September, Bulan Tanpa Pengakuan dan Penolakan

foto:atiksusilowati.wordpress.com

Harus saya akui, bulan ini emang bulan penuh kebahagiaan buat sebagian orang. Di bulan ini ada ratusan ribu orang yang menyandang gelar kehormatan dalam Islam, Haji. Sepulang mereka dari tanah suci, di kampung masing-masing mengadakan tasyakuran Walimatus Shaffar.

Selain itu, entah kenapa, bulan ini jadi musim kawin. Ndilalah primbon kejawen ketemu dengan penanggalan baik islam perihal penentuan tanggal buat memulai prahara kehidupan rumah tangga. Pastinya kebahagiaan menyeruak ketika pesta nikahan dikumandangkan.

Di bulan ini, hampir tiap malem kedengeran musik koplo sama gending jawa, pertanda pesta pelaminan dihamparkan.

Tapi sodara, yang perlu kita tahu selain dua macam kebahagiaan itu, bulan ini menyimpan banyak misteri ketidak-mengakuan. Contoh saja Mario teguh yang gak mau mengaku Kiswinar sebagai anaknya. Saya kurang tahu sisi sebelah mana yang bikin Om Mario gak mau ngakuin dia sebagai anaknya. Cz aku liat-liat dari depan, belakang, kanan, kiri, atas, bawah, luar, dan dalem mereka mirip (minimal menurut versi mimpi saya). Cuman memang Kiswinar badannya lebih kurus ketimbang Om Mario. Mungkin kurusnya gara-gara mikirin bapaknya yang hilang itu.

Sebenernya Om Mario malu-malu kucing ngakuin Kiswinar. Dia pernah bilang kalo Kiswinar emang anak istri pertamanya yang nelen PIL (Pria Idaman Lain). Beliau menikah pertama kali tahu 1985 dan kemudian mberojollah si Kiswinar ini. Mario pernah menyayangi Kiswinar dengan sepenuh hati bahkan akte kelahiran pria kurus seksi itu ber-ayah-kan Maryono alias Mario ditambahin Teguh yang menisbatkan keteguhan hati Om Mario menghadapi cobaan kehidupan.

Tapi apa mau dikata, Istri Om Mario yang nelen PIL itu malah bilang kalo Kiswinar bukan putra kandungnya. Betapa hancurnya hati Om Mario denger kisah itu. Sampe di sini cerita Om Mario vs Kiswinar Persis kayak kisahnya Sabbari di novel “Ayah” karya Andrea Hirata, cuman Om Mario gak seteguh Sabbari aja sih.

Singkat cerita, tahun 1992 Om Mario nggugat cerai istri pertamnya, trus kawin lagi deh. Setelah 23 tahun si bapak botak berkaca mata ini hidup bahagia, eh si Kiswinar malah dateng dengan ngaku jadi anak kandungnya. Ngeselin banget kan. Siapa sih yang gak kesel sama orang yang dulu kita sayangin trus ninggalin gitu aja trus sekarang minta balikan tanpa syarat dan nyuruh ngelupain masa lalu. Gak bisa donk.

Tenang Om Mario, untuk kasus ini saya dukung sampean. Tegakkan prinsip “pantang pisang berbuah dua” seperti yang diucapin Zainuddin buat nolak Hayati.

Kasus penolakan kedua yang menggemparkan, terutama buat para penggemar Sepakbola wabil-khusussuporter Manchester City, penolakan Pep Guardiola buat memainkan Yaya Toure di kompetisi apapun. Lho kok bisa? Yaya kan pemain serbabisa yang udah nyumbang banyak gelar buat City? Kewanen betul Pep sama Yaya.

Gara-gara penolakan ini Pep bertengkar sama Seluk (agen Yaya) di dunia maya. Pep marah besar dan bakal ngembaliin Yaya ke agennya itu.

Gimana penolakan ini bermula? Ceritanya simpel. Dulu, waktu Yaya sama Pep masih sama-sama di barca (2009), Pep gak masukin Yaya ke skema permainannya. Gara-gara itu Yaya ngambek sama Pep, dipertengahan musim awal 2010 Yaya pindah ke City dengan gaji dua kali lipat ketimbang di Barca. Dus, Pep nuduh Yaya gak ngejar prestasi, doi cuman mau duit banyak dari City. Malahan Pep bilang kalo City itu Klub sampah. Ngeri gak tuh…

Nah, sekarang Pep malah ngelatih City, klub sampah yang pernah dia sumpahin. Di sini lagi-lagi pelatih botak ini gak masukin Yaya ke skemanya. Seluk marah besar dan nyuruh Pep minta maaf sama Yaya, klub, dan Pellegrini.
Setelah itu jelas, Pep mutusin gak akan pernah kerjasama lagi sama Yaya dan agennya itu. Dan berkumandanglah prinsip “Pantang pisang berbuah dua”.

Ini kasus yang paling gede dalam khasanah sejarah bangsa kita, apa lagi kalo bukan 65. Udah ma’lumlah kita kalo negara gak mau ngakuin kasus ini sebage kesalahannya. Negara jelas-jelas nolak rekonsiliasi dengan sejarah kelam ini. Dampaknya, banyak orang-orang tertuduh sebagai anggota atau simpatisan partai “terlarang” terlantar sia-sia. Hidup gak diakuin sama negara.

Untungnya warga tertuduh ini masih mau ngakuin endonesa sebage negaranya. Coba kalo enggak, mereka minta suaka ke negara lain bikin konsolidasi Internasional dan bikin negara tandingan biar nandingin endonesa. Mau apa coba?

Saya juga gak tau kenapa? Om-Om yang sekarang jadi pemimpin bangsa kan generasi bukan 65, tapi mereka gak bisa move on sama sejarah gelap itu. Celakanya mereka malah melakukan ultra-legitimasi buat nginjek-nginjek korban 65. Coba liat hasil dari Simposium 65, negara udah ngelakuin apa?

Ah, masa bodo dengan semua penolakan dan sikap gak mau ngaku itu.


Sekarang kita-kita para jomblowers ini melakukan refleksi, kapan terakhir kali kita ditolak?

COMMENTS

Name

artikel,256,berita,110,Cerpen,4,esai,26,Fotografi,19,hiburan,7,jualbeli,1,kolom,4,opini,2,Puisi,20,resensi,3,sastra,15,semartv,6,
ltr
item
SemarNews.com: September, Bulan Tanpa Pengakuan dan Penolakan
September, Bulan Tanpa Pengakuan dan Penolakan
https://1.bp.blogspot.com/-6UDUrfNW8kM/V-Tn7MWX6zI/AAAAAAAABME/HV8oQ9udFPIWZgoS2vCFQXmgbj5y7qdUwCLcB/s640/penolakan.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-6UDUrfNW8kM/V-Tn7MWX6zI/AAAAAAAABME/HV8oQ9udFPIWZgoS2vCFQXmgbj5y7qdUwCLcB/s72-c/penolakan.jpg
SemarNews.com
https://www.semarnews.com/2016/09/september-bulan-tanpa-pengakuan-dan.html
https://www.semarnews.com/
https://www.semarnews.com/
https://www.semarnews.com/2016/09/september-bulan-tanpa-pengakuan-dan.html
true
6531980057997603091
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy