Mas Joko yang sedang digelendengi


Saya ingin ngerasani sahabat karib bapak saya yang dulunya tukang meubel yang sekarang suka sibuk mikirin Negara, namanya mas joko. Saya gak mau ngomongin yang jelek-jelek, saya Cuma mau ngudo roso bagaimana pusingnya beliau mikirin Negara. Semoga kalian juga ikut memikirkan apa yang di pikirkan mas joko, dan lebih bagus lagi jika kalian mau memikirkan perasaan mas joko yang saat ini kesepian. Beliau gak punya temen yang bisa di ajak nongkrong, duduk santé sambil ngobrol dan nyeruput kopi bareng-bareng, tapi sayangnya beliau gak suka udud jadi kalo mau udud beli sendiri…hee

Saya sebetulnya sudah lama gak ketemu beliau (lebih tepatnya emang gak pernah ketemu) tapi karena beliau sering nongol di passo benggala saya jadi menduga-duga jangan-jangan beliau sedang menderita, di lihat dari raut wajahnya saja sudah kalihatan begitu. Sayangnya beliau gak mungkin ngomongin perasaannya di depan umum, gak kaya kakanya, sibuya, yang suka curcol. Sebagai orang jawa tulen, beliau sebisa mungkin menyembunyikan rasa gundah-gulana yang beliau rasakan, paling banter beliau hanya ndersulo ke beberapa sahabat karibya termasuk bapak saya.

Dulu waktu beliau masih jadi tukang meuble, kalo ada masalah dengan usahanya pasti datang ke bapak saya dan minta masukan, tapi tidak pernah minta pemasukan lho ya, sampai-sampai bapak saya di daulat menjadi penasehat pribadi, termasuk ketika beliau kena tipu ratusan juta rupiah karena ada yang ngaku-ngaku sebagai orang asing dan minta di eksportkan meuble kelas menangah keatas.

Dengan ikhlas dan sabar bapak saya memberi masukan, nasehat, dan motivasi agar usahanya bangkit kembali. Hasilnya, waow, usaha mas joko kembali lancar sedia kala. Kerugian yang pernah di alami seolah-olah tidak terasa. Bahkan, hasil dari usaha meuble itu bisa buat modal nyalon walikota. Tapi walikota dimana ya, saya agak lupa. Ah sudah, gak usah di pikir, toh sekarang beliau juga bukan walikota lagi. Yang harus saya ingat-ingat hanyalah kesediaan beliau untuk mengirimkan beberapa kilogram kopi setiap bulannya, cuman beliau gak pernah ngirim rokok, karena beliau gak ngerokok.

Ngomong-ngomong soal sahabat karib, sekarang sahabat karib beliau siapa sih?

Kalo orang-orang dekat memang banyak, bahkan yang di isukan sebagai ibu kandung juga ada. Rata-rata orang dekat mas joko sekarang hobinya pake baju warna merah ada moncong putihnya. Yang sering jadi omongan akhir-akhir ini kayaknya mas rahman, iya mas rahman, orang dekat yang jadi marketing (timses) mas joko dulu, yang sekarang jadi ketua komisariat di pabrik milik kelurahan itu lho.

Mas rahman yang jaman dulu kalo orasi menggelegar membahana sampai-sampai carik dan mudin kelurahan bergidig merinding. Dosky orangnya pinter, saya yakin kalo mas joko sedang dalam kesulitan, masukan-masukan dari mas rahman akan banyak membantu. Tapi itu kalo mas rahman ikhlas, toh kenyataannya hanya memberi satu-dua masukan ke mas joko mas rahman minta di angkat jadi ketua komisariat, contoh dong bapak saya yang gak minta imbalan apa-apa ke mas joko.

Ada lagi, kalo ini saya yakin udah banyak yang tau, namanya mbak mega, ya to udah pada tau. Saking dekatnya dengan mas joko, beliau rela melepas kesempatan untuk mencalonkan diri, ayo tebak mencalonkan diri jadi apa? Jadi lurah? Jadi RW? Atau jadi RT? Atau apalah-apalah gitu…

Soal pinter, mbak mega kayaknya gak sepinter mas rahaman dech. Tapi beliau punya sikap keibuan yang membuat mas joko ngerasa nyaman hingga mas joko bisa jadi kayak sekarang ini. Ngerasa nyaman dengan mbak mega? itu dulu, sekarang mbak mega sering maksa mas joko, waduh kayaknya mas joko udah gak nyaman deket-deket sama mbak mega, udah pecah kongsi nih. Padahal mbak mega titip anak sama mas joko lho, namanya dhek puan, tinggal nunggu waktu aja dhek puan di pulangkan ke mbak mega.

Tapi kayaknya mas joko mikir-mikir buat mulangkan dhek puan, dosky kan lumayan aduhay (gak kaya maminya) tapi sayangnya dhek puan ha-ho kalo di ajak diskusi soal Negara sama mas joko. Ya, mas joko ternyata masih punya rasa gak tegaan, apalagi sama kepolosan dhek puan. “Yowes aku rapopo” pikir mas joko, toh tempatnya di kursi paling pojok. Sekalipun dia cuman plonga-plongo kalo di ajak nongkrong sambil ngopi, gak akan berpengaruh apapun. Mas joko juga masih punya rasa hormat kok sama bu mega, dia buktikan dengan masih menunda pengembalian dhek puan. Biar dhek puan puas dulu, gak melulu minta sangu sama maminya…hehe

Duh-dhek duh-dhek, ternyata orang-orang dekat mas joko kayak begitu, mas kumolo, mas pramono, mas maruarar, semuanya minta imbalan dan minta posisi. Mas joko kan jadi bingung, mas joko kepengin banget nyari temen buat di ajak ngopi, kali ini kalo mau ngudud juga di bayarin, sekalian karoke juga monggo. Yang penting ngertiin dong perasaannya mas joko. Masalah bangsa udah bertumpuk-tumpuk, eh malah di obral buat mbergen biar dapet kuasa. “wong kok yo ora nduwe ati men” mungkin ini jeritan hati mas joko. Saya yakin mas joko kangen dengan bapak saya.

Mas joko, kalo njenengan ada waktu, silahkan mampir ke rumah bapak saya, kita bisa nongkrong sambil ngopi-udud dan ketawa-ketiwi bareng beliau hingga hati kita terrasa damai.




Comments

Popular posts from this blog

Sarasehan Jurnalistik, Gerakan Santri Menulis Lawan Paham Radikalis

Bangun SDM dan Tekankan Peran Keluarga dalam Pendidikan

PB PMII Dukung POLRI Berantas Terorisme Sampai Ke Akar-Akarnya

Tebarkan Kasih di Gersangnya Hati

Lawan Terorisme, FKPT Jateng Kenalkan Konsep Gemeter