FPI yang meyakinkanku kalo Demo itu bisa meningkatkan iman


Masya Allah… hebohnya soal Ahok ternyata bisa merambat kemana-mana, salah satu yang dapet cipratannya ya sahabat ane yang bernama Nusron Purnomo, eh, Nusron Wahid maksud ane. Ma’af, ane kelepasan ngomong…hehe. Ni ci otong dapet “untung” gara-gara ngalor ngidul njelasin omongannya Ahok di pulau seribu. Niatnya sih baek, biar kite-kite pade kagak salah paham sama koh Ahok. Tapi ya gitu deh, niat baek pasti mbuahin hasil yang baek pula. Akhirnye sahabat Nusron jadi terkenal, lebih terkenal dari orang yang die bela…sadaaapp…

Gini tong, ane sebenernya mau ngomongin ci otong Nuslon (orangnya sendiri kagak bisa bilang nusRon, mulutnya agak-agak cadel gitu) tapi ni masalahnya ada yang lebih menarik buat ane daripade si otong Nuslon itu. Gara-gara demonya FPI (Front Pentungan Indonesia) yang minta koh Ahok diadili, ada seorang ustadz, namanya Ustadz Riyadh Bajrey, yang dengan belagu ngaram-ngaramin demo. Katenye, kalo ada pemuda islam yang demo ntu same aje njelek-njelekin islam. Menurutnya, kalo ada seorang pemimpin yang “kepleset”, apalagi pemimpinnya non-muslim, mending didoain aja semoga dapet hidayah dari Allah SWT. Kagak usah pake demo-demo segala. Kalo yang demo FPI sih emang iye, harus kite larang, tapi kalo yang turun jalan Mahasiswa ya beda lagi dong…hehe

Nah, berarti ci otong nuslon kite tunda dulu ulasannya. Bantu ane mikir gimane carenye buat mbalikin argumen ustadz betawi yang atu ini…

Di awal ceramahnye yang ane liat di youtube, doi mbace satu pertanyaan, kurang lebih gini pertenyaannye “Bagemana pendapat ustadz tentang sikap pemuda-pemudi islam, melakukan demo sebagaimana menolak kebijakan pemerintah?”. Ujug-ujug dengan suara menggelegar die bilang “HARAAAMM, demi Allah… demonstrasi sama sekali tidak pernah ada ajarannya di dalam syari’at Islam…!!!”. Masya Allah, ane yang cuman liat dari youtube aje ampe kekaget-kaget, seketika ane heran, die ngaramin demo tapi ceramahnye pake metode orasi…

Trus die nglenjutin “ketahuilah, salah satu bukti konkret sebuah kelompok islam itu busuk di zaman sekarang ketika mereka melakukan demo, berarti mereka keluar dari jalur.”

Dan yang menarik lagi sampe ane ulangi bekali-kali, die bilang gini “dengan kalian demo any gets a better, atau malah worts bikin tambah buruk keadaan?”. Waduh, ini nih sepotong kalimat yang bikin ane nyesel-senyesel-nyeselnya udah ratusan kali demo dan bikin macet jalan. Udah menghambat pekerjaan orang lain, apalagi kalo di jalan ade orang yang gawat-darurat mau dibawa ke rumah sakit dan ketemu penghambat jalan kayak kite-kite ini... waduh… maafkan kami yang khilaf ini ya allah…

Beneran, ustadznya juga bilang gitu kok. Orang demo itu malah nambah-nambahain masalah di jalanan. Apalagi menurut ustadz itu, orang demo cuman narsis doang, kayak anak-anak muda alay yang ngeksis dan butuh perhatian. Orang demo itu tujuan sebenernye bukan buat nyuarain aspirasi, tapi biar diekspose sama media. Setelah aksi demo di blow-up bubar deh demonya, dan gak akan ada perubahan.

“apakah setelah demo korupsi tambah mendingan?” gitu si ustadz nanya. Ya ane jawab secara imajiner “mendingan tad, mendingan nambah dari yang kemaren.”hehe. “apakah kalo kalian demo soal krisis di palestina jadi mendingan?” . “ya enggak lah tadz, kan masalahnya di palestina kite demonya di sini, di semarang, perangnya gimane kite juga kagak tau” ane jawab lagi pake ati, ane gak bisa jawab langsung, cz ane cuman nonton dari youtube.

