Ecofest Unwahas, Gali Potensi Mahasiswa


Semarnews.com | Semarang - Selama sepekan di kampus Universitas Wahid Hasyim Semarang Jalan Menoreh Tengah Sampangan Gajahmungkur Kota Semarang. Ragam cara dilakukan untuk meng-explore sumber daya manusia. Hal ini dilaksanakan oleh BEM Fakultas Ekonomi Unwahas Semarang dalam Ecofest (Economi Festival) yang ditutup semalam (31/03/2018) dengan gelar kreasi seni musik. Ketua Panitia, M Ibrohim Hurnir saat diwawancarai seusai kegiatan menyatakan bahwa kegiatan tersebut sebagai upaya menggali potensi yang dimiliki oleh mahasiswa fakultas ekonomi Unwahas. Sehingga, segmentasi peserta kegiatan dilaksanakan hanya bagi internal fakultas.

Dikatakan, ragam kegiatan yang dimaksud untuk menggali potensi berbentuk even perlombaan. Di antaranya, pada cabang non akademik terdapat lomba fotografi (27/03), tilawah (29/03), dan speach contest (29/03), sedangkan pada bidang akademik terdapat lomba penulisan karya tulis (29/03), dan pemilihan duta ekonomi (27/03), kemudian bidang atletik diisi dengan lomba futsal (25/03). Selain itu, diadakan pula seminar ekonomi (22/03) yang bertajuk Refleksi Kesejahteraan Peradaban Semesta sebagai pembuka ecofest. Menurutnya, dengan adanya seminar akan memberikan wacana tersendiri, meski tak seefektif focus group discussion. Diakuinya, konsep yang ada akan dievaluasi untuk disempurnakan pelaksanaannya di tahun depan, "kegiatan ini (ecofest-red) masih perlu evaluasi seperlunya untuk diperbaiki hingga teknisnya di tahun depan" kata ketua panitia yang mengambil jurusan manajemen di Unwahas. Ia melanjutkan, "menurut rencana, kegiatan ini akan menjadi agenda tahunan dengan perbaikan konsep dan teknis pelaksanaan seperlunya".

Ketua BEM FE, Ahmad Azwan meneguhkan apa yang dikatakan oleh Ibrohim. Azwan menerangkan bahwa konsep yang ada memang seperti olimpiade. Hanya saja, kemasan yang ada ditambahkan dengan hobi, "ya memang mirip olimpiade. Bedanya tidak hanya ada atletik, dan akademik, ada juga hobi" ucap Azwan, "kalau bisa ke depan untuk hobi bukan hanya fotografi saja yang diakomodir. Bisa saja lomba karikatur, biar jelas juga potensi mahasiswa sebagai kartunis" terangnya. Diterangkan, kegiatan tersebut memang belum menjadi prioritas dekanat, namun dalam proses koordinasi persiapan mendapatkan respon positif dan dukungan pihak dekanat fakultas.

Dikatakan, hal tersebut sebagaimana dinyatakan oleh Kaprodi Manajemen, Yulekhah Ariyanti, SE, MM dalam sambutan pembukaannya. Mewakili Dekan Fakultas Ekonomi, Yulekhah menyatakan bahwa pihak fakultas akan mendukung kegiatan tersebut sebagai agenda tahunan. Pihaknya telah berkoordinasi bahwa ke depan kegiatan semacam ecofast menjadi prioritas dalam menggali potensi mahasiswa. Dikatakan, kebutuhan untuk bersaing dalam menghadapi bonus demografi adalah dengan melakukan pengembangan potensi mahasiswa. Sebab, mahasiswa di saat ini akan memenuhi pangsa pasar dan kepemimpinan di masa mendatang. (HQ.semarnews)

Comments

Popular posts from this blog

Lantik Ranting NU se Kecamatan Gunungpati, Kiai Hanif Tunjukkan Peran NU Hadapi Tantangan

Lawan Terorisme, FKPT Jateng Kenalkan Konsep Gemeter

Sarasehan Jurnalistik, Gerakan Santri Menulis Lawan Paham Radikalis

Ragam Aksi Teror, Ika Unnes Sampaikan Pernyataan Sikap

PB PMII Dukung POLRI Berantas Terorisme Sampai Ke Akar-Akarnya