Ramadhan = Islamisasi Tahunan

foto:www.atepsendi.com
Mungkin tulisan ini telat untuk merespon dinamika ramadhan, karena memang saya baru kepikiran sekarang. tapi,  jauh lebih baik daripada tidak sama sekali, yang penting saya gak ketinggalan dari para penulis-penulis ngehits yang juga lagi berlomba-lomba nulis dengan tema ramadhan. Setidaknya seperti itulah, emang saya ini siapa toh, wong nulis aja buat ngisi situs ini biar gak kosong aja…

Gak terasa udah 16 hari kita menjalankan puasa dan alhamdulillah belum mokahsama sekali. Mudah-mudahan nanti pas mudik juga gak mokah di tengah jalan. Biar mulus lah puasanya, semulus cintaku sama si dia, #eh…

Sebagai salah satu rukun islam, udah pasti umat muslim wajib ngerjain ritual lapar yang satu ini, walaupun tetep aja makan tiga kali semalem.  Dan ritual ini udah di nashkan di surat Al-baqoroh ayat 183 yang menyatakan semua umat manusia wajib puasa, sebelum islam hadir di tengah-tengah sejarah peradaban manusia, ritual ini juga udah dilakukan sama manusia-manusia terdahulu. Intinya, semua umat manusia yang hidup, apapun agama, suku, keluarga, status sosial, dan tebal-tipis koceknya tetep wajib puasa tanpa terkecuali.

Tujuan ritual puasa jelas, untuk mengendalikan hawa nafsu manusia. Artinya lagi, manusia, apapun jenis dan suku-agamanya, punya potensi hawa nafsunya berkembang. Nah, dengan demikianlah tuhan memberikan alat kepada manusia agar bisa mengendalikan nafsunya agar tidak terus-terusan mendominasi perilakunya.

Tapi kok akhir-akhir ini seolah-olah ada wacana pembiaran bagi warung yang bukak siang hari? Kan sama aja mempersilakan hawa nafsu beredar seenaknya, padahal bulan ini waktu yang pas untuk mengendalikan hawa nafsu? Tenang, gak usah ribet ngurusin yang begituan. Yang penting bagi para pelaku ritual puasa adalah menahan diri terhadap apapun, termasuk menahan diri untuk marah terhadap warung yang buka di siang hari. Orang-orang yang puasa memang berhak menegur orang lain yang berpotensi mengganggu puasanya, termasuk warung yang buka siang hari. Tapi harus dengan halus dan tidak dengan amarah, apa lagi pake perda-perdaan, kesannya umat islam jadi kekanak-kanakan.

Tapi bagi yang tidak puasa karena ada banyak halangan, alangkah lebih baiknya mokah tidak di hadapan orang-orang yang puasa. Ini juga sifat menahan diri yang ada dalam esensi puasa. Mokah dengan “sembunyi-sembunyi” adalah sebuah penghormatan terhadap yang berpuasa, sedangkan tidak memaksa menutup warung adalah sebuah sikap dewasa.

Saya teringat di kampung saya yang mayoritas masih islam abangan. Banyak sekali petani-petani di tempat saya memilih mokah kalo pas lagi macul atau mbajak di sawah, tapi jika mereka ingin puasa maka mereka mending tidak kerja sama sekali. Prinsip petani-petani di kampung saya sederhana, kalo lagi kerja jangan di ganggu sama ritual ibadah dan kalo lagi ibadah jangan di ganggu sama pekerjaan. Dan kedua prinsip yang kelihatannya bertentangan ini nyatanya tidak mengganggu stabilitas kehidupan keagamaan dan perekonomian masyarakat di kampung saya.

Tapi, setelah saya pindah kekota, semuanya terasa beda. Seolah-olah pihak-pihak yang mokah  dan berpuasa berlomba-lomba cari perhatian dan saling minta dimengerti, persis kaya dedek-dedek emmezz yang rewel di depan saya. Ini ada apa? Kok akalnya pada dongkol semua. Atau karena di kota gak ada rasa kedekatan dan saling mengerti? karena di kampung saya jelas, mereka hidup saling berdekatan dan seketika bisa saling mengerti, sehingga hal-hal demikan gak pernah jadi masalah. Urusan mereka mau sehari-semalem di sawah tanpa sholat dan puasa udah jadi urusan masing-masing, toh biar begitu mushola di kampung saya gak pernah sepi…
Belum lagi urusan fashion dan hiburan “syar’I”yang ujug-ujug mak gebyar di bulan Ramadhan ini. Kok yo gebyarnya cuman di bulan ramadhan aja, kok gak di bulan rajab, ruwah, syawal, atau mulud. Ditambah lagi banyak artis-artis mendadak islami, ujug-ujug jidatnya jadi item dan janggutnya jenggoten, yang paling ngagetin, ujug-ujug banyak artis hafal ayat-ayat qur’an dan hadits. Kui gurune sopo…??
Dan yang di jadikan syi’ar islam semuanya hanya simbolik belaka, hanya penampilan islami yang artifisial tanpa makna keislaman sama sekali. Liat aja hiburan-hiburan pas sahur, cuman pakeannya aja yang islami, tapi ya tetep gaya hiburannya sarkastik (kasar mengolok-olok) dan lapsting (mengolok-olok fisik dan cenderung rasis).
Tapi ya mau gimana lagi, saya bisanya cuma nggerutu kalo liat yang kayak begituan, dan akhirnya saya sadar ternyata saya gak bisa menjalankan esensi puasa, yaitu menahan diri biar gak nggerutu. Duh gusti paringono sabar…
Dan yang paling bikin nggerutu lagi ya gegeran kemaren itu di Pudak Payung Semarang. Ya itu pas bu Shinta Nuriyah di gerbek preman bersorban pimpinannya Zaenal Petir. Lha kok FPI pekok men nyuruh Bu Shinta pindah tempat Buka Puasa di Gereja bareng temen-temen katolik. Untung Bu Shinta mau ngalah dengan pindah kekantor kelurahan.
Dan kelakuan bar-bar itu mereka anggep syi’ar islam. Syi’ar islam dengkulmu tir…ngisin-ngisini lah yo…
Mbok yo FPI belajar dulu “fiqih” buka puasa di tempat ibadah agama lain, kalo ada sih. Nih saya kasih tau, sahabat umar aja sholat di pelataran gereja kudus damaskus gak apa-apa. Malahan kalo mau beliau mau sholat di serambi gereja, cuma karena antisipasi gereja itu biar gak dianggep mesjid aja sahabat umar gak mau sholat di serambi.
Sholat itu pasti mengharuskan adanya tempat khusus untuk ritual dengan kriteria suci dan bebas dari gangguan, dan waktu itu sahabat umar merasa gereja itu kondusif untuk melakukan sholat. Nah ini, buka puasa gak harus di tempat khusus kayak sholat. Masa cuma mau nyekek takjil aja gak boleh di gereja. Saya yakin FPI memang Islami, tapi kebablasen trus akhirnya mblengsek… 
Heemm… mungkin aja ramadhan tetep jadi islamisasi tahunan, tapi setidaknya tiap sebulan dalam setahun kita betul-betul bisa jadi orang islam…

COMMENTS

Name

artikel,256,berita,110,Cerpen,4,esai,26,Fotografi,19,hiburan,7,jualbeli,1,kolom,4,opini,2,Puisi,20,resensi,3,sastra,15,semartv,6,
ltr
item
SemarNews.com: Ramadhan = Islamisasi Tahunan
Ramadhan = Islamisasi Tahunan
https://1.bp.blogspot.com/-6iPgUnQP_Bk/V2hnBMaQ61I/AAAAAAAAA6U/n33znLS0Ji8VInKV0viABIPBJbzJQrU7QCLcB/s640/SMS-KATA-KATA-UCAPAN-SELAMAT-DATANG-BULAN-RAMADHAN-2016.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-6iPgUnQP_Bk/V2hnBMaQ61I/AAAAAAAAA6U/n33znLS0Ji8VInKV0viABIPBJbzJQrU7QCLcB/s72-c/SMS-KATA-KATA-UCAPAN-SELAMAT-DATANG-BULAN-RAMADHAN-2016.jpg
SemarNews.com
https://www.semarnews.com/2016/06/ramadhan-islamisasi-tahunan.html
https://www.semarnews.com/
https://www.semarnews.com/
https://www.semarnews.com/2016/06/ramadhan-islamisasi-tahunan.html
true
6531980057997603091
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy