Ketua KNPI Jateng Tino Indra Wardono Ajak Generasi Muda Hargai Perjuangan Pejuang


KENDAL – Keberadaan makam kuno dengan nisan terbuat dari batu karang laut di Desa Kumpulrejo Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal yang sempat viral di medsos beberapa waktu lalu terus mendapat perhatian dan dikunjungi sejumlah tokoh. Salah satunya, Ketua KNPI Provinsi Jawa Tengah, H Tino Indra Wardono menyempatkan berziarah ke makam kuno yang diduga terdapat jenazah tokoh kerajaan Mataram Islam, Jumat (20/8).

Tino datang tidak sendiri, ia datang beserta rombongan. Sebelum berziarah, dirinya bertemu terlebih dahulu Kepala Desa (Kades), Sekretaris Desa (Kades) dan Kepala Dusun (Kadus). Sejumlah tokoh desa tersebut mengantar dan menemani Tino beserta rombongan berziarah dan berdoa di makam tersebut.

Tino mengaku, selama ini dirinya memang suka berziarah ke makam wali, auliya’, orang-orang hebat di Negeri ini,  terlebih di Jawa Tengah, tak terkecuali di Kendal untuk berdoa dan tawasul sebagai bentuk penghormatan kepada tokoh yang sudah meninggal dunia.   ”Setelah ziarah dan berdoa di makam, hati rasanya lebih tenang,” akunya

Perangkat desa yang juga Ketua PPDI Kabupaten Kendal, Chumaidi SH MH mengatakan, sejak ditemukan makan kuno ini, langsung ditindaklanjuti pemerintah Desa Kumpulrejo dengan membersihkan lokasi sekitar makam dan membangun seadanya agar masyarakat yang ingin berziarah ke makam tersebut merasa nyaman. ”Sejak ditemukan makam ini, sudah banyak peziarah yang datang, dan kesan yang di dapat setelah sampai adalah bahwa di Desa Kumpulrejo pada jaman itu sudah mempunyai peradaban tinggi. Hal ini bisa dilihat dari wujud makam batu karang putih yang pahatanya sudah baik sedemikian rupa. Diduga kuat yang sudah meninggal tersebut adalah benar-benar tokoh berpengaruh di jamannya dan diharapkan dari pemerintah untuk bisa meneliti lebih jauh dikarenakan ada keunikan tersendiri,” tegas Chumaidi.

Sementara itu, Kepala Dusun Marong, Nasrullah yang mendapinggi saat Ketua KNPI Jateng berziarah menyampaikan, teryata Ketua KNPI Provinsi Jawa Tengah H Tino Indra Wardono sangat paham tentang kondisi Kabupaten Kendal. “Dalam pembicaraan kami dengan Mas Tino. Mas Tino menekankan dan mengajak pada pemuda dan tokoh masyarakat untuk menghargai para pejuang dan nenek moyang yang banyak berjasa dalam merintis membangun kendal, termasuk Desa Kumpulrejo,” ujar Nasrullah.

Sekdes Kumpulrejo Afif Muhammad menyampaikan, Ketua KNPI Jateng Jawa Tengah H Tino Indra Wardono datang sekitar Pukul 01.00 WIB dan ziarah hampir satu jam. ”Alhamadulillah, semakin banyak tokoh yang berziarah di Kumpulrejo. Sebelumnya Bupati Kendal periode 2010-2015, dr Hj Widya Kandi Susanti MM juga sudah pernah ziarah kesini,” jelasnya. (HZ).

0 Response to "Ketua KNPI Jateng Tino Indra Wardono Ajak Generasi Muda Hargai Perjuangan Pejuang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel