Pancasila Harus Diimplementasikan dalam Kehidupan Sehari hari - Hendi Aprisiasi KNPI Semarang



MENUJU LOKASI : Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi (kiri) didampingi Ketua KNPI Kota Semarang, Choirul Awaludin (kanan) menuju lokasi acara Olimpiade Pancasila di halaman SMP Negeri 1 Semarang, Jalan Ronggolawe, Semarang Barat, Sabtu (24/11/).


SEMARANG II SemarNews.com - Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi memberikan apresiasi terhadap Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Semarang atas kinerjanya dalam mengimplementasikan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya, penyelenggaraan Olimpiade Pancasila oleh KNPI Kota Semarang.

"Saya berikan apresiasi karena ini sudah langkah kongkrit ya. Jadi tidak hanya menghafal Pancasila, tapi mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Nah, KNPI Kota Semarang melakukan itu,"  kata Hendi, sapaan akrabnya di sela sela pembukaan Olimpiade Pancasila 2018 di halaman SMP Negeri 1 Semarang, Jalan Ronggolawe, Semarang Barat, Sabtu (24/11/).

Implementasi Pancasila yang dimaksud, lanjut Hendi, terdapat dalam kegiatan Olimpiade Pancasila 2018 yang diinisiasi DPD KNPI Kota. Berbagai macam lomba diikuti para peserta mulai tingkat SD, SLTP, SLTA dan umum.

"Ada lomba debat bahasa Jawa, diskusi tentang Pancasila, pencak silat yang merupakan olah raga khas tradisional Indonesia, ada juga tenis meja. Semua itu merupakan bagian dari implementasi Pancasila," terangnya.

Artinya dalam pertandingan nanti, sikap-sikap sportif, adil, saling tepo seliro, tenggang rasa itu pasti harus diutamakan. Hal serupa diungkapkan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Gurun Risyad Moko. Dia menyatakan apresiasi KNPI Kota Semarang.
"Kami (Dinpora Kota Semarang) mendukung ini (Olimpiade Pancasila) untuk yang keempat kalinya," kata Gurun, "Kegiatan-kegiatan KNPI adalah aplikasi dari implementasi Pancasila dan turut mendukung Kota Semarang menjadi Kota Layak Pemuda," ucapnya.

Gurun melanjutkan, Dinpora Kota Semarang akan kembali menggandeng KNPI Kota Semarang dalam memajukan para pemuda yang ada melalui pengajuan Pemuda Pelopor sampai tingkat nasional. Pihaknya akan minta dukungan dengan bersama KNPI menjadikan pemuda Semarang dalam Pemuda Pelopor.

"Banyak pemuda pelopor di sini. Nanti kita bersama KNPI mengambil yang terbaik untuk maju tingkat nasional," imbuhnya.

Sementara Ketua KNPI Kota Semarang, Choirul Awaludin menyatakan, jemajuan para pemuda di bawah KNPI Semarang tidak lepas dari support Pemerintah Kota Semarang dalam mendukung kegiatan kepemudaan.

"Kalau hari ini KNPI dikatakan lebih baik dan akan terus bertambah baik untuk menjadi yang terbaik, tentu tidak lepas dari adanya support yang dilakukan Pemkot Semarang," tegasnya.

Ketua DPD KNPI Jateng, Tino Indra Wardono yang turut mendampingi acara tersebut mengatakan, Olimpiade Pancasila memiliki makna lebih dari sekadar prestasi.

"Sangat bagus. Kegiatan ini tak hanya memupuk prestasi tetapi juga mempererat ikatan persaudaraan antar pelajar dengan semangat sportifitas," ujar dia. (HW).
---------------

Comments

Popular posts from this blog

Antara Candana dan Mataram

PSSI saja bisa dibekukan, kenapa HTI tidak?

Jika Wahyu Telah Hilang, Ibukota Akan Gamang