Dari GANEFO menjadi Asian Games

foto:kaskusdimension

ASIAN GAMES atau yang dulu brnama GANEFO adalah event perlombaan multi cabang olahraga yang di adakaN setiap empat tahun sekali di kawasan benua asia. dan di tahun 2014 event ini di adakaN di incheon korea selatan dan empat tahun yang akan datang akan di adakan di negara tercinta indonesia...

tahukah kalian shabatku?. bahwa event tersebut penuh dengan sejarah perlawnan bangsa kita terhadap kapitalisme dan imperialisme. tepat pada tanggal 10 Nopember 1963 pada peringatan hari pahlawan saat itu presiden soekarno meresmikan event ini untuk pertama kalinya di jakarta...

apa alasannya event ini di adakan?
karena pada kurun waktu itu GANEFO yang merupakan singkatan dari Games of the New Emerging Forces adalah sebuah even Olahrga yang diciptakan oleh Presiden RI pertama Ir.Soekarno sebagai tandingan Olimpiade yang mayoritas pesertanya adalah negara-negara eropa yang kebanyakan masih menjajah negara-negara dunia ketiga di kawasan asia, afrika, dan amerika latin. pada waktu itu presiden soekarno juga mengundang beberapa negra amerika latin, afrika, RRC, dan negara-negara liga arab namun menganulir kehadiran taiwan dan israel yang di anggap sebagai antek imperialisme. imbasnya indonesia di keluarkan dari keangotaan komite olimpiade internasional dan dua tahun sebelumnya indonesia juga sudah menyatakan keluar dari PBB.

Namun, Seiring berjalannya waktu dan seiring membesarnya minat terhadap Asian Games, akhirnya event ini bisa juga ditembus oleh sponsor-sponsor dari korporasi-korporasi besar. korporas-korporasi ini yang kemudian mengubah wajah GANEFO yang tadinya nampak sangar menjadi sangat liberal dan kapitalistik.

Sponsor-sponsor itu juga yang sudah mengubah wajah perekonomian dunia menjadi tidak bersahabat untuk warga dunia yang miskin.

Dan karena sponsor-sponsor itulah, gelaran Asian Games menjadi perebutan para negara-negara penyelenggara karena ada jaminan investasi dan perbaikan ekonomi untuk negara penyelenggara, ini belum termasuk mungkin korupsi yang ada di dalamnya.

tapi yang perlu kita tahu, GANEFO yang dulunya adalah ajang olahraga tandingan untuk Olimpiade, semenjak dirubah menjadi Asian Games yang hanya diperuntukkan negara-negara asia saja. sekarang sudah tak ada lagi petilasan perlawanannya.

Comments

Popular posts from this blog

Lantik Ranting NU se Kecamatan Gunungpati, Kiai Hanif Tunjukkan Peran NU Hadapi Tantangan

Lawan Terorisme, FKPT Jateng Kenalkan Konsep Gemeter

Sarasehan Jurnalistik, Gerakan Santri Menulis Lawan Paham Radikalis

Ragam Aksi Teror, Ika Unnes Sampaikan Pernyataan Sikap

PB PMII Dukung POLRI Berantas Terorisme Sampai Ke Akar-Akarnya