Romo Budi Ungkap Kesiapan KAS dalam menyambut Perayaan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 di Jawa Tengah



SemarNews.com || Semarang - Komisi Hubungan Antaragama dan Kepercayaan Keuskupan Agung Semarang (KAS), Aloys Budi Purnomo Pr mengungkapkan kesiapan KAS dalam menyambut Hari Raya Natal 2018 dan Tahun Baru 2019. Kesiapan tersebut dibacakan dalam rapat Forkompinda yang digelar di Hotel Harris, Jl. Ki Mangunsarkoro No.36, Semarang Tengah, Kota Semarang, Rabu (19/12/2018). Adapun kesiapan tersebut sebagaimana teksnya berikut ini:

Yang saya hormati dan kasihi Bapak Gubernur Jawa Tengah, Bapak Kapolda Jawa Tengah, Bapak Pangdam IV Diponegoro, seluruh jajaran Forkopimda Provinsi, Kota, Kabupaten serta para Ulama dan Tokoh Agama yang tidak bisa saya sebut satu persatu.

Salam sejahtera. Pertama-tama, atas nama Gereja KAS, dalam penggembalaan Mgr. Robertus Rubiyatmoko sebagai Uskup Agung Semarang, kami mengucapkan terima kasih atas perhatian dan silaturahim menjelang Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 ini. Kami sangat mengapresiasi inisiatif dan kesempatan yang indah ini. Dalam konteks RIKAS (Rencana Induk Keuskupan Agung Semarang) 2016-2035, peristiwa indah ini kami sebut sebagai salah satu wujud peradaban kasih bagi masyarakat Indonesia yang sejahtera, bermartabat dan beriman, apa pun agama dan kepercayaan kita. Secara khusus Jawa Tengah menjadi contoh indah peradaban kasih tersebut, apalagi dengan perjumpaan dan silaturahim kali ini dalam rangka menyambut Natal 2018 dan Tahun Baru 2019. Tema yang membingkai pertemuan silaturahim ini pun indah sekali, yakni _Dengan Semangat Keberagaman dan Solidaritas, Kita Wujudkan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 Yang Damai dan Kondusif._ Sungguh, tema ini, sangat indah dan penuh berkah. Damai di hati, damai di Bumi Pertiwi kita, dari Jawa Tengah untuk Indonesia.

Sesuai dengan tema tersebut, Gereja KAS ada bersama masyarakat Jawa Tengah dalam semangat menciptakan damai dan persaudaraan dalam keberagaman. Kita semua sebagai warga masyarakat ada dalam semangat yang sama untuk keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Keuskupan Agung Semarang menyambut Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 dalam semangat yang sama. Sejak awal Desember 2018 lalu, kami memulai persiapan menyambut Natal 2018 melalui masa Adven selama empat minggu hingga tanggal 23 Desember mendatang. Selama masa Adven, umat Katolik KAS merenungkan tema-tema terkait dengan peranannya sebagai warga masyarakat dalam semangat memberi rasa sedap laksana garam, memberi cahaya laksana pelita untuk menyinari kegelapan, menjadi ragi perdamaian dan menemukan mutiara indah hidup bersama sebagai warga bangsa Indonesia. Dengan demikian, umat pun siap menyambut dan merayakan Natal untuk mengenang kelahiran Yesus Kristus Sumber Hikmat Kebijaksanaan umat Kristiani dalam keberagaman.

Setidaknya, 100 Paroki dan hampir 400.000 umat Katolik KAS siap merayakan Natal secara damai dan kondusif dalam kerja sama dengan banyak pihak, khususnya aparat keamaan terdekat (Polsek, Polres, Korem,  Kodim dan Koramil). Jadwal Ibadah Malam Natal dan Natal Pagi sudah ditata sesuai Kepanitiaan Paroki, Stasi dan Wilayah masing-masing (pukul 16.00, 16.30, 17.00, 17.30, 18.00, 19.00 dan 21.00 untuk tgl 24/12 dan pada tanggal 25/12 ada yang mulai pukul 05.30, 07.00, 07.30, 08.00 dan 11.00, beberapa tempat masih melayani umat pada pukul 17.30).

Demikian garis besar informasi yang bisa saya sampaikan. Terima kasih atas kasih, perhatian dan kerja sama yang baik dalam menjaga persaudaraan dan kondusivitas dalam keberagaman di antara kita. Terima kasih. Salam sejahtera, salam peradaban kasih.

Menutup laporannya, tak lupa Romo Budi menyampaikan rasa syukur terhadap Tuhan YME atas terciptanya kondisi yang damai dan sejahtera di Jawa Tengah pada umumnya, dan khususnya Kota Semarang dan sekitarnya. (HQ)
---------------

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Antara Candana dan Mataram

PSSI saja bisa dibekukan, kenapa HTI tidak?

Jika Wahyu Telah Hilang, Ibukota Akan Gamang