Gelar Tiker Buat Lek Harto


foto:blogs.uajy.ac.id
Dulu waktu di kampung, saya punya lurah namanya lek Harto, orangnya teges tapi kalem. Kalo kemana-mana wajahnya mesam-mesem, ramah lah pokoknya. Tapi jangan sembarangan, kalo kita ngece dia dikit aja, sekalipun sambil bisik-bisik tetangga gitu, langsung disambit tanpa ampun.

Beliau orangnya perhatian banget sama warga kampung, setiap permasalahan gak ada yang kelewat, semuanya harus selesai di tempat. Kalo emang susah selesainya ya “diselesaikan” aja, jangan dibikin panjang. Walaupun begitu, beliau bukan tipikal front man, yang semua urusan selalu harus jatuh ketangan dia. Dia punya carik namanya Lek Moko yang orangnya cekatan dan detail kalo suruh itung-itungan keuangan desa dan harga kebutuhan pokok warga kampung. Semua-mua Lek Moko yang ngumumin soal kebutuhan sembako di kampung, pemasaran hasil panen, dan kapan musim tanem.

Sewaktu Lek Harto mimpin di kampung kami, kampung kami aman sentausa sejahtera gak ada kekurangan apapun. Warga kampung juga adem ayem gak ada gegeran apa-apa. Jangankan urusan ecek-ecek macam perkosaan atau pencurian, wong masalah uang desa digondol maling atau disabotase sama perangkat desa aja gak pernah geger. Ya kaya yang saya omongin di atas tadi, kalo geger bisa disambit. wes seng penting meneng, lek mengko Lek Harto bakal nuruti kebutuhan wethenge warga… ngono ae…

Awal-awal Lek Harto mimpin kampung memang kondisinya lagi gak karuan. Ekonomi gak stabil, harga sembako naik terus, Lurah yang dulu juga senengnya ngajakin tawuran sama kampung sebelah sambil treak-treak “Ganjang Pala Sia…!!!”. Wah pokoknya lurah yang dulu Cuma bisa pidato, orasi dan provokasi di depan warga, padahal warga butuhnya makan, ngopi sama udud bukan dengerin orasi apalagi provokasi yang setajam silet…

Nah, lurah yang dulu itu didukung penuh sama KPI (Keluarga Pemandangan Indah). Kalo lurah yang dulu pidato kemana-mana ditemenin terus sama PKI eh KPI, sampe-sampe pikiran lurah yang dulu terpengaruh sama KPI ini. Nah KPI ini tinggalnya di pojok kiri kampung jauh dari mushola sama mesjid jadi gak pernah sholat, saking gak pernah sholatnya KPI gak kenal sama tuhan…

Ceritanya, waktu kampung kita dipimpin lurah yang dulu, Lek Harto posisinya sebage centhengyang harus sigap menghadang semua gangguan yang ada di kampung. Ketika ada kerusuhan yang katanya gara-gara kelakuan KPI sampe membunuh tujuh centhengrevolusi, Lek Harto langsung bertindak. Pimpinan KPI yang namanya Lek Dit ditindak, keluarganya ditindak, dan semua orang yang pernah deket sama lek Dit juga ditindak tanpa sisa. Semua dilakukan dengan senyap tanpa ada suara. Saat itu kondisi kampung dalam kondisi darurat, Lurah yang dulu ngeluarin Surat Perintah Sebelah Ngarep  (kalo disingkat SUPER SANGAR) untuk menanggulangi kekacauan yang terjadi.

Tapi kondisi kesehatan Lurah yang dulu lagi anfal, jadinya Lek Harto harus mengambil alih pimpinan kampung berdasarkan SUPER SANGAR itu. Mau gak mau, seluruh kekuatan Centheng dan Hansip kampung mendukung kepemimpinan Lek Harto. Terus gimana nasib Lurah yang dulu? Ya gak gimana-mana, dia mati gitu aja kok. Lah kan dia masih Lurahnya? Ah percuma, kalo balik jadi lurah lagi dia juga bakal mampus…hehe

Singkat cerita, dia mimpin kampung selama 32 taun, selama itu pula perekonomian kampung membaik, kondisi warga kampung tenang tanpa gejolak. Dalam kepemimpinannya, Lek Harto Cuma bikin satu peraturan, Jangan ikut campur urusan Lek Harto, Cuma itu, kalo ikut camur bisa disambit nanti…

Nah, karena jasa-jasa Lek Harto, saya sama warga kampung punya rencana buat Gelar Tiker…


COMMENTS

Name

artikel,256,berita,110,Cerpen,4,esai,26,Fotografi,19,hiburan,7,jualbeli,1,kolom,4,opini,2,Puisi,20,resensi,3,sastra,15,semartv,6,
ltr
item
SemarNews.com: Gelar Tiker Buat Lek Harto
Gelar Tiker Buat Lek Harto
https://3.bp.blogspot.com/-4xXTmx5Lpgc/V0_bfPLx44I/AAAAAAAAAxI/AI51YNm2xk4s1hwfwQN0ClQY1A6GnrFeACLcB/s640/pak-harto-main-gitar-300x223.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-4xXTmx5Lpgc/V0_bfPLx44I/AAAAAAAAAxI/AI51YNm2xk4s1hwfwQN0ClQY1A6GnrFeACLcB/s72-c/pak-harto-main-gitar-300x223.jpg
SemarNews.com
https://www.semarnews.com/2016/06/gelar-tiker-buat-lek-harto.html
https://www.semarnews.com/
https://www.semarnews.com/
https://www.semarnews.com/2016/06/gelar-tiker-buat-lek-harto.html
true
6531980057997603091
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy