Dunia tak selebar daun tembakau


foto:www.bokormas.com


Saat ini rakyat indonesia sedang dilanda kecemasan, lebih cemas daripada datengnya kiamat sekalipun, gara-gara muncul wacana harga rokok mau dinaikin harganya minimal Rp 50.000 perbungkus. Efek dominonya lebih berbahaya ketimbang naiknya harga BBM. Kalo harga BBM naik paling yang terimbas cuman harga sembako sama kemampuan daya beli masyarakat. Lah kalo harga rokok naik, efek dominonya dirasakan sangat menghujam bagi para galauers yang kalo palanya pusing susah beli rokok.

Para galauers yang udah terbiasa menumpahkan kusutnya perasaan hati dengan ngudud, sekarang pusingnya nambah. Udah hati galau gak dapet-dapet gebetan eh ditambah pikiran harga rokok naik. Sungguh bejat hati para pemangku kebijakan yang dengan semena-mena mau naikkin harga rokok.

Malem minggu kemaren waktu saya dan temen-temen pergi ngekem di suatu daerah pegunungan yang indah, kita mencoba memanfaatkan suasan-suasana terakhir buat ngerokok sepuas-puasnya mumpung harga rokok masih murah. Kayak biasanya, kita kalo ngekem di daerah pegunungan yang dinginnya hampir nol derajat selsius, perbekalan yang terbuat dari unsur tembakau itu gak bisa ditinggalin. Hukumnya fardhu ain buat mbawa barang itu. Kalo sampe ketinggalan, udah pasti nyesel semaleman karena gak bisa merasakan hangatnya kepulan asap harum di tengah malam buta yang dingin bertemankan embun nakal yang menusuk tulang.

Di malem itu kita bikin acara perenungan yang ndilalah rasanya lebih khusyuk daripada malem renungan yang sudah-sudah. Kita mencoba merenung, seandainya bulan depan harga rokok jadi naik, apa mungkin kita meninggalkan kebiasaan kita ngekem di pegunungan setiap malem minggu. Karena harga rokok naik, isi kantong kita yang biasanya cuman cukup buat beli rokok eceran terpaksa harus berhemat rokok. Karena berhemat rokok, pas kita ngekem nanti rasa dingin pegunungan bakalan jadi pemain tunggal yang mempermainkan bulu kuduk kami.

Rakyat indonesia pasti udah paham betul suasana yang bagaimana ketika rokok bisa menjadi penyelamat dan teman karib kita, yang menghangatkan bibir-bibir kita. Kita gak perlu ngomong ndakik-ndakik buat bilang rokok itu tradisi nenek moyanglah.

Kita cuman mau nyentuh perasaan para anggota DPR dan presiden, betapa rusaknya generasi muda kita sekarang seandainya susah mendapatkan rokok yang terjangkau.

Para generasi muda itu pasti bakalan ngelakuin berbagai cara buat memurahkan harga rokok. Kalo hal-hal yang saya cemaskan itu bener-bener terjadi, kekacauan yang timbul bisa lebih parah ketimbang beredarnya narkoba di bumi pertiwi ini.

Wahai presiden kami yang baru, kamu harus dengar suara ini, suara yang datang dari bibir merah agak kebiru-biruan ini yang dari tadi pagi belum dapet kepulan asap harum itu. Percaya deh sama saya, njenengan jangan mempertaruhkan jabatan tertinggi di republik hanya dengan menaikkan harga rokok. Nanti kalo njenengan beneran lengser, yang sedih saya juga. Udah harga rokok naik, eh yang naikin harga rokok udah lengser dan gak bisa bikin kebijakan menurunkan harga rokok.

Pak presiden, masalah bangsa ini masih banyak pak yang harus diselesaikan, masalahnya gede-gede dan mendesak banget lho pak. Saya bukannya mau alibi. Tapi ini beneran pak.

Kalo cuman naikin harga BBM paling yang pusing mereka-mereka yang punya motor, mobil, sama ibu-ibu yang mau masak di dapur.

Tapi kalo harga rokok naik, yang pusing itu generasi muda yang udah terbiasa mencurahkan rasa hatinya sama kepulan asap harum itu. Apa njenengan belum baca artikelnya KimJong Ndut, sesama pimpinan dunia yang bikin lek obama bingung itu.

Presiden yang imut-imut itu kan udah bilang, generasi muda di negara yang njenengan pimpin ini kalo gak dapet jatah rokok justru malah kemampuan intelektulalnya merosot jatuh. Saya juga udah bilang berkali-kali, kalo harga rokok naik, geneasi muda bakalbikin kekacauan, dan salah satu kekacauan itu ya persis apa yang di katakan presiden ndut itu.

Plis deh pak presiden, dunia ini gak cuman selebar daun tembakau. 

COMMENTS

Name

artikel,256,berita,110,Cerpen,4,esai,26,Fotografi,19,hiburan,7,jualbeli,1,kolom,4,opini,2,Puisi,20,resensi,3,sastra,15,semartv,6,
ltr
item
SemarNews.com: Dunia tak selebar daun tembakau
Dunia tak selebar daun tembakau
https://3.bp.blogspot.com/-NJQr6hR2f0E/V7qfNHNQLvI/AAAAAAAABDk/sgSE191-mZMMMloPO_UBY03AmGYdXegfQCLcB/s640/iStock_000019918822Medium-300x199.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-NJQr6hR2f0E/V7qfNHNQLvI/AAAAAAAABDk/sgSE191-mZMMMloPO_UBY03AmGYdXegfQCLcB/s72-c/iStock_000019918822Medium-300x199.jpg
SemarNews.com
https://www.semarnews.com/2016/08/dunia-tak-selebar-daun-tembakau.html
https://www.semarnews.com/
https://www.semarnews.com/
https://www.semarnews.com/2016/08/dunia-tak-selebar-daun-tembakau.html
true
6531980057997603091
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy