Rindu Ramadhan? ah, Ndobol...

foto:www.dakwatuna.com

Oke pemirsa sebentar lagi kita akan menunaikan ibadah paling wajib setelah sebulan penuh kita puasa, kira-kira puasanya pada sebulan penuh gak yah?

Ya, kita bakal merayakan hari raya lebaran, kita sebut aja lebaran gak usah pake idul fitri-idul fitrian, karena apa? Biar keliatan islam nusantaranya...hehe

Di hari raya ini seperti biasa, yang namanya perayaan, pasti identik dengan kegembiraan dan senang-senang. Kalo ada muka-muka yang sedih, galau, dan gak bersemangat gak bakalan di “ijinin” buat ikutan lebaran. Makanya bagi pemirsa yang baru aja putus, kangen sama mantan, atau diPHP pas lebaran jalan bareng tapi gagal, jangan bersedih apalagi galau. Karena lebaran gak akan memuluskan langkah orang-orang yang galau.

Seperti dalil dari kitab Fathul Jare “hai umat-umat yang beriman, berbahagialah kalian dihari kemenangan ini, dan jangan kalian bersedih atas apapun di hari itu, paham?” (jarene sopo).

Dan seperti biasa ketika puasa mendekati hari-hari akhirnya,  banyak banget ustadz-ustadz unyu yang nyeramahin kita akan pentingnya rindu kepada bulan Ramadhan yang akan datang. Kata mereka ketika Ramadhan datang harus disambut dengan suka cita dan ketika pergi harus bersedih sembari mengungkapkan kerinduan kita. Ini ada dalilnya lho, tapi saya lupa dalilnya apa...hehe

Tapi masalahnya, kok ustadz itu maksa banget ya. Maksa buat suka cita dan brsedih ria buat ramadhan. Gak bisa apa biar muncul secara alamiyah dari hati aja?

Mungkin maksud ustadz-ustadz itu pengennya kita rindu ramadhan dan menyambutnya tulus dari hati, tapi karena generasi sekarang yang hatinya udah kronis membatu, jadinya mereka merasa terpanggil buat membangkitkan rasa rindu itu. Dan karena jiwa generasi muda sekarang bener-bener kronis banget, akhirnya kesan yang muncul setiap kali mereka ceramah adalah pemaksaan rasa rindu dan cinta untuk Ramadhan. Persis banget kayak kisahnya Siti Nurbaya....

Tapi pak ustadz, kira-kira hal apa yang menarik, yang spesial, yang istimewa, yang bikin kita-kita bisa kangen dan rindu sama ramadhan selain kisah-kisah tentang pahala yang dilipatgandakan dan malam lailatul qodar itu. Masak dari jaman nabi sampe sekarrang keistimewaan Ramadhan cuman itu aja, gak ada inovasi apa? Bayangin udah hampir 15 abad keistimewaan Ramadhan monoton gitu-gitu aja, gimana kita bisa rindu?

Jangankan rindu, wong pas ramadhan dateng aja biasa aja kayak bulan-bulan

biasanya. Paling-paling saya cuma bergumam, oh besok puasa lagi ya, kayaknya kemaren udah. Ya udah gitu aja, dari ekspresi aja biasa-biasa aja. Puasa? Udah tiap hari kali, kan emang buat makan kita masih kurang-kurang, jadinya puasa gak puasa sama aja...hehe

Beda kalo semisal di bulan Ramadhan ada jaminan balikan lagi sama mantan, pertanyaan-pertanyaan wagu kayak sapa pacarmu?, kapan nikahmu?  hilang dari muka bumi, mungkin  generasi muda unyu-unyuk yang suka sensasi ini bisa kangen klepek-klepek sama Ramadhan. Dan yang pasti rasa kangen itu gak dipaksain.

Perlu diingat, kita ini bukan orang tua yang suka duduk merenung sambil muterin tasbeh di tangan. Kita ini pemuda gaul yang suka tantangan. Mbok ya disesuaikan genre Ramadhannya biar kita kangen lagi gitu....hehe


*Ndan Musho

COMMENTS

Name

artikel,253,berita,105,Cerpen,4,esai,26,Fotografi,19,hiburan,7,jualbeli,1,kolom,4,opini,2,Puisi,20,resensi,3,sastra,14,semartv,5,
ltr
item
SemarNews.com: Rindu Ramadhan? ah, Ndobol...
Rindu Ramadhan? ah, Ndobol...
https://3.bp.blogspot.com/-cyRIAYvRvLk/V38P7iOAmsI/AAAAAAAAA8c/wXJ0NOYxhIIUZBtCaiJxtQ2xGYLeia1dQCLcB/s640/kucing-rindu-ramadhan.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-cyRIAYvRvLk/V38P7iOAmsI/AAAAAAAAA8c/wXJ0NOYxhIIUZBtCaiJxtQ2xGYLeia1dQCLcB/s72-c/kucing-rindu-ramadhan.jpg
SemarNews.com
https://www.semarnews.com/2016/07/rindu-ramadhan-ah-ndobol.html
https://www.semarnews.com/
https://www.semarnews.com/
https://www.semarnews.com/2016/07/rindu-ramadhan-ah-ndobol.html
true
6531980057997603091
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy