Wahai Raja Salaman, Gimana Kabar TKW…??

Add caption

Setelah 46 tahun raja Arab gak pernah main-main ke Indonesia, seminggu ini 1-9 maret, raja Salman bakalan kencan-kencan mesra dengan lek Joko di Bali. Kabarnya sih apel raja Salman ini sesuatu banget, wah, dan istimewa. Persis kayak pacar LDR yang akhirnya bisa ketemuan setelah pisahan sekian lama. Jadi keinget lagu “Ani” yang dinyanyiin sama bang Haji…hehe

Apel istimewa ini emang lagi jadi hot issu, raja sepuh yang disegani sama umat muslim ini bawain oleh-oleh paling diarep-arepin sama lek joko. Apa itu? Investasi besar-besaran dan penguatan dakwah keagamaan yang rahmatan lil alamin.

Total ada 10 perjanjian yang bakal ditandatangani.

Pertama soal dakwah dan keagamaan. Akhir-akhir ini kekurang-ajaran FPI dan antek-anteknya udah gak bisa dimaafin. Kalo cuman  dijotos sama aparat keamanan mereka udah kebal. Maka perjanjian dakwah islam yang rahmatan lil alamin dan menjadikan Islam Nusantara sebagai reformasi ajaran Islam perlu mendapat dukungan dari bung Salman ingkang dahat kinormatan ini.

Kedua soal pendidikan, Indonesia sebagai negara berpenduduk penganut muslim terbesar di dunia tapi penguasaan bahasa arabnya paling minim di dunia. Okelah, kalo cuman  pengin ngembangin bahasa oke-oke aja. Tapi yang paling penting dan revolusioner, kalo dulu beasiswa dari kerajaan arab cuman buat pendidikan agama. Sekarang bakal tersedia pendidikan non-agama, utamanya tentang pertambangan dan perminyakan.

Ketiga soal kesehatan, raja arab bakal ngasih investasi buat rumah sakit-rumah sakit yang ada di Indonesia.

Keempat di bidang budaya, pangeran Mohamed bin Salman udah terang-terangan menyatakan kebudayaan Nusantara gak ada yang bertentangan dengan ajaran Islam manapun. Sekaligus pangeran yang super ngganteng ini bakal ngasih investasi di dunia pariwisata.

Kelima pertanian, mungkin gara-gara di Arab adanya cuman pasir (dan gak ada tanah) mereka sadar, kalo tanah Indonesia gak ditanemin padi orang arab gak bisa makan, maka dari itu raja arab merasa penting buat invest di bidang pertanian… (apa urusannya…??hehe)

Keenam kelautan dan perikanan, sama kayak poin kelima, orang arab punya laut tapi laut mati, sepi ikan. Maka dari itu, bung Salman kepincut dengan lagu “nenek moyangku seorang pelaut” dan berharap nelayan Indonesia sering-sering ngirim ikan… (sori ngawur…hehe)

Ketujuh oprasional penerbangan sipil, selama ini Indonesia cuman dibolehin memberlakukan penerbangan padat ke Arab kalo pas musim haji, selebihnya harus pake pesawat Arab sendiri. Kenapa begitu? Keluarga Saud itu keluarga perfeksionis, mereka gak percaya dengan pesawat Indonesia yang keseringan kecelakaan walaupun dibuat di pabrik yang sama.

Kedelapan UKM, ini bagian yang paling unik, belum ada negara manapun yang ngasih inestasi besar dibidang ini. Baru raja Arab doang…

Kesembilan keamanan, ini yang bakal bikin gerakan-gerakan islam garis keras bakalan keder. Raja Arab gak ngasih ampun sama teroris yang mengatasnamakan Islam. Mampus deh si Rizieq…

Kesepuluh Investasi, perjanjian terakhir ini adalah tujuan utama kenapa Lek Joko getol banget memanjakan bung Salman sedemikian rupa. Demi cairnya duit sebesar $25miliar atau kalo dirupiahkan sekitar tigaratusan triliun lebih, raja Salman kita perlakukan bagaikan dewa. Gak pernah lho kepala negara manapun, termasuk dari AS, dimanja kayak begini…

Tapi ada satu yang kurang oleh-oleh yang dibawa dari Arab, soal apa? Soal buruh migran alias TKW. Kayaknya masih belum kepikiran, apa gimana ya, lupa kali…?? Ah, masa iya, wong kasus TKW hampir kejadian setiap hari kok.

Memang betul perjanjian di bidang keamanan mencakup penjaminan keamanan WNI di Arab Saudi, tapi itu gak spesifik, karena di Arab para pembantu rumah tangga gak dianggep sebagai warga negara. Harus ada pernyataan secara resmi bahwa para TKW yang jadi asisten rumah tangga adalah WNI yang sah dan tidak boleh diperbudak, gaji mereka harus dilunasi, paspor mereka gak boleh ditahan sama majikan, hak-hak liburan dan mencari hiburan harus dipenuhi.

Enggak tau kenapa, setiap ada perjanjian dengan kerajaan Arab, masalah TKW seakan-akan kelupaan untuk dibahas. Padahal TKW adalah penyumbang devisa. Jangan dibandingin dengan devisa yang bakal didapetin dari investasi King Salman. Tapi yang perlu diperhatikan, para TKW memperjuangkan devisa dengan taruhan nyawa di negara minyak itu.

Menjamin perlindungan hukum TKW emang rumit dan membuang banyak biaya, beda cerita kalo yang dilindungi jama’ah haji sama umroh, pajaknya triliunan om. Tapi tu TKW kan tetep warga negara Indonesia, ya selayaknya juga mendapat perhatian khusus. Wong filipina yang bukan negara mayoritas berpenduduk muslim aja bisa bikin perjanjian perlindungan tenaga kerja asal negaranya, masak Indonesia gak bisa gitu. Apalagi dengan alasan para TKW di Arab gak bisa bahasa Arab dan gak kenal budaya Arab. Gak masuk akal.

Soal penyelesaian hukum gimana? Majikan-majikan TKW yang suka nyiksa gimana sanksi hukumnya? Selalu aja TKW yang disalahin. Bahkan setiap ada pemerkosaan oleh si majikan laki, selalu TKW yang disalahin sebagai pengumbar syahwat. Lah yang punya syahwa siapa, lha wong sekujur tubuh TKW ditutupin kain rombeng.


Soal TKW, Ini oleh oleh yang harus kita perjuangkan…

COMMENTS

Name

artikel,256,berita,110,Cerpen,4,esai,26,Fotografi,19,hiburan,7,jualbeli,1,kolom,4,opini,2,Puisi,20,resensi,3,sastra,15,semartv,6,
ltr
item
SemarNews.com: Wahai Raja Salaman, Gimana Kabar TKW…??
Wahai Raja Salaman, Gimana Kabar TKW…??
https://4.bp.blogspot.com/-wZq37MlOk0U/WL24KuG_lVI/AAAAAAAAAOU/Jm1sk4OrlgE5zcu2Q5QdLvUqyskvj3IvACLcB/s640/demo-dubes-arab-131108b.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-wZq37MlOk0U/WL24KuG_lVI/AAAAAAAAAOU/Jm1sk4OrlgE5zcu2Q5QdLvUqyskvj3IvACLcB/s72-c/demo-dubes-arab-131108b.jpg
SemarNews.com
https://www.semarnews.com/2017/03/wahai-raja-salaman-gimana-kabar-tkw.html
https://www.semarnews.com/
https://www.semarnews.com/
https://www.semarnews.com/2017/03/wahai-raja-salaman-gimana-kabar-tkw.html
true
6531980057997603091
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy