Perbaiki Fasilitas, Tingkatkan Pelayanan



SemarNews.com, Sigi - Kondisi yang ada di pengungsian membuat trenyuh semua orang. Demikan pula yang dirasakan salah seorang relawan PMI asal Jawa Tengah, Andi Suryo. Dalam release yang diterima redaksi, (4/11/2018), Andi merasa Trenyuh melihat keadaan yang menimpa masyarakat korban gempa bumi dan lukuifasi yang saat ini tinggal di Shelter Jono Oge, Kabupaten Sigi.
"Saya bersama kawan kawan akan bersinergi dan bekerja sama dengan masyarakat sekuat tenaga untuk membantu mereka, terlebih di Jono Oge sebagian besar penduduknya adalah orang Jawa yang sudah seperti orang sendiri"  ujarnya.

Karenanya, Palang Merah Indonesia (PMI) berkomitmen terus memberikan pelayanan yang terbaik bagi warga dan korban terdampak gempa bumi dan likuifaksi yang menempati shelter Jono Oge, Kabupaten Sigi.

Menurut Koordinator Shelter PMI sektor Jono Oge Kabupaten Sigi, Reynold, saat ini tenda yang terpasang sebanyak 200 buah dan diperuntukkan untuk 200 Kepala Keluarga (KK) terdampak langsung Gempa Bumi dan Likuifaksi.
"Hampir seluruh tenda telah terisi meski sebagian dari beberapa diantaranya dipergunakan untuk menyimpan sisa barang yang dapat diselamatkan dan hanya dihuni pada malam hari"  terangnya.

Selain mendirikan tenda, di shelter PMI juga memberikan beberapa layanan seperti Yankes, Psikososial Supporting Program (PSP), Water Sanitation And Hygiene (WASH), dan Relief. Namun demikian, Reynold mengakui terdapat beberapa layanan yang saat ini masih belum terselesaikan, "Ada beberapa kendala yang saat ini masih dialami, seperti keterbatasan air bersih, jumlah MCK, Palet dan dapur umum swadaya yang saat ini masih dalam proses rintisan"  imbuh Reynold.

Menurutnya, kerja sama, pergerakan yang sinergis dan semangat untuk bangkit dalam melanjutkan kehidupan menjadi faktor penting dalam kegiatan kemanusiaan. Dia yakin segala permasalahan yang muncul pasti ada jalan keluarnya.

Salah seorang pengungsi di shelter Jono Oge, Zakariya berharap PMI beserta relawan lain dapat terus ada dan membantu serta mendampingi selama masa masa di Pengungsian. Menurutnya, ketulusan dan kerja keras para relawan PMI menjadi hikmah yang ada di balik sebuah musibah. Keberadaan para relawan diakui mampu membuat mereka tetap semangat untuk melanjutkan hidup dengan segala keterbatasan. (arh)

0 Response to "Perbaiki Fasilitas, Tingkatkan Pelayanan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel