Jalan-Jalan di Kampung Batik, Lestarikan Sejarah dan Gali Potensi Ekonomi



Semsrnews.com || Semarang - Walikota Semarang, Hendrar Prihadi mengunjungi Kampung Batik Semarang, tadi pagi (18/08/2018). Dalam kesempatan tersebut Hendrar mengingatkan masa dahulu di mana dia pertama kali memasuki area tersebut, kondisinya kurang terawat dan menyisakan 2 atau 3 orang pengrajin batik. Hal tersebut bertolak belakang dari sejarah Kelurahan Rejomulyo Semarang Timur sebagai daerah pengrajin batik di Kota Semarang. Dengan adanya support dari Pemkot, pengrajin yang ada saat ini telah mencapai 20an orang dan berkembang menjadi kampung tematik terbaik ketiga di Semarang.

Sempat hampir punah kini tengah berbenah. Menurut Hendi, Dia perlu mengembangkan ikon lokal sebagai pusat pengrajin batik sebagaimana dalam sejarahnya, sekaligus menjadi salah satu kampung tematik yang diharapkan dapat menjadi destinasi wisata baru di Kota Semarang. Melestarikan sejarah dan menggali potensi ekonomi setempat. 

Saat dialog interaktif, Hendi berpesan kepada warganya untuk menjaga kerukunan dalam kehidupan masyarakat yang plural. Dia mewanti-wanti pentingnya kerukunan dengan bercermin dari Uni Soviet. Menurutnya, bangsa Indonesia perlu belajar dari sejarah Uni Soviet. Tak dipungkiri, Uni Soviet dengan kekuatan Paktawarsawa-nya saat ini telah hilang dari kontestasi Negara yang besar. 

Berkaca dari sejarah itu, Hendi berpesan untuk menjaga budaya yang ada. Budaya andap asor misalkan, sebuah praktik pola kerukunan yang harmonis tanpa mempersoalkan perbedaan yang ada, tidak sungkan bercanda dengan siapa pun. Tidak ada sekat, kata Hendi, kita pun ingin membentuk pemerintahan yang tidak ada sekat dengan warganya.

Dalam kesempatan tersebut, Hendi bersama rombongan berjalan-jalan, berkeliling di kampung batik dan kampung jadul yang lokasinya bersebelahan. (HQ)
---------------

0 Response to "Jalan-Jalan di Kampung Batik, Lestarikan Sejarah dan Gali Potensi Ekonomi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel