Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya Meningkatkan Kekebalan Tubuh atau Imunitas Tubuh Manusia

 

Saat pandemi datang atau masuk di Indonesia  mengakibatkan banyak orang melakukan kegiatan di luar nalar seperti munculnya olahraga bersepeda di jalan hingga menjemur badan dipagi hari untuk meningkatkan daya tahan tubuh, oleh karena itu olahraga apa saja yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terjangkit penyakit.

Untuk itu sebaiknya kita harus mengenali apa saja yang membuat sistem kekebalan tubuh meningkat. Sistem pertahanan tubuh manusia yang pertama adalah sistem kekebalan turunan atau efek gen dari siapa kita lahir dan bawaan. Didalam sel tubuh manusia sebetulnya sudah ada virus akan tetapi kurangnya olahraga membuat kekebalan sistem imunitas tubuh menurun.

Dengan hal itu  kita harusnya selalu berolahraga agar sel-sel yang ada dalam tubuh menjadi kuat saat ada virus maupun penyakit dapat dihentikan oleh tubuh kita. Ada juga sel darah putih yang seharusnya berfungsi sebagai alat pembunuh alami. Garis pertahanan berada dalam sel darah putih lainnya seperti untuk memantau lingkungan dan mencoba mengenali infeksi yang berada di dalam tubuh manusia. Yang menjadikan kekebalan tubuh manusia mudah terkena penyakit karena tidak memiliki sistem kekebalan kuat  yang artinya, tidak adanya garis pertahanan di tubuh kita. Jika sistem kekebalan tidak dapat menghentikan virus, hal itu berakibat fatal pada paru-paru manusia. Disinilah pentingnya tubuh kita untuk digerakan untuk menambah sistem kekebalan bawaan.

Kekebalan sistem tubuh orang muda sangatlah kuat dan orang tua  lebih lemah dari kebanyakan kekebalan sistem tubuh lainnya. Bertambahnya usia maka sel-sel dalam tubuh manusia ikut menuarun dan berakibat kurang cepat dalam kemampuan respon tubuh. Lalu adakah makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh manusia. Untuk itu setiap orang harus memakan makanan seperti sayuran untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Banyak penelitian  menunjukan berolahraga merupakan suatu hal yang paling harus dilakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh serta olahraga juga dapat  menjaga paru-paru dan jantung menjadi sehat.akan tetapi kita tidak harus melakukan olahraga seperti lari maraton dengan beragapan anda akan bugar dan tidak mudah terkena penyakit.

Ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh setiap manusia untuk memperkebal imunitas tubuh yang ada dalam dirinya seperti melakukan refresing agar pikiran tidak terllalu mempunyai beban berat yang berakibat fatal bagi kebugaran anggota tubuh, melakukan cukup aktifitas minimal 8 jam perhari dan melakukan istirahat yang cukup agar tidak gampang terkena penyakit seperti lagu “Rhoma Irama” begadang boleh saja asal ada isinya ,begadang jangan dilakukan apabila hanya istilah di zaman sekarang itu disebut rasan-rasan yang dilakukan setiap malam.

Dalam melakukan sebuah kegiatan minimal tidur 8 jam agar kekuatan dalam tubuh manusia Kembali normal dan tanpa adanya gangguan atau mudah terkena penyakit untuk itu hidup sehat berawal dari kebiasaan sehat, jiwa yang sehat berawal dari tubuh yang sehat. Makananlah makanan yang membuat tubuh dan badan Kembali kuat seperti setiap pagi melakukan kegiatan rutin seperti minum susu, dan berjemur di terik pagi hari agar tumbuh lebih optimal dalam bekerja antara sel yang satu dengan sel yang lain.

Demikianlah sedikit tulisan agar kaum mudah lebih mengetahui daya tahan tubuh pribadi bukan melakukan olahraga karena musim tren atau memang lagi gencar-gencarnya. Jadilah seseorang yang mengetahui kapan harus olahraga,kapan harus istirahat,kapan harus berhenti melakukan semua aktivitas agar tubuh kita menjadi sehat dan tidak mudah terkena penyakit.

Penulis :Ahmad Diyaul Mubarok,


Posting Komentar untuk "Pentingnya Meningkatkan Kekebalan Tubuh atau Imunitas Tubuh Manusia"