Fasilitas dan Sarana Memadai Jadi Acuan




Semarnews.com II SEMARANG - Sudah sepatutnya lembaga kesehatan dan kemanusiaan seperti Palang Merah Indonesia (PMI) memiliki fasilitas dan sarana prasana yang memadai. Sebab, kedua aspek itu selain untuk menunjang pelayanan kemanusiaan juga menjadi tolok ukur tersendiri bagi Palang Merah negara lainnya. Pernyataan itu diungkapkan perwakilan Cruz Vermelhe (Palang Merah) Timor Leste saat studi banding di PMI Kota Semarang, Selasa (13/11).

"Kami melihat fasilitas dan sarana di PMI Kota Semarang memadai. Ini yang membuat kami berkinginan belajar di sini," ucap perwakilan Palang Merah Timor Leste, Eugenio Pinto di Kantor PMI Kota Semarang, Jalan Mgr Sugijopranoto No 31 Semarang, Selasa (13/11).

Disebutkannya, PMI Kota Semarang telah memiliki sejumlah fasilitas dan saranan, seperti fisioterapi , penataan administrasi, distribusi barang, terlebih bidang donor darah yang dianggap mutakhir seperti negara maju. Tak hanya itu, Pinto juga menyebut Sumber Daya Manusia (SDM) di PMI Kota Semarang juga baik.

"Kami mempelajari semuanya. Mulai sistem pelayanan yang baik itu seperti apa, sampai penangan kemanusiannya. Konsep ini akan terapkan di Timor Leste," terang dia.

Pinto berharap, kunjungan tersebut tidak hanya sebatas seremonial, tetapi ada tindak lanjut. Bahkan, dia menyatakan berkeinginan melakukan  kerja sama dengan PMI Kota Semarang.

"Sepulang dari Indonesia saya akan musyawarah dengan Palan Merah Timor Leste. Bagaimana menyiapkan sarana supaya dapat diterapkan di sana," imbuhnya.

Sekretaris PMI Kota Semarang, Surachman menyambut baik keinginan Palang Merah Timor Leste. Menurutnya, salah satu fasilitas di PMI Kota Semarang seperti Unit Transfusi Darah (UTD) memang sudah memadai.

"Untuk alat alat transfusi darah kami sudah bagus sepeti negara maju," kata Surachman.
Dia juga menyambut baik rencana kerja sama yang diajukan Palang Merah Timor Leste kepada PMI Kota Semarang. Diakhir paparan, dia memiliki konsep adanya pertukaran kader Palang Merah di kedua lembaga tersebut.

"Mudah mudahan pertemuan ini dapat berjalan terus. Terutama mendidik anak di bidang darah. Ke depan, kader PMI Kota Semarang akan  dibantukan di sana," ucap dia. (HW)
---------------

0 Response to " Fasilitas dan Sarana Memadai Jadi Acuan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel