Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sikap Beragama di Tengah Musibah (Covid-19)


 

Islam moderat merupakan sikap keberagamaan yang mengambil jalan tengah antara dua paham atau pemikiran yang exstream. Sikap tersebut merupakan hasil  pemahaman dan pemikiran Islam yang ada. Dalam kondisi di dalam musibah (pandemi), sikap moderat beragama yang harus di jalankan, diantaranya yaitu:

Sabar dalam menghadapi musibah yang sedang melanda (Covid-19), Mengikuti arahan dan anjuran pemerintah dan pihak yang berwenang dalam penanganan musibah (Covid-19), dan Tolong menolong dalam mengatasi musibah yang ada (Covid-19) dan dampaknya.

Pasti ada banyak pelajaran dan hikmah di balik musibah, di antaranya menurunkan ego masing-masing dan menerapkan protokol pencegahan musibah (Covid-19). Terkait dengan musibah sekarang ini (Covid-19) yang berasal dari china, bahwa saat pertama kasus itu merebak (menyebar luas), umat islam (muslim) di sana bersolidaritas dengan menggalang dana dan memberi bantuan, dan tidak mementingkan egonya serta selalau saling menjaga dan mengingatkan dalam menagani musibah covid-19. Mereka juga lelaha tetapi dengan saling bahu membahu dan berharap semua akan berakhir dengan baik dan kembali sebagaimana mestinya, intinya memanusiakan manusia adalah langkah awal yang harus di ambil.

Umat islam (muslim) di china sangat moderat dan tak ada egoisme dalam beribadah. Dari pertama covid-19 meluas, masjid di china juga ditutup untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Bisa kita lihat mereka tidak mementingkan egonya dalam arti menghilangkan kemudharatan itu harus didahulukan ketimbang mengambil manfaat.

Disetiap masjid di sana (china)  tertulis identitas negara tentang sosialisme dan ucapan cinta tanah air dan agama, atau kita kenal dengan ungkapan hubbul wathon minal iman.” Basic agama adalah spiritualisme, agama yang spiritual itu adalah agama yang indah, yang berjalan dengan tradisi, lokalisme, dan menerima keberagaman. Seperti alam back to nature, agama juga harus back to basic,”

 

Penulis : Ali Muhtadi KKN MDR IPMAFA 2020

 

Posting Komentar untuk " Sikap Beragama di Tengah Musibah (Covid-19)"