Waduh berat bat. Ane jadi mikir-mikir nih kalo mau demo lagi. Seenggaknye yang ane pikirin gimana biar demo itu gak nenganggu jalanan biar gak macet. Atau ane bikin road map jalur demonstrasi aje ye. Pejalan kaki aja ada jalur khususnya, masa buat para pendemo kagak ade jalurnya…hehe

Sambil mikir-mikir gimane carenye ngonsep demnstrasi yang syar’I yang islami, ane nemu satu hadits nih, mudah mudahan soheh ni hadits, soalnye yang ngeriwayatin Imam Muslim. Begini bunyi haditsnye :

عَنْ أَبِي سَعِيْد الْخُدْرِي رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صلى الله عليه وسلم يَقُوْلُ : مَنْ رَأَى مِنْكُمْ مُنْكَراً
 فَلْيُغَيِّرْهُ بِيَدِهِ، فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِلِسَانِهِ، فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِقَلْبِهِ وَذَلِكَ أَضْعَفُ اْلإِيْمَان

Kurang lebih begini nih artinye:  Dari Abu Sa’id Al Khudri radiallahuanhu berkata : Saya mendengar Rasulullah shallallahu`alaihi wa sallam  bersabda: “Siapa yang melihat kemungkaran maka rubahlah dengan tangannya (ane lebih suka ngartiin “kekuasaan”), jika tidak mampu maka rubahlah dengan lisannya (bisa jadi maksudnya berdebat atau berdiskusi, bisa jadi audiensi), jika tidak mampu maka dengan hatinya (ini maksudnya nyinyirin aje kalo kita takut berdebat dan kagak punya kekuasaan) dan hal tersebut adalah selemah-lemahnya iman.”

Ni maaf-maaf kate ye, ane gak maksud sok-sokan jadi ustadz, ane juga kagak biasa pake dalil. Ni dalil juga ane copas dari google…hehe. Tapi kire-kire hadits ini bise kagak ye di jadiin landasan hukum agama buat demo. Cz di hadits itu ade kalimat يُغَيِّرُ (perubahan) yang jadi kalimat favorit ane. Dan emang kalimat ini yang selama ini ngasih pengaruh ane sama temen-temen gerakan buat turun jalan. Coba kite bayangin kalo seumpama dalam sejarah bangsa para mahasiswa kagak pernah turun jalan, ada perubahan?

Seenggaknye, yang ditulis sejarah, semenjak dari tahun 1908, 1928, 1945, 1950, 1960 (tahun 65-66 ane sensor ye, itu masa-masa surem bangsa ini soalnye…hehe), 1972, 1975, sampe yang terakhir 1998. Itu di tahun itu tuh, mahasiswa kagak anteng-anteng aje di dalem kelas sambil ndengerin bacotnye dosen. Mereka berhamburan keluar kelas, mereka ade di jalanan, ndudukin gedung-gedung pemerintahan, angkat suara bahkan angakt senjata buat ngelawan penindasan dan mengususng يُغَيِّر. Dan hasilnye, udah kite nikmatin sekarang, kite bisa bersuara bebas apapun sekenceng-kencengnye, ampe nyuarain pengharaman demo… masya Allah…

Itu بِيَدِ يُغَيِّرnamanya. Perubahan dengan menggunakan kekuasaan yakni kekuatan jalananan. Kite udah mbuktiin kok. Cuman memang sekarang kualitas بِيَدِudah turun gara-gara banyak hal, salah satunya karena banyak aktifis gerakan terkonyaminasi kepentingan politik. Jadinya gerakan sekarang cuman sebatas بِلِسَانِ aje. Yang bisa kita lakuin cuman audiensi dan berdiskusi. Sekalipun turun jalan juga kekuatannye kagak seberape.

Tapi Itu masih mendingan lah daripade cuman بِقَلْبِkarena itu selemah-lemahnya iman. Berarti orang yang bisanya cuman nyinyirin keadaan dan misuh-misuh doan itu imannya lemah. Apalagi sampe ngritik dan ngaramin demo, gak tau deh seberapa kuat imannya die…hehe

Pemirsa, hari ini ane mohon maaf. Kayaknya ane harus memihak dan membela mati-matian, cz kalo FPI dibubarin udah gak ada lagi front yang ngajarin kita gimana caranya demo. Tapi ane gak pro sama maksud mereka yang emang udah ada muatan politiknye ye... kite juga harus mbedain, mana demo yang tulus untuk perubahan dan mana demo yang ada muatan politiknya


COMMENTS

Name

artikel,253,berita,106,Cerpen,4,esai,26,Fotografi,19,hiburan,7,jualbeli,1,kolom,4,opini,2,Puisi,20,resensi,3,sastra,14,semartv,5,
ltr
item
SemarNews.com: FPI yang meyakinkanku kalo Demo itu bisa meningkatkan iman
FPI yang meyakinkanku kalo Demo itu bisa meningkatkan iman
https://1.bp.blogspot.com/-fGZdo-euQn0/WAch8F4IDaI/AAAAAAAABUs/9OfVE3fL2n8yrHIj4M8cHXSbQiUd4VwEQCLcB/s640/fpi.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-fGZdo-euQn0/WAch8F4IDaI/AAAAAAAABUs/9OfVE3fL2n8yrHIj4M8cHXSbQiUd4VwEQCLcB/s72-c/fpi.jpg
SemarNews.com
https://www.semarnews.com/2016/10/fpi-yang-meyakinkanku-kalo-demo-itu.html
https://www.semarnews.com/
https://www.semarnews.com/
https://www.semarnews.com/2016/10/fpi-yang-meyakinkanku-kalo-demo-itu.html
true
6531980057997603091
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy