Beda Premis Beda Kesimpulan; Soal Ahok VS Hoak

foto:Tarbiyah

Setelah sekian lama saya “menghindar” dari serangan-serangan si Ahok, sekarang saya tergoda buat nggangguin si Hoak. Sebenernya saya lebih seneng diem kalo ngomongin soal per-hoak-an di Indonesia, sama sekali gak menarik, bener-bener gak ada yang menarik buat diomongin. Apalagi kalo Hoaknya masih seputar Ahok dan isu-isu turunannya, soal penistaan agama lah, soal pemimpin kafir lah, soal pengalihan isu lah, termasuk soal teori konspirasi yang semuanya bodong oblang-oblong.

Saya cuman kasian aja sama orang-orang yang dengan gampangnya dibuli kanan-kiri atas-bawah-depan-belakang gara-gara keceplosan di medsos. Sampe-sampe ada sahabat karib saya, yang kebetulan berprofesi sebagai jurnalis, hobinya menghoak-hoakkan musuh medianya, sama persis kayak Islam ekstrimis yang mengkafir-kafirkan lawan ideologinya…hehe

Terkhusus kasus Ahok yang makin hari makin kerasa Hoaknya, jangankan kita, bayi yang baru mbrojol yang belum bisa baca aja udah tau kalo berita soal Ahok semuanya Hoak, entah yang mendukung Ahok mati-matian atau yang mengkritik Ahok mati-matian semuanya Howwwaaakkk…

Gimana enggak coba, yang mbela Ahok mati-matian dibuli sama para pengkritik Ahok. Padahal mereka cuman berusaha meyakinkan umat bahwa ahok enggak bermaksud menista Al-qur’an bla-bla-bla, kita sebagai warga negara endonesa harus menjunjung tinggi pluralisme dan demokrasi, semua warga negara di hadapan hukum sama tidak dibeda-bedakan berdasarkan ras dan agama, semua warga negara berhak memilih dan dipilih sebagai pemimpin asalkan memenuhi syarat dan punya kapasitas yang memadai. Jangan cuman karena Ahok cina dan non-muslim terus dilarang jadi gubernur. Bagi para pengkritik Ahok, ini cuman strategi pengalihan isu, biar Ahok menang di pilkada DKI.

Yang ngritik Ahok juga sama. Mereka cuman gak mau ada pemimpin arogan yang ngomongnya asal mangap gak pake rem asal gusur sana gusur sini dengan dalih relokasi, udah gitu gubernurnya dengan sewenang-wenang ngasih ijin reklamasi sambil nyumpahin para intelektual yang ngasih kritik kepemerintah. Pake ngutip surat al-maidah 51 segala lagi. Pemimpin macam apa Ahok ini, yang nyerang para kritikusnya seolah-olah merekalah lawan politiknya. Bagi para pembela Ahok, mereka ini mengalihkan isu biar Ahok kalah di pilkada DKI.

Trus masalah buli-membuli ini akhirnya berkembang luas jadi gerakan keagamaan yang judulnya 411 dan 212, terus dilawan sama gerakan 412 yang dikasih judul aksi kebhinekaan. Waduh… sesama hoak kok perang ya…hehe

Ribet kan urusannya. Jadi gak jelas, mereka para intelektual dan kaum pergerakan jadi bingung. Mbela kebhinekaan dituduh ndukung Ahok, ngritik kebijakan Ahok dituduh anti toleransi dan pluralisme… bingung dah…

Ini saya sekedar ngasih masukan ya… intinya, coba kita pisahkan masalah kepemimpinan Ahok dan masalah keagamaannya, kita buang jauh-jauh dulu Ahok sebagai pribadi. Intinya kita gak nanggep Ahok sebagai orang, kita anggep aja Ahok sebagai representasi pemerintahan provinsi DKI jakarta, dia sebagai gubernurdi sini.

Melihat Ahok sebagai gubernur, maka yang kita lihat adalah bagaimana jalannya pemerintahan yang dia pimpin, pro rakyat atau tidak? Soal reklamasi, relokasi, pembangunan RS sumber waras, dll apakah udah memenuhi harapan rakyat? Atau sama sekali belum memenuhi kebutuhan rakyat DKI? Nah, di sini kemudian kita memunculkan kritik. Kita mengkritik Ahok sebagai gubernur, bukan sebagai pribadi, agama, atau cina. Ini urusan lain.

Masalahnya, banyak orang yang mencampur-adukkan urusan-urusan yang kayak beginian ini. Sehingga, kritik kepemimpinan terhadap Ahok berubah jadi kritik terhadap etnis dan agama. Ini masalah serius bung…

Ngomong-ngomong soal kebhinekaan saya orang yang paling depan deh membela kebhinekaan. Tapi soal kritik kepemimpinan saya juga mau kok dimajukan paling depan.

Kalo soal teori konspirasi dan tunggang-menunggang kepentingan politik I Don’t Know, gak ada urusan saya. Tapi kalo tunggang-menunggang kuda saya tau banget lah, siapa orangnya…hehe.

Yang penting, kalo mau menanggapi setiap persoalan harus jelas dulu premisnya, pada tau kan premis apaan? Itu loh, akar persoalan yang mau diangkat. Nah, kalo udah jelas premisnya, gak akan mungkin salah kesimpulannya, dan gak mungkin salah juga cara menyikapinya. Jangan sampe kritik kepemimpinan malah jadi kritik etnis dan agama, berabe urusan…

Saya gak mau pake istilah “isu”-lah nanti malah dituduh pengalihan isu lagi, trus dibuli kayak Eko Patrio. Padahal menurut saya Om Eko itu anggota DPR RI yang paling aspiratif dan yang paling tau kemauan para konstituennya, terutama konstituennya yang masih jomblo. Buat mengabulkan aspirasi para konstituennya, dia sampe mbela-belain kerja malem-malem di acara Take Me Out di ANTV. Gak percaya, tonton aja di sini.


Saya ganti istilah “isu” dengan “premis” biar keliatan lebih filosofis…hehe. Yang penting itu tadilah, jangan sampe premisnya salah, biar kesimpulannya gak salah, penyikapannya juga gak salah. Karena banyak sekali Hoak beredar karena kesalahan menyuguhkan premis dan berimbas kesalahan penyimpulan dan akhirnya salah menyikapinya, udah gitu dikasih bumbu-bumbu politik dan konspirasi lagi. Makin parah deh Hoaknya…

COMMENTS

Name

artikel,253,berita,103,Cerpen,4,esai,26,Fotografi,19,hiburan,7,jualbeli,1,kolom,4,opini,2,Puisi,20,resensi,3,sastra,14,semartv,5,
ltr
item
SemarNews.com: Beda Premis Beda Kesimpulan; Soal Ahok VS Hoak
Beda Premis Beda Kesimpulan; Soal Ahok VS Hoak
https://2.bp.blogspot.com/-O1qYxNa3-VE/WFdvhRrfv7I/AAAAAAAABeM/uxtH-yniQYgOTmJ_p0QIiRTVOakDyJy_ACLcB/s640/Ahok%2Bhoax.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-O1qYxNa3-VE/WFdvhRrfv7I/AAAAAAAABeM/uxtH-yniQYgOTmJ_p0QIiRTVOakDyJy_ACLcB/s72-c/Ahok%2Bhoax.jpg
SemarNews.com
https://www.semarnews.com/2016/12/beda-premis-beda-kesimpulan-soal-ahok.html
https://www.semarnews.com/
https://www.semarnews.com/
https://www.semarnews.com/2016/12/beda-premis-beda-kesimpulan-soal-ahok.html
true
6531980057997603091
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy