Jadilah Bangsa Komedis

foto:Hype_IDNtimes.com

Masih inget sama semboyan Bhineka Tunggal Ika? Masih inget juga sama jargon Indonesia adalah bangsa yang ramah? Gak mungkin lah agan-agan lupa, kita cuman bingung, mau diapain tu makanan. Ditelen susah, dibuang eman-eman.

Kita bingung mau ditaro di mana. Dikasihin keorang-orang asing beserta antek-anteknya? Apa iya mereka bakalan mau?

Lah gimana orang asing mau nerima, kita yang punya aja enggak doyan sama jargon yang leluhur kita buat sendiri. Orang kita aja ngerasa dibo’ongin. Kita sendiri gak pernah kan jadi orang yang ramah, suka gotong royong, menjaga persatuan, saling membelai. Sekarang kan kita sukanya ngehujat sana-ngehujat sini. Dikit-dikit penistaan, dikit-dikit penistaan, penistaan kok dikit-dikit. Sekalian deh bilang “kasihanilah kami orang yang nista ini…” Heran saya, orang-orang jaman sekarang gak bisa apa ngelebarin tawa. Mbok yo dadi wong waras ngono lho…

Soal nista-menista nih, yang kasihan Iniesta, eh maksud ane Koh Ahok. setelah kasus Surat Al-maidah 51mencuat, ane makin yakin kalo kita memang bener-bener gak cocok jadi bangsa yang ramah. Koh Ahok mah gak seberapa. Lah kalo yang dinistakan para jomblo, trus yang dituduh ngelakuin penistaan temen-temennya yang udah nikah, tambah berabe masalah.

Padahal, leluhur kita udah susah payah jungkir balik  banting tulang bikin ajaran biar kita jadi bangsa yang ramah Bhineka Tunggal Ika. Biar kehidupan kita gak amburadul kayak jaman nenek moyang yang dijajah sama belanda. Kita dipesenin sama nenek moyang kita es-teh dua gelas, eh maksud ane kita dipesenin supaya melihara bangsa ini dengan kerukunan dan kedamaian. Eh malah jadinya begini, ada aja yang bikin masalah.

Bayangin kalo nenek moyang antum-antum sekalian pada idup lagi, mereka bakal gentayangan ngeliat kelakuan anak bangsanya yang pada songong semua ini… astaghfirullah…

Tu “Bhineka tunggal Ika” sama “keramah-tamahan”, kalo diumpamain persis kayak dua pemain bola hebat yang bingung mau dikasih posisi apa sama pelatih, sementara pemain-pemain lain loyo. Nah, kedua pemain itu harus sanggup ngasih energi positif kedalem tim. Bingung kan pelatihnya… kalo dipasang belum tentu bisa ngasih energi positf, kalo gak bipasang malah tambah kocar-kacir ni tim.

Yang tambah heran lagi, udah beribu-ribu tahun kita yakin seyakin-yakinnya kalo kita ini bangsa yang paling ramah sedunia, yang paling toleran dan yang paling erat persatuan dan kesatuannya. Tapi kenyataannya kalo ada yang keceplosan nyinggung identitas suku, ras, dan agama, ada aja gesekan keras sampe bunuh-bunuhan. Apa kita gak sadar, kalo kelakuan bejat kayak gitu udah ngusir ke-bhineka tunggal ika-an dan keramahan bangsa kita?

Ane jadi curiga, jangan-jangan kedua jargon itu bo’ong doang. Au ah, keceplosan ngomong malah ane dituduh menista jargon negara lagi… hiii atut…,

Kali aja ramah doang gak cukup. Kita juga perlu punya sikap komedis. Komedis itu lebih hebat ketimbang humoris. Kalo humoris memandang segala hal dengan perspektif lucu. Komedis harus lebih parah, semuanya jadi bahan tertawaan. Pokoknya ketawa, sekalipun dinistakan, ketawa aja selebar-lebarnya. Kalo ketawanya kurang lebar, sekalian oprasi bibir biar ketawanya bisa tambah lebar.

Tapi, komedis gak cuman ketawa-ketawa doang, dalam menjalani laku spiritual komedis, harus banyak pisuh-pisuhan, cercaan, bahkan kalo perlu serapah kayak “asu” “celeng” “cuk” dan sebangsanya yang ada di kebon binatang diajak semua sekalian. Serius, beneran. Ada pepatah yang bilang “sahabat gak mungkin akrab kalo belum kau panggil su”. Itu kata-kata serapah, seharusnya makin sering diucapin kalo ngaku udah akrab sama temennya.

Itu tradisi masyarakat kita sehari-hari. Kedekatan antar teman justru semakin dekat kalo udah terbiasa misuh.

Makin sering misuh, makin akrablah suasana, makin terasa keramah-tamahan. Persahabatan lahir bukan karena sikap saling menyanjung dan memuji, itu mah kaku, yang ada cuman keramahan semu, serba kikuk dan serba gak enak. Saling memuji itu keramahan yang dipaksain.

Sikap-sikap komedis yang bisa menerima ucapan serapah sebagai komunikasi yang wajar bisa menjadi alat untuk mempertebal suasana yang ramah dan toleran. Kita bisa mencontohnya dari tayangan-tayangan komedi yang sering dilakukan oleh Warkop DKI, Bagito, Patrio, OVJ, atau para komedian-komedian yang lain. kalo kita gak paham dengan ucapan-ucapan teman kita, cukup diketawain aja.


Nah kalo kita udah bisa menghayati sikap komedis. Semoga Allah SWT  menghindarkan kita dari sikap-sikap yang mudah menuduh orang lain melakukan penistaan. Terutama para jomblo, Awas…!!!

COMMENTS

Name

artikel,253,berita,106,Cerpen,4,esai,26,Fotografi,19,hiburan,7,jualbeli,1,kolom,4,opini,2,Puisi,20,resensi,3,sastra,14,semartv,5,
ltr
item
SemarNews.com: Jadilah Bangsa Komedis
Jadilah Bangsa Komedis
https://2.bp.blogspot.com/-qG7i-P99Fqo/WEOrAEEvjiI/AAAAAAAAAII/qKLX387skQU1y2dg5M44mI23FRb1yQnAwCLcB/s640/the-raid-2-reviews-berandal-d07972b197d3495e1af7ed5acab87b8c_850x350.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-qG7i-P99Fqo/WEOrAEEvjiI/AAAAAAAAAII/qKLX387skQU1y2dg5M44mI23FRb1yQnAwCLcB/s72-c/the-raid-2-reviews-berandal-d07972b197d3495e1af7ed5acab87b8c_850x350.jpg
SemarNews.com
https://www.semarnews.com/2016/12/jadilah-bangsa-komedis.html
https://www.semarnews.com/
https://www.semarnews.com/
https://www.semarnews.com/2016/12/jadilah-bangsa-komedis.html
true
6531980057997603091
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy