbang, atau kereta api yang agak lebih enak. Itu menurut sepengarangan saya, kalo kasunyatannya tetep ribet gara-gara k…

Ketika Waktu tak Berkompromi dengan Mimpi Buta

Image

Pertamina Sediakan Pahala 2 Liter Pertamax untuk 1 Juz

Image
Assalamu’alaikum Jama’ah ngeprof yang budiman. Hari ini adalah hari yang istimewa buat sahabat saya sekaligus semi-semi musuh dalam selimut, Dhek Gop. Hari ini, tepatnya tadi siang, doi ngajakin saya jalan-jalan ke pom bensin BSB, katanya mau ngaji qur’an satu Juz. Di sana lagi ada program baca 1 juz dapet 2 liter pertamax. Doi bilang pahalanya bisa langsung diambil di situ juga dengan kupon pertamax gratis. Memang ada alasan tertentu kenapa Dhek Gop semangat banget mau ngaji qur’an. Alasannya apa, pikir aja sendiri, saya takut dosa kalo ngomongin di sini…hehe
Saya sendiri sebenernya udah semenjak sebulan lalu denger program itu, tapi saya kira Cuma bercandaan temen-temen aja. Saya taunya juga dari postingan facebook temen yang gambar aplodannya agak-agak editan gimana gitu. Eh, ternyata emang beneran. Bahkan ada segerombolan “begal” khataman al-qur’an yang menurut sumber yang saya denger dan gak tau ini valid apa enggak, katanya ni ya katanya, baca qur’an di pom bensin BSB jadi kegiat…

Puasa; Simbol Strategi Kebudayaan

Image
Ritual puasa yang kita kenal ternyata mempunyai kontinuitas historis yang jauh ke belakang. Ritual ini setua dengan usia keberadaan manusia. Dalam simbol keagamaan, Nabi Adam menjalani puasa (mengendalikan hawa nafsu) untuk tidak mendekati pohon khuldi. Nabi-nabi terkemuka lain juga memperkenalkan ritual ini kepada kaumnya berdasarkan syariat masing-masing yang jejak-jejaknya dapat kita temukan pada agama-agama besar, seperti Kristen, Yahudi, Budha, Hindu dan bahkan Jaina, agama kuno di India. Puasa dalam agama Islam merupakan bentuk yang disempurnakan dalam ketentuan-ketentuan pelaksanaannya. Sifat ritual puasa yang abadi, universal dan berkelanjutan dalam agama-agama tersebutmengundang rasa ingin tahu kita, apakah inti sesungguhnya dari manifestasi pesan Tuhan kepada umat manusiayang terkandung dalam ritual ini.
Syahwat (Id)
Allah menciptakan dorongan syahwat atau nafsu pada diri manusia untuk mencintai wanita, anak-anak, harta benda emas dan perak, unta, binatang ternak dan sawah lad…

Bangkit Menggalang Dana atau Duduk Nonton Berita Bencana

Image

Amal (basi) di Bulan Puasa

Image
Dear pembaca setia ngeprof.com yang penulis sayangi, bagaimana kabar teman-teman sekalian? Sehatkah? Masih lancar kan puasanya? Sudah bolong berapa? Haha.
Berbicara soal puasa, tak terasa sudah 18 hari kita melaksanakannya, kebajikan apa saja yang sudah kalian tebar untuk sesama? Sudah berapa banyak harta yang kalian shodaqohkan? sudah berapa kali kalian membagi-bagikan takjil secara gratis di persimpangan jalan? Atau sudah berapa kali kalian melaksanakan sahur on the road dengan membagikan makanan kepada kaum papa di berbagai persimpangan jalan ?
Jika sudah berkali-kali melakukannya, maka pasti pahala kalian tak dapat dihitung lagi bukan? Sebab, sebagaimana janji-Nya (yang pasti bukan PHP) pahala kebaikan yang dilakukan di bulan puasa akan berasal langsung dari-Nya. Bahkan, dalam salah satu khutbah habis tarawih yang penulis dengar, “pahalanya langsung dari aku (Allah)”, kata sang Khatib. Lho.. istimewa bukan?
Tulisan ini sama sekali tidak bermaksud untuk nyinyir kepada para pembaca yan…

Amal (basi) di Bulan Puasa

Image
Dear pembaca setia ngeprof.com yang penulis sayangi, bagaimana kabar teman-teman sekalian? Sehatkah? Masih lancar kan puasanya? Sudah bolong berapa? Haha.
Berbicara soal puasa, tak terasa sudah 18 hari kita melaksanakannya, kebajikan apa saja yang sudah kalian tebar untuk sesama? Sudah berapa banyak harta yang kalian shodaqohkan? sudah berapa kali kalian membagi-bagikan takjil secara gratis di persimpangan jalan? Atau sudah berapa kali kalian melaksanakan sahur on the road dengan membagikan makanan kepada kaum papa di berbagai persimpangan jalan ?
Jika sudah berkali-kali melakukannya, maka pasti pahala kalian tak dapat dihitung lagi bukan? Sebab, sebagaimana janji-Nya (yang pasti bukan PHP) pahala kebaikan yang dilakukan di bulan puasa akan berasal langsung dari-Nya. Bahkan, dalam salah satu khutbah habis tarawih yang penulis dengar, “pahalanya langsung dari aku (Allah)”, kata sang Khatib. Lho.. istimewa bukan?
Tulisan ini sama sekali tidak bermaksud untuk nyinyir kepada para pembaca yan…

Di Induksi Euphoria

Image
tuhan, aku sekarat...
aku terlalu kompromi...
aku terlalu manusiawi...
aku kehilangan daya tarung...
aku tak lagi tega membunuh...
aku tak lagi tega meruntuhkan kuasa tiran tuhan, aku sekarat...
aku takut memandang wajahku...
di dunia yang dingin kaku...
di dalam dunia yang penuh ketidak adilan... tuhan, aku sekarat...
aku tak bisa berlari lebih jauh lagi...
aku telah berjuang...
telah banyak harga yang sudah aku bayar...
namun aku tak jua kuat...
aku kalah dengan kebohongan... tuhan, aku sekarat...
aku lelah di induksi terus dalam euforia...
euforia kedamaian, kesejahteraan, dan keadilan...
aku tak mungkin berjuang terus...
aku ingin selamat... tuhan, aku sekarat...
aku ingin kau membantuku melangkah...
aku ingin merasa hidup kembali....
tolong jangan tanya kenapa...
jangan tanya kenapa aku lemah...
jangan tanya kenapa aku sekarat...
karena aku percaya, aku hanya pecundang...
aku akan di lupakan...
*Pujangga di Tanah Seberang

Seandainya Penembak Brutal di Orlando adalah Anggota FPI

Image
Kang shaddique mateen, om om ganteng yang umurnya masih 29 taun ini yang jadi pelaku penembakan brutal di klub gay Orlando. Sebelumnya doi ini bukan siapa-siapa, artis bukan, tukang sulap bukan, kyai bukan, ustadz juga bukan. Tapi doi taatnya sama agama luber-luber, sampe apapun yang gak ada kaitannya sama agama dicariin hukum agamanya.
Akhirnya, publik bertanya-tanya. Siapakah gerangan aktor utama dalam penembakan Orlando ini?
Nih, sedikit bocoran dari senior-senior saya di FBI. Doi nama aslinya Omar Mir Shddique Mateen usia 29 tahun, doi adalah warga New York kelahiran florida dan keturunan Afganistan.
Mateen juga punya seorang ayah namanya Shadique Mateen. Nah, kata bapaknya ini, Mateen pernah nikah sama cewek aduhai yang namanya Yusufi, nikahnya tahun 2009 dan punya seorang anak.
Kabarnya, pernikahan dengan Yusufi krang harmonis dan mereka udah pisahan. Sekarang yusufi udah punya tunangan baru. Sebabnya mereka berdua pisah karena kata yusufi, Mateen rada-radagila gitu, suka nyiksa ist…

Popular posts from this blog

Lantik Ranting NU se Kecamatan Gunungpati, Kiai Hanif Tunjukkan Peran NU Hadapi Tantangan

Lawan Terorisme, FKPT Jateng Kenalkan Konsep Gemeter

Sarasehan Jurnalistik, Gerakan Santri Menulis Lawan Paham Radikalis

Ragam Aksi Teror, Ika Unnes Sampaikan Pernyataan Sikap

FKPT Jateng Ajak Tingkatkan Kewaspadaan Dini Hadapi Terorisme