Tolnya beres Jalannya Ambles

foto:Bogorone

Kira-kira sebulan yang lalu ada kecelakaan empat hari berturut-turut, sampe akhirnya warga pada protes. Tiap hari ada aja kecelakaan di sektiar jalan Beringin. Protes warga pada akhirnya difasilitatori oleh PMII Komisariat Walisongo Semarang yang kebetulan semua pengurusnya mahasiswa UIN WS.

Kecelakaan-kecelakaan yang terjadi di sepanjang jalan kampung Beringin gara-gara banyak truk-truk tronton yang mondar-mandir bawa material Tol yang melalui kampong Beringin itu. Tadinya warga bingung mau bersikap bagaimana. Warga udah nyabar-nyabarin wong proyek tol ini adalah satu upaya pembangunan dari pemerintah pusat, daripada lewat jalan pantura macet melulu, mending kita dukung pembangunan told eh, apapun resikonya.

Sebagai warga negara yang baik emang seharusnya warga Beringin ndukung proyek ini. Tapi di sini masalahnya. Setelah ada sebuah kecelakaan yang merenggut satu nyawa korban, warga udah kehilangan kesabaran. Akhirnya, pertigaan Pengilon-Beringin yang deket kali pengilon ditutup biar gak ada lagi truk-truk tronton yang seenaknya masuk.

Menurut warga, kalo jalanan Beringin yang sempit dan penuh-sesak itu terus-terusan dilewatin tronton, bakalan banyak warga yang lain jadi korban. Jadi mendingan kita cari aman dulu lah, proyek bisa dilanjut lagi kalo udah ketemu solusi yang pas.

Selain banyak kecelakaan di jalur proyek tol, sepanjang jalan Beringin yang biasanya alus sekarang udah kayak sungai berbatu. Aspal-aspal kualitas rendah yang jadi alas jalan ambles gara-gara tronton-tronton yang sering lewat beratnya lebih dari 50 ton.

Kejadian kayak gitu ternyata gak cuman di kampung Beringin doing, di sepanjang jalur tol yang sedang dibangun juga mengalami kejadian yang sama. Contohnya yang saya tau di sekitar Jalan Kyai Asy'ari kecamatan Kaliwungu Kendal, kalo agan-agan pada lewat jalan itu dijamin gak bakal lancar perjalanannya, kenapa? Karena jalannya rusak parah.

Peristiwa-peristiwa di Jalan Kyai Asy’arie juga sama kayak di kampung Beringin, banyak kecelakaan. Cuman soal apakah ada nyawa melayang atau gak, admin kurang paham gan. Yang penting agan-aganita kalo lewat jalan yang berdekatan sama proyek tol ati-ati aja, lupa tol nyawa melayang.


Comments

Popular posts from this blog

Lantik Ranting NU se Kecamatan Gunungpati, Kiai Hanif Tunjukkan Peran NU Hadapi Tantangan

Lawan Terorisme, FKPT Jateng Kenalkan Konsep Gemeter

Sarasehan Jurnalistik, Gerakan Santri Menulis Lawan Paham Radikalis

Ragam Aksi Teror, Ika Unnes Sampaikan Pernyataan Sikap

PB PMII Dukung POLRI Berantas Terorisme Sampai Ke Akar-Akarnya