Inter Milan dan Jual-Beli Prestasi


foto:ww.rt.com
Tak terasa puasa udah 3 hari jalan dan kita cecunguk ngeProf.com mengucapkan selamat buat bung Erick yang udah dapet keuntungan dua kali lipat setelah njual Inter milan sama orang china. Loh apa hubungannya dengan puasa? Gak ada sama sekali. Terpaksa ane nulis gitu biar artikel ini bisa panjang. Loh kenapa? Ha wong dari tadi pagi mau nulis gak dapet ide, sekali-kalinya dapet ide buat nulis soal Erick Thohir yang melego 70% sahamnya di Inter ke Sunning Holdings, Cuma mentok di ucapan selamat doang…

Iya jama’ah, kita harus ngucapin selamet buat bung Erick, dia udah mengharumkan nama Indonesia di kancah sepakbola dunia walaupun hanya dari segi bisnisnya. Dan dia adalah satu-satunya pebisnis Indonesia, bahkan mungkin satu-satunya pebisnis Asia,  yang “sukses” melipatgandakan untung buat klub top eropa. Kayaknya kita gak akan baper kalo bung Erick gak lagi jadi pemilik mayoritas di inter, coz biar gimana-gimana beliau tetep jadi presiden utamanya dan beliau dapet untung dua kali lipat dibanding saat dia beli dari Moratti. Itu artinya bung Erick sukses membesarkan Inter dari sisi bisnisnya.

Soal prestasi gimana bos? Ah, itu mah belakangan lah. Bagi seorang pebisnis, pundi-pundi untung jauh lebih menggiurkan daripada trofi yang cara ngedapetinnya spekulatif tanpa ada hukum kepastian. Itulah mengapa bung Erick gak mau beli Leichester City yang dengan sabar dan gigih menunggu juara selama 130 tahun. Selain lambat juara, Leichester itu klub inggris yang terkenal mahal harga sahamnya. Tapi, ngomong-ngomong bung Erick pernah kepikiran beli Leichester gak yah…??

Bandingkan dengan klub-klub italia yang harga sahamnya merosot akibat kasus Calciopolli dan negaranya yang sedang mengalami krisis hebat sampai-sampai taipan minyak sekelas morati rela ngejual Inter Milan dengan harga murah biar bisnis minyaknya tetep berjalan. Dan kasunyatannya toh, walaupun selama tiga musim kepemilikan bung Erick gak ada trofi yang masuk, Inter bisa untung besar di sektor bisnisnya. Huibuwat kan….

Dengan keahlian lobby yang emang udah mendarah daging bagi pebisnis Indonesia, akhirnya posisi presiden tetep bisa dipertahanken bung Erick. Ini karena Sunning Holdings gak punya pengalaman mengelola klub eropa. Daripada menejemen klub kocar-kacir, mending diserahin ke bung Erick yang emang udah pengalaman.

Tapi ada hal lain yang membuat kenapa posisi presiden tetep dipegang bung Erick, karena Sunning mau mengakuisisi klub-klub top eropa yang lain, kenapa? Karena ada “titipan” dari presiden china Xi Jin Ping yang pengin mbangun kedigdayaan sepakbola china dengan banyak-banyak mbeli klub-klub mapan di eropa. Ini artinya, china pengin nyalip brazil dan argentina dengan jalan pintas, beli klub-klub mapan, masukin bakat-bakat muda ke klub itu, kemudian lahirlah pesepakbola hebat. Gak perlu merumuskan fiosofi dan kurikulum sepak bola, bim-salabim, langsung dech jadi tuan rumah piala dunia dan dapet pialanya langsung…hehe

Gimana nih presiden jokowi?

Jokowi ternyata masih percaya sama PSSI, asalkan ketuanya bukan yang itu. Bagi jokowi, ngapain boros-boros duit buat beli klub eropa. Buat apa juga para pebisnis Indonesia “ngelempar” duitnya kesana. Mendingan, kalo beneran mau mbangun sepak bola Indonesia, ya duitnya diinvestasiken ke klub dalam negeri lah. Bikinin klub-klub nasional itu fasilitas latihan, fasilitas kebugaran, GOR, dan pusat pendadaran atlit. Itu baru konkret mbangun sepak bola. Jangan Cuma dihabisin buat “judi” pilkada…hehe

Dan jama’ah, selamat menikmati sepak bola…

COMMENTS

Name

artikel,256,berita,110,Cerpen,4,esai,26,Fotografi,19,hiburan,7,jualbeli,1,kolom,4,opini,2,Puisi,20,resensi,3,sastra,15,semartv,6,
ltr
item
SemarNews.com: Inter Milan dan Jual-Beli Prestasi
Inter Milan dan Jual-Beli Prestasi
https://4.bp.blogspot.com/-b8dswPqpGWk/V1fhoDfVTeI/AAAAAAAAA0M/qUeamRYwcvU3uuypm6eHxQR6Hw0JRoTigCLcB/s640/Erick%2BThohir.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-b8dswPqpGWk/V1fhoDfVTeI/AAAAAAAAA0M/qUeamRYwcvU3uuypm6eHxQR6Hw0JRoTigCLcB/s72-c/Erick%2BThohir.jpg
SemarNews.com
https://www.semarnews.com/2016/06/inter-milan-dan-jual-beli-prestasi.html
https://www.semarnews.com/
https://www.semarnews.com/
https://www.semarnews.com/2016/06/inter-milan-dan-jual-beli-prestasi.html
true
6531980057997603091
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy