Matra, Meneguhkan Tradisi Luhur Kejayaan Nusantara

Semarnews.com | Semarang - Nusantara ini sejatinya memiliki beragam tradisi luhur sebagai sebuah simbol kejayaan nusantara. Untuk meneguhkan tradisi luhur kejayaan nusantara, DPW Matra Jawa Tengah Eks Karesidenan Semarang hari ini (08/04/2018) resmi dilantik secara langsung oleh Ketua Umum  KPH SP Rheindra J Wiroyudho Alam Syah bersama Sekjen DPP Matra, KRT H Ferryzhal Utama Suryowibowo yang di Gedung Juang 45 Jalan Pemuda 163 Sekayu Semarang Tengah Kota Semarang. Keteguhan akan tradisi nusantara tercermin dari pelantikan yang tampak sakral dan berwibawa. Kegiatan secara penuh dengan iringan gamelan, persembahan sambutan tari sekar ingrat, dan tari satriyo.

Dikatakan, Ketua Umum  KPH SP Rheindra J Wiroyudho berharap agar Matra Eks Karesidenan Semarang dapat menginfentarisir adat-adat yang ada. Lebih lanjut dapat didaftarkan pada Kementrian Kebudayaan. Hal ini, lanjut ia disebabkan tidak adanya kerajaan atau keraton sebagai pelestari budaya, "karena, di nusantara ini yang masih mudah didata dan dilestarikan itu budaya di daerah yang masih ada kerajaannya seperti di Jogja, Solo dan Kerajaan-kerajaan lainnya" kata KPH Wiroyudho, "sementara, untuk daerah Semarang, Pekalongan, dan Karesidenan lainnya yang tidak ada Kerajaannya butuh wadah. Nah, Matra ini diharapkan mampu menjadi wadah bagi budaya-budaya yang ada" pungkasnya.

Sementara, Wakil Ketua DPP Matra, Andi Bau Malik Barammamasse berharap agar beberapa Karesidenan yang belum dilantik supaya dapat segera dilantik. Dikatakan harapannya dalam pelantikan mencontoh Matra Eks Karesidenan Semarang dalam pelantikan yang menumbuh-kembangkan adat nusantara. Raja dari Kerajaan Goa Sulawesi Selatan mengingatkan untuk tetap bersinergi, antara pemerintah, matra, dengan masyarakat, pertumbuhan masyarakat yang kurang peduli terhadap adat nusantara. Dia menyatakan bahwa Matra pusat sangat mendukung dan memfasilitasi apa yang nantinya menjadi program kerja dari Matra Eks Karesidenan Semarang.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa tengah, Drs Bambang Supriyono MPd dalam sambutannya berharap dengan adanya Matra sebagai ormas dapat bermitra dengan Pemerintah untuk mencegah semakin memudarnya budaya di masyarakat. Menurutnya, kegiatan prosesi pelantikan ala Matra dalam skala nasional akan menjadi identitas. Hal ini, masih menurutnya menunjukkan bahwa pelestarian kearifan lokal harus dimulai dari masyarakat. Lain dari itu, ia berharap semua pihak untuk dapat berperan aktif dan memberikan masukan terhadap pemerintah untuk dapat melestarikan dan menumbuh-kembangkan kegiatan berbasis adat nusanatara.

Dihadiri rombongan dari Keraton Jogjagkarta, Kasepuhan Surakarta, Kerajaan Goa, dan Kerajaan Glagahwangi. Di antaranya; KPH. SP. Rheindra J. Wiroyudho Alam Syah, Andi Bau Malik Barammamase, KPA Rd Edy Notonagoro Datul Kilap Kuaso Alam, Hj Andi Yulianti Makmur Patta Ne'nang, KRT H Ferryzhal Utama Suryowibowo, KMAT Hj Nunung Dasniar Dinar Sekarningrat, dan rombongan. Kegiatan secara utuh menunjukkan ke-khas-an masyarakat adat nusantara. (HQ.semarnews)

Comments

Popular posts from this blog

Lantik Ranting NU se Kecamatan Gunungpati, Kiai Hanif Tunjukkan Peran NU Hadapi Tantangan

Lawan Terorisme, FKPT Jateng Kenalkan Konsep Gemeter

Ragam Aksi Teror, Ika Unnes Sampaikan Pernyataan Sikap

Wow, Seminar Hasil Penelitian Balai Litbang Agama Semarang Ungkap 42 Persen Mahasiswa LDK Setuju Khilafah

FKPT Jateng Ajak Tingkatkan Kewaspadaan Dini Hadapi Terorisme