Pesan Penting dari A7X Dalam Single The Stage; Fantastical History


foto:Pinterest


Mungkin banyak orang berpikir, lagu metal isinya hanya teriakan-teriakan tanpa lirik yang jelas. Tapi berbeda dengan Avenged Sevenfold, mereka menciptakan lirik metal dengan bait-bait yang sangat menohok, vulgar, dan sarkasme. Dalam lagu barunya ini, band asal California AS ingin menyuguhkan sebuah pesan historical untuk menjadi renungan manusia-manusia modern. Karena, ternyata sejarah peradaban manusia selalu dipenuhi oleh benturan-benturan hebat.

Untuk menggambarkan benturan-benturan antar manusia itu, Avanged Sevenfold (A7X), membuat satu pesan historical dalam singel terbarunya yang berjudul The Stage”. Video klip lagu ini memperlihatkan pertunjukan panggung boneka “Fantastical History” yang memiliki konsep bahwa sejak awal manusia ada di bumi, mereka diperbudak oleh setan untuk saling menghabisi sesama.

Alam semesta tercipta karena ada sebuah benturan. Ada yang menyebut sebagai big bang, ada yang juga yang berpendapat partikel atomik (kabut asap). Setelah itu terciptalah bintang-gemintang, planet-planet, dan asteroid-asteroid yang masing-masing memiliki gravitasi yang saling tarik-menarik.

Jauh sebelum manusia lahir, benturan antar spesies sudah tercipta. Dimanapun ada makhluk hidup di situ pasti ada pertengkaran. Mulai dari berebut makanan, tanah, sumber daya, hingga kekuasaan entah itu komunal ataupun individual. Dalam sudut pandang ini, persahabatan dan persaudaraan hanyalah lapisan suprastruktur yang teramat tipis sehingga mudah di tembus oleh nafsu persaingan.

Hingga pada akhirnya manusia lahir, makhluk yang konon diciptakan lebih sempurna daripada makhluk lain. Makhluk ini di lengkapi dengan nurani dan akal budi, tapi sayangnya (dan nampaknya tuhan lupa) ternyata nafsu untuk bersaing masih tersimpan dalam sanubari setiap individu. Individu-individu berakal budi ini tidak hanya lapar dan haus, mereka memiliki ambisi untuk berkuasa. ingin memiliki pengaruh, minta di akui dan butuh eksistensi. Maka muncullah sejarah peperangan dan pembantaian. Jika makhluk purba membunuh pesaingnya dengan tangannya sendiri. Manusia membunuh manusia lainnya dengan senjata, bahkan dengan akal budi yang ia miliki, manusia mampu memanipulasi pembantaian atas nama perdamaian, perlindungan terhadap ideologi, dan tetek bengek legitimasi untuk saling berperang.

Di awal lagunya, A7X menyguhkan lirik “There were days these child eyes, Would overlook the ugliness and fantasize”. Lirik ini menjelaskan, bahwa Ketika anak-anak, manusia tidak bisa menyadari kengerian dunia di mana mereka hidup. Tapi karena manusia memiliki imajinasi dan leluasa menggunakannya, manusia akan melihat kenyataan di sekitarnya dan berpotensi melakukan banyak hal termasuk tindakan-tindakan jahat.

Kemudian A7X melanjutkan dengan lirik “It appears these sheep have quite an appetite”. Mereka mengumpamakan manusia seperti kambing yang dicocok hidungnya oleh hawa nafsu. Dan manusia lebih menuruti hawa nafsu daripada akal sehatnya. Atau jika dimaknai lebih luas, manusia sangat mudah dirasuki oleh kesadaran-kesadaran palsu (false consciousness) yang datang dari para penguasa. Dan jika manusia telah dirasuki kesadaran palsu ini, mereka dengan mudah dibawa kemanapun penguasa suka, termasuk untuk memerangi sesama manusia.

Satu bait lagi yang mencoba menjelaskan pesan dari lagu ini, “Tell me a lie in a beautiful way”. Manusia terlalu gampang tertipu oleh omong-kosong yang indah. Dalam menerima informasi, manusia cenderung memilih informasi yang retoris dan artikulatif, tanpa pernah mau memverifikasi fakta-faktanya. Karena sikap manusia yang seperti inilah, media-media modern banyak yang tumbuh, bahkan lalu lintas informasi berseliweran tanpa kontrol. Dengan situasi media informasi yang sedemikian kacau, penguasa akan dengan mudah menguasai cara pandang manusia untuk kepentingannya. Dan sekali lagi, jika para penguasa menginginkan terjadinya benturan, akan sangat mudah dilakukan. Kitapun bisa merasakan sendiri sekarang ini, betapa perang wacana sangat membabi-buta.

Dalam sejarahnya manusia memiliki dua jenis benturan hebat. Yang pertama di sebut peperangan yang di legalkan atas nama hukum dan kemanusiaan. Yang kedua sering di sebut dengan pembrontakan. Bahkan ada jenis lain yang skalanya lebih kecil yaitu mafia, premanisme, atau yang lebih kecil lagi di sebut tawuran. Apapun namanya itulah benturan antar manusia, yang dalam teori sosiobilogis edward wilson di anggap sebagai persaingan abadi. Atau dalam teori evolusi herbert spencer di sebut sebagai SURVIVAL OF THE FITTEST...

Pada dasarnya, kebebasan manusia yag selama ini kita perjuangkan justru membawa dampak yang kurang baik untuk peradaban manusia. Kebebasan menghendaki keleluasaan individu, setelah itu antar individu dituntut memenuhi kebutuhan individunya. Karena kebutuhan antar individu terkadang sama, dan bahan-bahan kebutuhan itu terbatas jumlahnya, maka muncullah persainga. Kemudian, persaingan ini memunculkan pergesekan antar manusia. Jika pergesekan tidak terkendali, terjadilah benturan. Dan seperti itulah sejarah bangsa-bangsa manusia terbentuk.

Tinggal apakah sejarah itu akan menjadi pelajaran ataukah tidak. Semua tergantung kepada masing-masing individu yang manjalani peradaban ini. Seperti yang diungkapkan Zhaenal Fanani dalam novel Troy, sebuah novel epic tentang perang Troya yang maha-dahsyat dalam perjalanan sejarah manusia.

“Matahari bergerak membawa musim-musim meninggalkan waktu-waktu di belakangnya sebagai sejarah dan kenangan. Menatap masa depan sebagai dunia khayalan dan halaman tempat menggantungnya cita-cita. Semua berjalan dengan perubahan-perubahan, yang terkadang cepat, tapi tak jarang berjalan dengan sangat lamban. Sebagian manusia begitu mudah melupakan waktu yang telah terlewati dan tak ambil peduli dengan apa yang pernah terjadi. Mereka hanya menganggap masa lalu hanya sebagai sejarah yang pernah dimiliki, tapi tak perlu dikenang. Masa lalu memang pernah singgah dan tak pernah akan kembali. Mereka tak pernah menyesal meninggalkan masa lalu.  Tetapi, walaupun demikian, masih ada sebagian manusia yang dengan sangat hebat menggenggam erat-erat masa lalunya. Selalu mengingat masa-masa yang pernah lewat dan menganggap masa lalu adalah tempat yang tepat untuk mengaji dan belajar. Mereka bukan hanya mengenang masa lalu, tapi juga akan mempertahankannya agar tetap menjadi bagian paling penting dalam kehidupan.”

COMMENTS

Name

artikel,256,berita,110,Cerpen,4,esai,26,Fotografi,19,hiburan,7,jualbeli,1,kolom,4,opini,2,Puisi,20,resensi,3,sastra,15,semartv,6,
ltr
item
SemarNews.com: Pesan Penting dari A7X Dalam Single The Stage; Fantastical History
Pesan Penting dari A7X Dalam Single The Stage; Fantastical History
https://1.bp.blogspot.com/-ejAp8HbeP_c/WAkSUyJc3FI/AAAAAAAABVU/wvD8Wfq13MEeGg0r-7KeVVwAfcd1a-6fgCLcB/s640/f065fcab2a8d2b7a97b2fcc1fb0a24f2.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-ejAp8HbeP_c/WAkSUyJc3FI/AAAAAAAABVU/wvD8Wfq13MEeGg0r-7KeVVwAfcd1a-6fgCLcB/s72-c/f065fcab2a8d2b7a97b2fcc1fb0a24f2.jpg
SemarNews.com
https://www.semarnews.com/2016/10/pesan-penting-dari-a7x-dalam-single.html
https://www.semarnews.com/
https://www.semarnews.com/
https://www.semarnews.com/2016/10/pesan-penting-dari-a7x-dalam-single.html
true
6531980057997603091
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy