Laku Spiritual Marxis, Sing Penting Nguripi Ora Nyugihi

foto:www.suaramerdeka.com


Alhamdulilah saya udah empat hari mudik. Empat hari ini juga saya sibuk banget mbantuin ortu sama adek-adek ngurusin urusan rumah. Yah sebenernya sibuknya cuma sampe jam 12 siang, setelahnya mblondar-mblondor sampe buka puasa hehe...

Sebenernya saya nulis ini kepenginnya dari kemaren-kemaren, ternyata di sini cari warnet susahnya minta ampun, udah gitu ada masalah dengan sinyal lagi...hehe. Tapi gak papalah seenggaknya bisa istiqomah biar situs begundal ini gak jadi spam di google.

Sebelum saya nerusin tulisan ini, saya mengharap betul pemakluman pemirsa semua karena tulisan ini saya tulis seadanya dan sejadi-jadinya huruf. Jadi kalo gak menarik maklum ya, kalo udah kadung ngeklik situs ini baca aja ya sampe selesai, biar ada data visitor yang masuk...hehe

Begini ceritanya, suatu hari, (wuis... kaya mau ndongeng aja...) begini-begini, sederhana aja ceritanya. Empat hari yang lalu, pas saya dalam perjalanan mudik banyak kejadian di luar kewajaran yang saya alami. Pas turun dari stasiun purwokerto di situ saya gak naik angkutan apapun, lha kok bisa? Ha wong gak ada angkot murah je, adanya ojek sama taksi yang ogkosnya mahal banget, akhirnya saya jalan kaki sampe perempatan tanjung, perempatan tempatnya bis-bis pada ngetem.

Singkat cerita, sejam kemudian setelah perjalanan (kaki) saya selesai, sampailah saya di perempatan tanjung itu. Tapi di situ gak ada bis yang mau jalan, saya harus nunggu (loh iki piye meneh?). lah tenyata pas jam istirahatnya supir-supir, akhirnya saya harus nunggu. Alhamdulillah sejam kemudian ada juga bis yang jalan, lega deh rasanya...

Setelah sampe di depan baledesa Patikraja, bis ujug-ujug mandeg gitu aja, lah ini kenapa lagi? Ternyata ada bagian mesin bis yang rusak. Penumpang bis harus dioper, ya kalo langsung ada bis yang bisa dioper, kita harus nunggu bis lagi, kernet bis yang kita tumpangi harus nelepon dulu bis lain dari terminal. Akhirnya, sejam kemudian dateng juga bis operan yang kita tunggu-tunggu. Setelah itu selamatah kita sampe tujuan.... alhamdu...lillah.

Tapi pemirsa, bukan itu cerita intinya. Cerita intinya ini, ketika saya sampe rumah, saya ngobrol sama om. Hooo jangan salah, gini-gini saya punya om-tante dan papi-mami, biar kita hidupnya di desa tapi gayanya gaya eropa, eropa mbludhustapi...hehe

Begini-begini langsung aja deh, ketika saya pulang kerumah seperti biasa, selalu ada pertanyaan-pertanyaan sederhana yang susah sekali dijawab, contohnya kayak “pin pacare ko sapa?, bro arep kawin kapan?, lik ngode apa?, ndes neng semarang ngapa bae deneng ora tau bali?,”. nah, saking budreknya saya, saya ketemu om saya buat pelarian. Lah ndilalah om saya gak nanya pertanyaan-pertanyaan kayak gitu.
Setelah ketemu om saya, tanpa tedeng aling-aling saya langsung tanya “om, rika ngode apa sih? Deneng tenang-tenang bae uripe?” (om, sampean kerja apa? Kok tenang-tenang aja hidupnya?). saya tanya kayak gitu sebenernya sedang dendam sama orang-orang yang suka nyanya gitu sama saya.
Kemudian om saya langsung njawab “nyong ngodene ya kuweh, nggaweni pesenan tempene wong” (kerjaanku ya itu, cuma bikin tempe pesenannya orang). Dalem ati saya mbatin, “ya iyalah pesenan orang, masa pesenannya kucing”.
Terus om saya ngelanjutin omongannya, “nyong seneng ngode kaya kie, ora kedagar-dagar, nyante, tur sing penting nguripi, meski nana ora nyugihi. Bojo karo anak kebutuhane kecukupan, teyeng kredit honda karo mbayar listrik.” (saya suka kerja kayak ginian, gak banyak tuntutan dan gak keburu-buru, nyantai kayak di pantai, dan yang penting bisa ngidupin keluarga meskipun gak nambah kekayaan. Kebutuhan anak istri kcukupan, bisa kredit honda dan mbayar listrik).
Wah luar biasa, kesan saya yang tadinya nyinyir langsung berubah jadi khusyuk kayak habis dapet wahyu. Dengar ceritanya om saya tadi jadi keinget laku spiritual marxis yang lebih mengutamakan sosialisme hidup ketimbang menumpuk kekayaan.
Om saya bener-bener udah nunjukin secara gamblang gambaran hidup orang-orang pedesaan yang sangat sederhana nan sosialis. Laku hidup om saya bener-bener marxis walaupun dia gak menyadarinya dan kemungkinan ikut keprovokasi wacana anti komunis.
Prinsip kerja yang penting menghidupi itu kan prinsip utama marxisme yang mengehndaki manusia kerja untuk kehidupannya. Manusia jangan sampai terasing dari hidupnya hanya karena gak punya kerjaan. tapi jangan sampai juga potensi kerja manusia dihisap oleh sesama manusia yang borjuis. Karena keengganan untuk dihisap ini, orang-orang desa, termasuk om saya, lebih memilih pekerjaan yang sederhana dan dilakukan sendiri tanpa ada tuntutan apapun (bahasa bayumasnya, kedagar-dagar).
Orang desa umumnya nolak untuk bersaing dan numpukin kekayaan, mereka cuma milih satu kerjaan yang cocok terus fokus deh. Sembari itu, mereka bakal ngasih kesempatan sama temen-temen sedesa yang lain buat ngembangin kerjaan yang cocok juga. Walaupun mereka udah mapan dan mampu buat ngembangin sayap usaha, mereka bakal tetep fokus sama satu aja. Biar bidang kerjaan dan kesempatan yang lain dikembangin sama temen-temennya. Karena kalo kita “serakah” nggarap bidang kerjaan yang lain sama aja kita nyerobot potensi rejeki orang. Kurang marxis apa coba orang-orang di kampung saya, terutama om saya.
Terinspirasi dari kisah spiriual marxis itu saya keinget sama temen yang ulang tahun. Saya sempet bingung mau ngasih kado apa, mau ngasih kado yang bagus-bagus tapi...>>>”””???!!@@## hehe, tau sendirilah pemirsa rekening saya lagi off...hehe. akhirnya saya kepikiran mau ngasih kado yang sederhana, bekualitas, berkesan, dan yang penting bisa menghidupkan jiwa dan rasa. Saya ngasih dia novel yang mudah-mudahan bisa menghidupkan satu sosok yang sedang dia rindukan, sebuah kisah epik yang mudah-mudahan menghidupkan jiwanya. Begitu....
Tapi, apa hubungannya kisah om saya dengan ulang tahun temen saya ini ya...?? ah, yang penting saya nulis aja deh biar panjang... yang penting sama-sama laku spiritual marxis... nek gak ono hubungane yo hubung-hubungono dewe....!!!
Yah gitulah nilai-nilai spiritual marxis, sing penting nguripi ora nyugihi. Tapi ini prinsip di kampung lho ya, kalo di kota udah beda urusan...hehe

COMMENTS

Name

artikel,256,berita,110,Cerpen,4,esai,26,Fotografi,19,hiburan,7,jualbeli,1,kolom,4,opini,2,Puisi,20,resensi,3,sastra,15,semartv,6,
ltr
item
SemarNews.com: Laku Spiritual Marxis, Sing Penting Nguripi Ora Nyugihi
Laku Spiritual Marxis, Sing Penting Nguripi Ora Nyugihi
https://2.bp.blogspot.com/-NDM-wnGIhMA/V3YHUywTbLI/AAAAAAAAA7k/qu6rNj9tSL8FWOOKYB5ZmYM9Z3GEJsq-QCLcB/s640/laku%2Bspiritual%2Bmarxis.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-NDM-wnGIhMA/V3YHUywTbLI/AAAAAAAAA7k/qu6rNj9tSL8FWOOKYB5ZmYM9Z3GEJsq-QCLcB/s72-c/laku%2Bspiritual%2Bmarxis.jpg
SemarNews.com
https://www.semarnews.com/2016/06/laku-spiritual-marxis-sing-penting.html
https://www.semarnews.com/
https://www.semarnews.com/
https://www.semarnews.com/2016/06/laku-spiritual-marxis-sing-penting.html
true
6531980057997603091
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy