Harlah Ke-58, Ansor Kota Semarang Gelar Kirab Merah Putih Sepanjang 2 KM



SEMARANG II SemarNews.com - Gerakan Pemuda (GP) Ansor bersama dengan Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Kota Semarang menggelar apel kebangsaan di halaman Balaikota Semarang, Minggu (21/4). Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memperingati harlah Ansor ke-58. Usai apel, Ketua GP Ansor Kota Semarang, Rahul Saiful Bahri mengatakan, acara harlah ini bisa menjadi momentum silaturahmi bagi seluruh masyarakat Indonesia yang baru saja melaksanakan Pemilu 2019.

“Apel ini melibatkan ribuan banser dan ansor sekota Semarang. Sehingga bisa jadi sarana konsolidasi bersama, apalagi berbagai unsur kami undang untuk ikut apel bersama. Kami juga mengajak masyarakat untuk sabar menunggu hasil resmi KPU terkait pelaksanaan Pemilu 2019 yang dilakukan secara serentak,” ucapnya.

Selain apel kebangsaan, Rahul menambahkan, pihaknya juga menggelar kirab bendera merah putih sepanjang dua kilometer. Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk komitmen Ansor-Banser dalam menjaga NKRI dan Pancasila mulai dari zaman penjajah sampai sekarang ini.

“Komitmen itulah yang akan kita jaga terus kedepannya. Sebagai bentuk nyata, kita lakukan kirab bendera merah putih. Panjang bendera itu dua kilometer dan lebarnya 3 meter,” katanya.

Untuk rute kirab bendera merah putih, Rahul menjelaskan, dimulai dari halaman balaikota Jalan Pemuda kemudian melewati Jalan Imam Bonjol lalu finisnya kembali di balaikota.

Lebih lanjut Rahul menambahkan, sebagai bentuk komitmen juga, Ansor – Banser akan selalu melindungi dan menjaga rakyat dari kelompok-kelompok radikal maupun kelompok yang inginmemecah belah persatuan dan kesatuan.
“Kami himbau kepada masyarakat untuk tidak segan-segan melapor kepada pihak yang berwajib bila ada pihak-pihak yang akan memecah belah persatuan dan kesatuan,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Kesbangpol Kota Semarang, Abdul Haris mengapresiasi kegiatan kirab bendera merah putih yang dilakukan GP Ansor dalam rangka memperingati Harlah ke-85. Dia meyakini, kirab bendera merah putih sepanjang 1,2 kilometer ini bertujuan menjaga persatuan dan kesatuan pasca Pemilu 2019.

"Inti dari perayaan harlah ini adalah menjaga persatuan dan kedamaian. Kegiatan ini dilakukan guna menjaga kondusifitas pasca pemilu supaya rukun dan bisa silaturahmi antar ormas dan lain sebagainya," ujar dia.
Lebih lanjut, Abdul Haris menyampaikan, nantinya selain mengawal pemilu Ansor juga akan menga kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan pemerintah kota. Mereka berharap kegitan semacam ini dapat terus dilakukan.
Dia juga mempersilakan ormas lain untuk menyelenggarakan acara yang serupa dengan Ansor. Yang terpenting, lanjut dia, kegiatan itu dilakukan dengan cara-cara yang bijak dan damai seperti yang dilakukan Ansor. (HW-)
---------------

0 Response to "Harlah Ke-58, Ansor Kota Semarang Gelar Kirab Merah Putih Sepanjang 2 KM "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel