Soal Uang kuliah, Reshuffle Menteri atau Berhenti Merokok?

foto:www.haloapakabar.com

Alkisah, suatu hari seperti biasa ketika saya sedang asyik-asyiknya nikmatin kopi sama rokok buat ngilangin rasa pusing di kepala, ada temen yang sekarang udah jadi pegawe di kampus tempat saya kuliah. Kebetulan temen saya ini gak ngerokok tapi dikit-dikit masih mau nenggak kopi lah. Temen saya ini hebat banget, lulus cepet dan langsung berkarir di kampus tempat dia kuliah. Kalo gak ada aral melintang sebentar lagi doi lulus S2 trus jadi dosen dah di kampus itu.

Tapi bukan soal karir temen saya yang mau saya ceritain di sini, saya mau cerita singkat aja soal obrolan kita hari itu. Hari yang mendebarkan dan paling ngguapleki seumur hidup saya. Hari itu saya pusing banget ngurusin keuangan kuliah yang udah dinaikin harganya, kebetulan sistem keuangan di kampus udah on-line yang bikin semua sistem administrasi keuangan sifatnya otomatis, kalo telat bayar uang kuliah, saya harus cabut sementara alias cuti dari kampus…. Ampun…

Kenaikan harga perkuliahan sebabnya karena buat menuhin kebutuhan pembangunan kampus yang lagi gencar-gencarnya melakukan pembangunan. Nah, temen saya ini cerita, perekonomian Indonesia sekarang sedang kurang stabil, sebabnya karena dampak pengaruh dari peekonomian global yang gak stabil juga. Imbas yang akhirnya dirasain sama hampir seluruh institusi, lembaga, dan perusahaan di Indonesia juga sama, mereka harus menyesuaikan dengan situasi perekonomian bangsa. Maka dari itu, pemerintah berencana melakukan reshuffle kabinet, utamanya struktur pemerintahan dalam bidang ekonomi.

Jujur aja, saya sendiri masih bingung dengan itung-itungan ekonomi kayak gitu, yang saya pikirin Cuma gimana caranya bisa ngelunasin uang kuliah atau dapet dispensasi biar dua tahun lagi saya bisa wisuda.

Temen saya itu emang kebetulan lulusan fakultas Ekonomi, soal pemahaman ekonominya gimana saya gak ngurusin lah. Yang saya perlu bantuan dari temen saya itu, ya yang namanya temen akhirnya dia mau ngebantu juga. Tapi ya cuman sekedar mbantu aja, wong dia masih statusnya pegawe biasa, belum jadi pejabat penting di kampus kan.

Di sela-sela proses bantuan itu berlangsung, dia masih ngoceh soal perekonomian. Menurut dia, kalo harga-harga kebutuhan pada naik wajar aja dengan kondisi ekonomi yang gak menentu. Indonesia gak kena kkrisis lagi aja kita harus sudah bersyukur, toh dengan banyaknya paket kebijakan ekonomi saat ini, harga kebutuhan naik setinggi apapun daya beli masyarakat gak menurun, semua kebutuhan tetep bisa kebeli meskipun harus diimbangi dengan bayak oprasi pasaar kayak bulan puasa kemaren.

Nah, temen saya ini berharap kalo mentri-mentri bidang ekonomi udah direshuffle bisa bikin perekonomian stabil dan gak goyah. Dalam kebingungan yang semakin menjadi-jadi, saya juga mikir kayak gitu, bila perlu bukan Cuma menterinya yang reshuffle tapi temen saya ini juga, ini dia mau ngebantuin atau ceramah ekonomi sih…

Oh iya, temen saya ini juga bilang, salah satu hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk nyiasatin kondisi ekonomi yang gak menentu ini, salah satunya dengan menghemat. Kebutuhan-kebutuhan konsumsi yang gak terlalu penting buat kita mending di delet aja.

Wah, udah kayak kroni-kroninya orde baru aja ni temen saya. Atau mungkin dia ini keturunannya Deandles yang sering kampanye ke pagawe-pegawenya di VOC buat ngirit keuangan perusahaan.

Dan karena temen saya ini gak ngerokok, udah bisa kita tebak, komoditas apa yang harus kita delet. Iya, betul sekali. Temen saya ngasih nasehat yang sangat bijak sana. Berhentilah merokok, karena rokok merusak kesehatan dan bukan kebutuhan yang perlu diperjuangkan.


Pertanyaannya, buat mengstabilkan perekonomian bangsa yang harus dilakukan sekarang reshuffle menteri atau behenti merokok?

COMMENTS

Name

artikel,253,berita,106,Cerpen,4,esai,26,Fotografi,19,hiburan,7,jualbeli,1,kolom,4,opini,2,Puisi,20,resensi,3,sastra,14,semartv,5,
ltr
item
SemarNews.com: Soal Uang kuliah, Reshuffle Menteri atau Berhenti Merokok?
Soal Uang kuliah, Reshuffle Menteri atau Berhenti Merokok?
https://3.bp.blogspot.com/-UuvN8IrTuh0/V5g8eBTOL0I/AAAAAAAAA-s/pwT21TEdNIom_ka9BNsEzpPDNRpEvh-QwCLcB/s640/Ilustrasi-reshuffle-Kabinet.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-UuvN8IrTuh0/V5g8eBTOL0I/AAAAAAAAA-s/pwT21TEdNIom_ka9BNsEzpPDNRpEvh-QwCLcB/s72-c/Ilustrasi-reshuffle-Kabinet.jpg
SemarNews.com
https://www.semarnews.com/2016/07/soal-uang-kuliah-reshuffle-menteri-atau.html
https://www.semarnews.com/
https://www.semarnews.com/
https://www.semarnews.com/2016/07/soal-uang-kuliah-reshuffle-menteri-atau.html
true
6531980057997603091
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy