Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mau Bantu Korban Gempa? Ini CP dari PMI



Semarnews.com || Lombok - Banyak kalangan yang merasa prihatin terhadap gempa yang melanda saudaranya di Lombok, namun masyarakat kebingungan untuk dapat informasi dan menyalurkan bantuan yang jelas sesuai dengan kebutuhan. Palang Merah Indonesia (PMI) melalui siaran pers-nya memberikan titik terang dengan membagikan contact person (CP) yang bisa dihubungi.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dapat menghubungi masyarakat bisa berkoordinasi dengan Kepala Divisi Penanggulangan Bencana, Arifin M Hadi melalui saluran seluler di 0812 977777 55, Kepala Sub. Tanggap Darurat PMI Pusat, Ridwan Sobri Carman, 0821 1191 6892, dan Nashir Jamaludin, Relawan PMI yang ada di Lombok Timur melalui 0812 2801 1455. Dengan adanya nomor yang bisa dihubungi, masyarakat dapat memantau secara langsung perkembagan dan kebutuhan bagi pengungsi. Sehingga bantuan bisa terlaksana dengan tepat sasaran.

Muh Nashir menyampaikan dalam siaran persnya, bahwa gempa kembali melanda wilayah NTB, dengan kekuatan 7,0 Skala Richter pada Minggu (05/08/18). Gempa yang berpotensi tsunami dalam level waspada ini membuat warga di sekitar wilayah Lombok Utara dan dirasakan di wilayah Mataram juga di Bali ini membuat warga trerdampak menjadi panik dan berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri.

Gempa, kata Nashir, menyebabkan warga masyarakat spontan berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri keluar rumah. “Saat gempa terjadi banyak warga yang langsung keluar rumah, Relawan PMI yang siaga segera melakukan evakuasi kepada warga yang panik akibat diguncang gempa besar," kata dia.

“Listrik juga padam, tetapi para Relawan PMI berfokus untuk evakuasi dan penyelamatan warga yang berada di dalam rumah, serta penenangan bagi warga terdampak yang panik akibat gempa yang terjadi,” imbuhnya.



Selain itu, PMI juga melakukan upaya membagikan selimut bagi warga yang bertahan di pinggir jalan. “di wilayah Blanting, PMI bersama dengan TNI melakukan distribusi selimut kepada warga terdampak yang bertahan mengungsi di pinggir jalan, karena kondisi cukup dingin dan banyak juga lansia serta anak anak yang mengungsi di luar rumah.” kata Nashir menjelaskan.

Sementara untuk di wilayah Bali, Relawan PMI yang bertugas langsung menuju lokasi untuk melakukan evakuasi dan melakukan asesmen, terhadap warga yang terdampak. (HQ.semarnews)
---------------

Posting Komentar untuk "Mau Bantu Korban Gempa? Ini CP dari PMI"

Berlangganan via Email