Posts

Showing posts from September, 2016

Yang Sakti Bukan Pancasilanya, Tapi yang Bikin Upacara Peringatannya

Image
Kesaktian Pncasila, begitu hari ini kita dengungkan. Kita sebage putra-putri bangsa udah sama-sama tau sejarah munculnya hari ini, hari di mana kita sebage bangsa selamat dari bahaya laten yang selamanya bisa membelenggu bangsa ini dalam kesesatan, ateisme. Apalagi kalo bukan ideologi komunisme.
Komunisme itu ideologi monster, ideologi yang bisa ngubah manusia-manusia beradab dan berbudaya jadi manusia keji tak beriman dan tak kenal dengan kemanusiaan. Pancasila udah berhasil diselamatkan pada hari ini di tahun 65, penyelamatan yang ngorbanin hampir berjuta-juta rakyat yang buta dengan negaranya, itu kata mereka.
Sungguh sakti yang bikin upacara peringatan Kesaktian Pancasila, dia berhasil menghipnotis hampir seluruh makhluk hidup di Nusantara. Semua dibikin percaya gitu aja sama narasi besar kesaktian pancasila.
Kesaktian Pancasila dijadiin tameng “penipuan” besar-besaran. Biar penipuan itu tambah meyakinkan, semua pengetahuan berbasis kiri dienyahkan dari tanah nusantara dengan diterb…

Demo itu Teriakan Hati, Gak Bisa Cuman Didenger Pake Kuping

Image
Beberapa waktu lalu saya dan sahabat-sahabat menginisiasi sebuah demo besar-besaran di kampus. Demo ini sebetulnya udah lama direncanakan tapi tarik ulur gara-gara gak ada kesiapan. Sekalinya demo ini disepakati eh malah ternyata gagal total. Sebabnya gagal karena ada “penggembosan” yang dilakukan pihak birokrasi kampus. Setting aksi yang kita lakukan udah diinteli ternyata. Dan beberapa tokoh sentral yang dipercaya mengomandoi aksi dikasih ancaman DO, mending kalo DO, mereka diancam dimasukin kepenjara. Kebetulan aksi itu bertepatan dengan masa orientasi mahasiswa baru. Kalo acara itu bubar gara-gara demo, para tokoh sentral ini bakal digelandang masuk bui.
Sontak, setelah kegagalan besar demo ini, birokrasi kampus semakin tega menekan mahasiswa yang bawa poster berisi kalimat “provokatif”, padahal belum tentu kalimat “provokatif” itu ada kaitannya dengan demo, bahkan mahasiswa yang bawa poster itu gak mesti tau juga. Kalo ada panitia orientasi mahasiswa baru yang teriaknya kenceng-ke…

Negeri Ngeri, Semua Demi Pembangunan

Image

Suatu Kisah di Sebuah SD

Image
Ada sebuah kisah dari seorang wali murid dari sebuah SD di Surakarta, dia menceritakan sebuah kisah tentang penghentian pungutan non-resmi sekolah-sekolah negeri semenjak diberlakukannya BOS. Dia bercerita seperti ini.

Dulu, kisaran tahun 2000-an awal ketika anak sulungnya dia sekolahkan di SD itu, anaknya sangat berprestasi, bukan hanya prestasi akademik, anaknya bahkan sering menjuarai berbagai event-event non akademik seperti lomba nyanyi, paskibra, silat, bulu tangkis dan lain sebagainya.

Prestasi-prestasi itu muncul karena anaknya rajin sekali mengikuti ekstra kurikuler yang diadakan di SD tempat dia sekolah. Wali murid ini menambahkan, menurutnya pada saat itu para guru di SD tersebut seperti tidak kenal lelah dalam mendampingi dan mendidik murid-murid mereka. bisa dibilang dalam 12 jam sehari waktu mereka hanya untuk para murid. tapi memang, dengan aktifitas mengajar yang sangat memakan waktu itu para wali murid harus mengeluarkan biaya lebih diluar biaya resmi akademik.

Para wali…

Membongkar Konspirasi Perayaan 4 Abad VOC dan Peringatan Koloniale Tentoonstelling (1)

Image
Artikel di media sosial ini akan terdiri beberapa seri. Tampaknya akan lumayan panjang untuk mengulas “Membongkar Konspirasi Perayaan Abad VOC dan Peringatan Kolonial Sentiling”, sehingga baiknya saya uraikan dengan beberapa seri tulisan. Inilah seri yang pertama.
Tahun 2002, pada sepanjang tahun tersebut, Belanda memperingati dan merayakan “4 Abad VOC” dengan berbagai event di seluruh negeri itu. Belasan tahun kemudian, bertepatan usia satu abad peristiwa Koloniale Tentoonstelling di Semarang, melalui agen-agen kebudayaannya di Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI dan di Kota Semarang mulai ada penyusupan agenda peringatan Koloniale Tentoonsteling ke dalam event Festival Kota Lama 2014. Pada tahun 2014 (tanggal 19-21 September) di Kawasan Kota Semarang diadakan Festival Kota Lama 2014 mengangkat tema  Napak Tilas 100 Tahun Koloniale Tentoonstelling 1914, itu merupakan Festival Kota Lama di Kota Semarang tahun ketiga yang sekaligus  untuk memperingati sebuah perhelatan akbar di era ko…

Nostalgia Suara Jalanan

Image
Kalo ada yang ngangenin dari aksi demonstrasi, pasti suara triakan-triakan yang menggema di jalanan. Beberapa hari terakhir saya bernostalga dengan suasana itu dalam latihan orasi aksi. Gila, demonstrasi harus ada latihannya. ah, yang penting nostalgianya. Bener-bener bikin merinding.
Nih, teks orasinya saya kasih lihat…
Hidup Mahasiswa!! Hidup Keadilan!! Hidup Rakyat Indonesia!!
Selamat pagi,  Bapak Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang seharusnya menjadi tonggak peradaban bangsa namun tak ubahnya boneka yang mudah dipermainkan bangsa asing.
Selamat pagi, Bapak Ganjar Pranowo yang sampai saat ini masih berlindung dibawah ketiak payung hitam kekuasaan dan terus menjilat keringat rakyat.
Selamat pagi, pak polisi, tentara, dan aparatur negara yang slalu bersanding dengan kami di jalan tapi justru menjadi pembungkam suara.
Selamat pagi, kawan-kawanku mahasiswa yang selalu menjadi garda terdepan dalam mengawal aspirasi rakyat. Kami mahasiswa tak akan gentar untuk terus menyuarakan keadilan…

Popular posts from this blog

Lantik Ranting NU se Kecamatan Gunungpati, Kiai Hanif Tunjukkan Peran NU Hadapi Tantangan

Lawan Terorisme, FKPT Jateng Kenalkan Konsep Gemeter

Sarasehan Jurnalistik, Gerakan Santri Menulis Lawan Paham Radikalis

Ragam Aksi Teror, Ika Unnes Sampaikan Pernyataan Sikap

FKPT Jateng Ajak Tingkatkan Kewaspadaan Dini Hadapi Terorisme