Nganggur, Ibadah Wajib untuk Sarjana

foto:ayobuka.com
Engkau sarjana muda resah mencari kerja tak berguna ijasahmu empat tahun lamanya bergulat dengan buku sia-sia semua

Oh, sungguh merdu sekali reffren lirik lagu sarjana dari om Iwan itu. betul-betul menyentuh qalbu. Kalo ngedengerin lirik ini seolah-olah saya sedang dibawa terbang keatas awan.

Bulan ini adalah bulan penuh hikmah, bukan cuma karena bulan Ramdhan, tapi ini bulan Juni yang sebentar lagi Juli dan sebentar lagi Agustus. Di tiga bulan inilah kampus-kampus di seluruh pelosok Nusantara mengadakan “lebaran” sebenarnya buat mahasiswa yang setelahnya mereka didapuk jadi seorang Sarjana. Setelah Lebaran itu usai, ritual lanjutannya tentu shilaturahim. Shilaturahim a la Sarjana ini berbeda dengan shilaturahim masyarakat umum. Sarjana bershilaturahim dengan membawa map yang berisi berkas-berkas lamaran. Dan dengan berkas-berkas ini Sarjana menggantungkan masa depan mereka.

Tenang jama’ah, saya gak nyinggung njenengan-njenengan yang juga mau melaksanakan “Lebaran “ itu kok. Saya Cuma mau refleksi sekaligus curhat aja. Yang pasti ini beneran kisah nyata yang penuh hikmah, bukan kisah nyata majalah Hidayah yang ada skenario. Kisah nyata kok pake skenario…

Nah, saya berani curhat di sini karena ternyata ada wadah buat para tunakarya, ah ribet, bahasa alusnya nganggur lah… tapi itu wadah, udah resmi diakui pemerintah kan? Yaudah kalo gitu…

Begini ceritanya…

Jadi sarjana pengangguran bukanlah hal yang menyenangkan. Hampir setahun saya nganggur, dan jujur saya saya betul-betul menikmati zona nyaman itu. Tentu banyak hal yang saya lakukan selama menjalankan ritual nganggur ini. Dan seperti yang jama’ah tau, saya langsung dapet gelar tambahan sebagai Pengacara alias pengangguran banyak acara.

Tapi jama’ah, setelah dua bulan jadi pengangguran, saya bertekad cari kerja dan tidak akan pulang ke rumah selama perjalanan kebarat bareng Thong Sham Chong untuk nyari kerja, hehe. Ya meski bertekad demikian, namun pekerjaan tak kunjung datang, padahal udah saya bawain oleh-oleh berkas itu tadi. Atau mungkin saya yang malas menjemputnya, tapi masa iya pekerjaan aja harus dijemput? manja beud.

Dan suatu hari, ada temen yang ngasih info buat jadi agen rahasia (cie…). Kayak rekrutan-rekrutan agen rahasia di film-film, saya gak tau apa-apa soal misi kelompok rahasia ini. Si teman hanya Cuma nyuruh saya buat input data, beneran agen kan? Akhirnya saya nyanggupi ajakan teman itu. Bareng tiga temen yang lain, kami berangkat ke sana, kesebuah villa yang jadi markas rahasia yang saya tempati selama satu bulan. Banyak hal yang saya dapatkan disini, berbagi pengalaman, berbagi pikiran, dan berbagi hati dengan penghuni lain, serta bertambah teman dari berbagai daerah, dan lain sebagainya.

Hari demi hari telah saya lalui hingga saat-saat terakhir tiba, dan kami harus berpisah (hikhikhik… sedih banget). Berat rasanya berpisah dengan teman-teman, setelah melalui kebersamaan selama satu bulan ini. Namun apalah daya, kita harus berpisah. Dan saya harus menjalankan ritual wajib yang diamanatkan semenjak “Lebaran” di kampusku, Nanggur.

Tapi, belum puas saya menjalankan ritual ada temen lagi yang ngajak kembali kemarkas rahasia tadi karena ada pelatihan dari sebuah dinas. Dan terpaksa saya menyanggupi, bukan karena pengin lepas dari “Ibadah Wajib” itu, cuma gak enak aja sama temenku itu. Ternyata misi yang kami emban adalah membuat makanan dan cemilan “rahasia”. Dan selama beberapa hari ikut pelatihan membuat aneka macam makanan, kegiatan usai. Dengan semangat religuis yang tinggi, saya kembali fokus nganggur hehee....

Dua bulan saya fokus dengan ibadah itu, ada banyak rencana yang saya susun, tapi ya tinggal rencana aja. Tak punya pekerjaan, hanya main-main saja tanpa tujuan, jika ditanya tujuanmu apa? Jawabanku tentu tidak tahu, bingung. Suatu hari saya menelpon seorang teman kuliah, awalnya hanya menanyakan kabar tapi ujung-ujungnya dia bercerita tentang apa yang sedang dilakukannya sekarang. Temanku ini mengikuti sebuah pelatihan kerja di kebumen. Saya tertarik dengan cerita-ceritanya, dan saya memutuskan untuk mengikuti jejaknya, pikir saya daripada nganggur apa salahnya kan. Saya hijrah ke Kebumen, menyewa sebuah kamar kos dan mengikuti pelatihan selama satu bulan disana. Banyak ilmu, pengalaman, dan tentunya yang paling berkesan adalah saya mendapatkan banyak teman serta sahabat disini.

Selesai dari pelatihan saya menjadi saya yang sebelumnya, pengangguran. Meskipun hampir setahun belum bekerja saya tak pernah putus asa untuk mencarinya. Untung saja para tetangga tidak tahu bahwa saya pengangguran hahaha.... mungkin jika mereka tahu, saya sudah mendadak terkenal, maklum saja orang-orang di desaku sangat senang sekali menggunjingkan dan membicarakan orang lain.

Memasuki bulan Ramadhan ini saya masih saja menganggur, beberapa lamaran pekerjaan belum mendapat balasan, mencari pekerjaan jaman sekarang memang susah, dari pada bengong mending fokus nganggur, menjadi sarjana fokus nganggur sepertinya lebih menyenangkan hahaha.....

Mari kita satukan pikiran dalam ibadah yang pahalanya tiada tara ini…


*Trie Wahynie Nurhayatie (gadis manis dari wonosobo)


COMMENTS

Name

artikel,256,berita,110,Cerpen,4,esai,26,Fotografi,19,hiburan,7,jualbeli,1,kolom,4,opini,2,Puisi,20,resensi,3,sastra,15,semartv,6,
ltr
item
SemarNews.com: Nganggur, Ibadah Wajib untuk Sarjana
Nganggur, Ibadah Wajib untuk Sarjana
https://1.bp.blogspot.com/-YsaZSQpKBXs/V1m_JqV9i4I/AAAAAAAAA1Q/atdWV2nBo9cV5ZMZZPDke0VIzMFPty54wCLcB/s640/Job-Search-2.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-YsaZSQpKBXs/V1m_JqV9i4I/AAAAAAAAA1Q/atdWV2nBo9cV5ZMZZPDke0VIzMFPty54wCLcB/s72-c/Job-Search-2.jpg
SemarNews.com
https://www.semarnews.com/2016/06/nganggur-ibadah-wajib-untuk-sarjana.html
https://www.semarnews.com/
https://www.semarnews.com/
https://www.semarnews.com/2016/06/nganggur-ibadah-wajib-untuk-sarjana.html
true
6531980057997603091
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy