Kuliah Mahal, Masuk idiot Keluar goblok



foto:iasplussemarang.blogspot.com

Ups… saya gak ada maksud buat nyinggung satupun lembaga pendidikan di nagara kita tercinta ini. Saya cuman nguping sedikit obrolan mahasiswa yang roman-romannya nyesel setelah bertahun-tahun kuliah. Sambil nguping saya mbatin keheranan, udah nyesel kok masih kuliah aja.

Sebetulnya udah lama obrolan ini terjadi, tapi mumpung momennya masih tahun ajaran baru baik di tingkat dikdasmen atau dikti, saya ulas lagi lah obrolannya.

Suatu hari di sebuah halaman kampus yang gak asri-asri amat, ada dua mahasiswa yang kelihatannya kecapekan nunggu panggilan di antrian loket registrasi. Ini cerita jaman dulu waktu registrasinya masih pake manual. Registrasi harus dateng ke loket.

Mahasiswa 1  : Ndes, gimana registrasinya udah selesai?

Mahasiswa 2  : Belum, panjang banget ngantrinya…

Mahasiswa 1  : Kok kita gak dipanggil-panggil ya?

Mahasiswa 2  : Sabarlah, tellernya aja sampe teler-teler gitu manggilin mahasiswa satu      persatu…

Mahasiswa 1 : kayaknya bentar lagi istirahat nih. Kekantin aja yuk…

Mahasiswa 2 : gak ah, aku nungguin dipanggil aja, takut kelewatan…

Mahasiswa 1 : udahlah, kalo kelewatan besok lagi aja masih bisa kok…

Mahasiswa 2 : hemm… gak bisa bung, ini duit harus aku jaga sepenuh hati. Kalo aku   kekantin    sekarang, bisa bablas buat nongkrong di kantin…

Mahasiswa 1 : begini yah nasib mahasiswa, masa depan belum jelas aja udah dieksploitasi habis-habisan buat pendidikan…

Mahasiswa 2 : yang sabar aja, takdir tuhan siapa yang tau…

Mahasiswa 1 : karena kita gak tau takdir tuhan kayak apa, makanya kita wajib mempertanyakan buat apa biaya kuliah mahal-mahal. Mahalnya aja kelihatan, lah masa depan kita gimana coba…

Mahasiswa 2 : emang kamu kalo udah lulus nanti mau jadi apa?

Mahasiswa 1 : waduh… pertanyaanmu udah kayak guru TK aja… emang aku murid TK apah…

Mahasiswa 2 : bukan gitu, kita ini dididik emang buat menentukan masa depan kita sendiri. Lebih tepatnya. Masa depan yang udah dikonsep sedemikian rupa untuk keperluan industrialisasi.

Mahasiswa 1 : maksudnya?

Mahasiswa 2 : ah, dibikin gampang aja. Nanti kalo kamu lulus mau kerja apa? Tujuan negara menyelenggarakan pendidikan emang buat memenuhi dunia kerja. Biar sektor ekonomi negara berputar.

Mahasiswa 1 : jadi buruh maksudnya?

Mahasiswa 2 : gak mesti juga sih. Tapi mayoritas begitu.

Mahasiswa 1 : lah percuma dong kita kuliah kalo cuman jadi buruh. Sama kayak lulusan SMP dan SMA aja…

Mahasiswa 2 : tapi buruh juga ada kelas-kelasnya kaleee… gak semua buruh itu pekerja kasar. CEO perusahaan, kalo dia gak punya usaha sendiri tapi cuman menjalankan perusahaan orang lain, itu juga namanya buruh, tapi dia buruh yang kelasnya level elit…

Mahasiswa 1 : oh… gitu…

Mahasiswa 2 : nah, dunia pendidikan, tertama pendidikan tinggi, emang didesain buat nyetak manusia-manusia buruh yang begitu-itu.

Mahasiswa 1 : gak papa lah… kalo lulus kuliah bisa langsung jadi CEO, aku mau kok…

Mahasiswa 2 : jangan geer dulu… gak semua lulusan jadi “buruh elit” kayak gitu. Paling Cuma sepersekian persen aja yang jadi.

Mahasiswa 1 : waduh… PHP dong…

Mahasiswa 2 : “buruh elit” cuman dikasihin buat orang-orang yang punya bidang kerja spesifik, kemampuan mumpuni, dan menejemen kerja super ketat. Kamu bisa?

Mahasiswa 1 : gimana yah…

Mahasiswa 2 : kalo kamu gak bisa kayak gitu. Yaudah nikmatin aja jadi buruh kelas bawah…

Mahasiswa 1 : nah, itu dia masalahnya. Kalo udah ada tuntutan yang segitu tingginya, kok pendidikan kita cuman nyampein teori aja...

Mahasiswa 2 : waduh… kalo udah soal ini, mohon mangap. Aku gak bisa komentar yang salah siapa…

Mahasiswa 1 : aku juga gak bakal nyalahin siapa-siapa, termasuk pemerintah yang gonta-ganti kurikulum melulu. Cuman kita ini kan aset bangsa, kok rasa-rasanya jadi sapi perah aja ya…

Mahasiswa 2 : sapi perah gimana?

Mahasiswa 1 : coba kamu bayangin. Negara kita punya tuntutan untuk mencetak generasi muda yang siap menjalani kehidupan industrialisasi dengan tingkat kerja tinggi. Tapi sistem pendidikan ala kadarnya. Yang ada setiap ganti menteri, ganti kurikulum sembari diikuti naiknya harga pendidikan, ada uang sumbanganlah, uang klegiatanlah, yang terakhir setiap perguruan tinggi harus menerapkan UKT. Gak tau deh UKT apaan. adeknya PDKT mungkin…hehe

Mahasiswa 2 : mangkanya, aku gak mau kalo kamu ajak aku kekantin, ni anggaran registrasi udah mentok. Pokoknya jangan sampe habis percuma…

Mahasiswa 1 : di kampus tetangga yang katanya kampus islam negeri juga uang kuliahnya pada naik. Adahal ngakunya kampus rakyat kampus peradaban. Katanya buat penambahan staff dan fasilitas kuliah, kayak lab-lab gitu. Tapi kok, perkembangan akademiknya gitu-gitu aja ya…

Mahasiswa 2 : alah… kamu tu komentar aja. kayak udah paham problem kampus tetangga…

Mahasiswa 1 : Ndes… kampus negeri aja biaya kuliahnya naik. Apalagi kampus kita yang swasta…

Mahasiswa 2 : menurutmu, setelah kita tahu uang kuliah semakin mahal, dan setelah lulus gak ada jaminan masa depan. Apa kamu masih mau terus kuliah?

Mahasiswa 1 : ampun bosss… jangan nanya gitu dong… aku bingung… masa mau nanggur aja harus bayar mahal tiap smester…

Mahasiswa 2 : akuin aja deh kalo kita ini emang idiot. Siapa coba yang nyruh kuliah mahal-mahal kalo setelah lulus juga masih gak jelas…

Mahasiswa 1 : lulus aja gak jelas masa depannya, apalagi gak lulus…

Mahasiswa 2 : nah tuh, kita udah dipanggil sama teller… ayo registrasi…

Mahasiswa 1 : waduh masuk idiot, entar kalo lulus paling cuman meningkat jadi goblok…hehe 


Mahasiswa 2 : kok kamu bilang gitu sih?

Mahasiswa 1 : lah, mau-maunya kita diperes duitnya cuman buat masa depan yang gak jelas... 

Mahasiswa 2 : udah, nikmati aja lah…

Mohon maaf kalo ceritanya gak realistis. Maklum ajalah namanya juga ulasan setengah


ngarang....hehehe

COMMENTS

Name

artikel,254,berita,107,Cerpen,4,esai,26,Fotografi,19,hiburan,7,jualbeli,1,kolom,4,opini,2,Puisi,20,resensi,3,sastra,14,semartv,5,
ltr
item
SemarNews.com: Kuliah Mahal, Masuk idiot Keluar goblok
Kuliah Mahal, Masuk idiot Keluar goblok
https://3.bp.blogspot.com/-Gq14p4BG6xk/V6CfRGEVyTI/AAAAAAAABAs/1haqymRbIcc0XKzpnZlWvqTS_y80UOJ7ACLcB/s640/images.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-Gq14p4BG6xk/V6CfRGEVyTI/AAAAAAAABAs/1haqymRbIcc0XKzpnZlWvqTS_y80UOJ7ACLcB/s72-c/images.jpg
SemarNews.com
https://www.semarnews.com/2016/08/kuliah-mahal-masuk-idiot-keluar-goblok.html
https://www.semarnews.com/
https://www.semarnews.com/
https://www.semarnews.com/2016/08/kuliah-mahal-masuk-idiot-keluar-goblok.html
true
6531980057997603091
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy