Workshop Anjal, Ayo Belajar Menjadi Anak Hebat


Semarnews.com | Semarang  Dinas Sosial Kota Semarang menggelar workshop untuk anak yang beraktivitas di jalan dan anak rentan turun ke jalan di Taman Budaya Raden Saleh Jl. Sriwijaya No.29, Tegalsari, Candisari, Kota Semarang, Rabu(6 Juni)kemarin. Bertajuk Ayo Belajar Menjadi Anak Hebat, kegiatan diikuti 100 anak jalanan.

Kepala Dinas Sosial Kota Semarang, Tommy Yarmawan Said mengungkapkan tujuan dari kegiatan tersebut, yakni, untuk menggali situasi terkini tentang anak jalanan dan menggali harapan dan kebutuhan mereka agar tidak turun ke jalan. Melalui kegiatan tersebut diharapkan pula Dinas Sosial bisa merumuskan program dalam mengatasi maraknya anak yang hidup di jalanan. Untuk itu, kata Tomy, Dinsos melibatkan berbagai pihak yang berkompeten. Di antaranya, Yayasan Anantaka, Komunitas Harapan, Rumpin Bangjo, KBAS, SD PL Servatius dan Yayasan Setara.

Menurut Tommy, Persoalan ekonomi masih menjadi alasan utama merebaknya anak jalanan dengan tujuan membantu orang tuanya, selain itu terdapat pula kasus ekploitasi anak oleh orang tuanya sendiri. Di samping menyoroti persoalan pendidikan, hal lain yang menjadi perhatian adalah persoalan budaya, yang mana aktifitas jalanan terjadi secara turun temurun, kata Tommy, sehingga mereka sudah sangat terbiasa dengan situasi jalanan.

Diterangkan, Pemerintah Kota Semarang sudah mengambil kebijakan dengan meluncurkan Perda No 5 Tahun 2014, begitu juga dengan pembentukan Tim Penjangkauan Dinsos yang bertindak secara aktif melakukan penjangkauan terhadap anak jalanan. Ini, dimaksudkan untuk mewujudkan Semarang Bebas Anak Jalanan di Tahun 2018 sebagaimana Kementrian Sosial telah mencanangkan Program Gerakan Sosial Bebas Anak Jalanan yang dikampamyekan dua tahun lalu. Program tersebut direalisasikan secara terarah, terpadu dan berkelanjutan dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah dan masyarakat.

Sementara, Tsaniatus Solihah, Founder Yayasan Anantaka menyampaikan bahwa Pemerintah harus membuat Strategi dan Grand Desain terkait dengan penanganan anak jalanan. Utamanya dalam membuat program pengentasan anak jalanan dari orang tua nya dan juga anak-anak itu sendiri secara berkelanjutan, sehingga, kata Icha, sapaan akrabny, Pemkot Semarang nampu mewujudkan Semarang Bebas Anak Jalanan dengan cara yang humanis.

Icha yang pernah mendapatkan penghargaan sebagai tokoh peduli anak jalanan ini berpendapat, persoalan anak jalanan tidak hanya tanggung jawab Dinas Sosial saja, tetapi OPD terkait juga harus ikut andil dalam mewujudkan Semarang Bebas Anak Jalanan. Hal terkait pemenuhan hak anak jalanan harus diutamakan dan menjadi program prioritas di masing-masing OPD terkait. Untuk mensukseskan program tersebut masyarakatpun diharapkan bisa bekerjasama dan mendukung program ini dengan tidak memberi uang atau barang apapun di jalan, dan atau membeli koran dijalan. Hal ini telah disosialisasikan dengan berbagai kegiatan dan bahkan ditampilkan dalam videotron. (HQ.semarnews)

---------------

COMMENTS

Name

artikel,253,berita,97,Cerpen,4,esai,26,Fotografi,19,hiburan,6,jualbeli,1,kolom,4,opini,2,Puisi,20,resensi,3,sastra,14,semartv,5,
ltr
item
SemarNews.com: Workshop Anjal, Ayo Belajar Menjadi Anak Hebat
Workshop Anjal, Ayo Belajar Menjadi Anak Hebat
Workshop Anjal, Ayo Belajar Menjadi Anak Hebat
https://4.bp.blogspot.com/-tr_lIFV3q2w/WxiWUUTHGBI/AAAAAAAACiU/398IGt_6qmEu5pXjNDi-utTbDWRn3zd5QCLcBGAs/s320/IMG-20180607-WA0003.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-tr_lIFV3q2w/WxiWUUTHGBI/AAAAAAAACiU/398IGt_6qmEu5pXjNDi-utTbDWRn3zd5QCLcBGAs/s72-c/IMG-20180607-WA0003.jpg
SemarNews.com
https://www.semarnews.com/2018/06/workshop-anjal-ayo-belajar-menjadi-anak.html
https://www.semarnews.com/
https://www.semarnews.com/
https://www.semarnews.com/2018/06/workshop-anjal-ayo-belajar-menjadi-anak.html
true
6531980057997603091
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy