GANJAR PRANOWO DAN PT SEMEN INDONESIA DIPERINGATKAN UNTUK TAAT HUKUM

foto:youtube

2 Februari 2017 terdapat agenda penilaian dokumen adendum andal dan RKL-RPL Rencana Penambangan dan pendirian serta pengoperasian Pabrik Semen PT Semen Indonesia di Kabupaten Rembang Prov. Jawa Tengah. Dan hari ini pula akan tercatat dalam sejarah bahwa marwah Negara Hukum di Indonesia telah dicoreng oleh pembangkangan terhadap putusan lembaga peradilan tertinggi di negeri ini. Putusan MA No 99 PK/TUN/2016 tanggal 05 oktober 2016 hanya menyatakan membatalkan Izin Lingkungan dan memerintahkan Gubernur Jawa Tengah untuk mencabut Izin lingkungan tersebut. Akan tetapi, Gubernur Jawa Tengah menerbitkan SK Pencabutan Izin Lingkungan yang ternyata tidak hanya mengakomodir Putusan MA namun secara sepihak juga mengatur dan memerintahkan selain yang di perintahkan oleh putusan MA. Jelas hal ini bertentangan dengan hukum serta bentuk keberpihakan kepada Korporasi.

 

Untuk itu, setelah pagi hari Warga Rembang hadir di Sidang Penilaian Amdal di Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Jawa Tengah yang intinya untuk menyatakan tidak akan mengikuti dan mengakui sidang penilaian amdal PT Semen Indonesia dan teguh pendirian untuk menjaga marwah Negara Hukum dan Kelestarian Lingkungan. 

 

Siang harinya tepatnya jam 13.00 Warga beserta Kuasa Hukum mampir di istana Rakyat Kantor Gubernur Jawa Tengah untuk menyampaikan 2 (dua) bendel surat yaitu  Surat Somasi (peringatan) kepada Gubernur Jawa Tengah yang intinya memperingatkan Gubernur untuk tidak melakukan tindakan penyalahgunaan wewenang dan menyatakan protes karena Pabrik Semen di Rembang ternyata tidak juga berhenti dalam beraktivitas, untuk itu surat dari 13 Warga Rembang yang diwakili oleh Kuasa hukumnya juga menyampaikan peringatan bahwa ada konsekuensi hukum untuk tindakan Gubernur Jawa Tengah serta PT Semen Indonesia yang tidak patuh pada hukum.


Selain itu, Warga Rembang yang menjadi Penggugat dalam perkara yang telah diputus MA No 99 PK/TUN/2016 dan telah berkekuatan hukum tetap juga melayangkan surat Permohonan Tidak Mengeluarkan Izin Lingkungan baru kepada PT Semen Indonesia (Persero)Tbk tertuju kepada Gubernur Jawa Tengah. Hal ini berkaitan dengan sidang komisi penilai amdal terhadap dokumen andal dan RKL-RPL milik PT Semen Indonesia (Persero)Tbk di Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah.


Kuasa Hukum dan Warga diterima oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan kedua surat tersebut diserahkan oleh Kuasa Hukum yang diwakili oleh Eko Roesanto Fiaryanto,S.H. serta ke-6 (enam) Warga Penggugat yakni Joko Prianto, Sukimin, Rutono, Sulijan, Suyasir dan Sujono.


Surat somasi ini pada dasarnya hendak menyampaikan kepada Gubernur Jawa Tengah bahwa paska Putusan MA sampai saat ini, hal yang menjadi fakta ialah Pabrik Semen masih beraktifitas dan tidak sama sekali ada tanda-tanda akan ditutup. Hal ini tentu bertentangan dengan Putusan MA serta ketentuan Pasal 40 Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (UUPPLH) yang menyatakan bahwa jika Izin Lingkungan di Batalkan maka semua izin kegiatan dan/atau usaha serta izin yang disebut dengan nama lain juga ikut tidak berlaku. Karena itu kegiatan dan operasi di Pabrik Semen Rembang tidak memiliki dasar hukum dan pemrakarsa nya memenuhi ketentuan pidana dalam Pasal 109  UUPPLH.

Karena itu baik Warga maupun kuasa hukum sangat mengecam pembangkangan hukum yang nyata tersebut dan memberi peringatan kepada Gubernur Jawa Tengah agar taat kepada Konstitusi, perundang-undangan dan Putusan Hukum yang telah berkekuatan hukum tetap (Inkracht Van Gewijsde). Indonesia adalah Negara Hukum karena itu Ganjar Pranowo dan PT Semen Indonesia harus taat kepada hukum.

Siaran Pers
JMPPK-LBH SEMARANG-PBHI JATENG-LRC KJHAM-LBH DEMAK RAYA

Kontak Person :
Zainal Arifin (+6285727149369)
Joko Prianto (+6282314203339)


COMMENTS

Name

artikel,253,berita,106,Cerpen,4,esai,26,Fotografi,19,hiburan,7,jualbeli,1,kolom,4,opini,2,Puisi,20,resensi,3,sastra,14,semartv,5,
ltr
item
SemarNews.com: GANJAR PRANOWO DAN PT SEMEN INDONESIA DIPERINGATKAN UNTUK TAAT HUKUM
GANJAR PRANOWO DAN PT SEMEN INDONESIA DIPERINGATKAN UNTUK TAAT HUKUM
https://3.bp.blogspot.com/-TIQ2fsdarYo/WJNlZV496AI/AAAAAAAAANA/s6R-9Xs5SsUOi1H2Wqn2UkuHAh5L4W12QCLcB/s640/maxresdefault.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-TIQ2fsdarYo/WJNlZV496AI/AAAAAAAAANA/s6R-9Xs5SsUOi1H2Wqn2UkuHAh5L4W12QCLcB/s72-c/maxresdefault.jpg
SemarNews.com
https://www.semarnews.com/2017/02/ganjar-pranowo-dan-pt-semen-indonesia.html
https://www.semarnews.com/
https://www.semarnews.com/
https://www.semarnews.com/2017/02/ganjar-pranowo-dan-pt-semen-indonesia.html
true
6531980057997603091
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy