Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Adab Makan Menurut Rasulullah Saw


 Makan dan minum adalah suatu hal yang kita lakukan setiap hari, tetapi tanpa kita sadari, apakah cara makan dan minum kita sudah benar sesuai ajaran rasulullah SAW? makan dan minum dalam Islam sudah diatur sedemikian rupa, dan sebagai seorang muslim hendaknya untuk selalu mengikuti berbagai perintah dan ajaran yang ada di dalam Al-Qur’an dan sunnnah Rasul. Berbagai tuntunan etika dari segala tingkah laku ini, semuanya sudah dicontohkan oleh Rasulullah SAW  berabad-abad tahun yang silam, sebelum generasi alpha sampai generasi Zero dilahirkan ke dunia ini. Mulai dari adab berpakaian, adab bertamu, adab kepada anak muda dan orang tua, adab hubungan suami istri, serta adab makan dan minum sekalipun. Semuanya telah dicontohkan oleh Rasulullah dengan detail dan jelas, kita sebagai umatnya harus meneladaninya.

Adab makan dan minum bertujuan selain untuk meneladani sikap Rasulullah, juga memberi manfaat bagi kesehatan kita, terutama organ pencernaan yang ada di dalam tubuh kita. Tetapi meskipun 90% masyarakat Indonesia beragama Islam, tetap belum 100% yang mengetahui bahkan melaksanakan adab makan dan minum sesuai yang diajarkan Rasullullah. Mengingat makan dan minum dalam Islam ini sangat menjunjung rasa menghargai sebuah hidangan. Maka perlu mengetahui adab makan dan minum yang bagaimana yang telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Di bawah ini beberapa adab makan dan minum yang telah Rasulullah ajarkan:

Konsumsi hidangan makanan yang halal

      Usahan untuk selalu memastikan bahwa makanan yang anda makan dan hidangkan adalah jenis makanan yang halal.

Mencucui kedua tangan

      Mencuci kedua tangan adalah hal yang sangat penting sekali berkaitan dengan tangan adalah perantara makanan saat masuk ke dalam mulut dan perut, sehingga mencuci kedua tangan sebelum makan adalah suatu keharusan, agar makanan yang dimakannya terjamin bersih dari kuman.

Membaca do’a sebelum makan

Setelah mencuci kedua tangan, maka selanjutnya adalah dengan berdo’a sebagai ucapan rasa syukur terhadap rejeki berupa makanan yang diberikan oleh Allah SWT.

Gunakan tangan kanan

Rasulullah menganjurkan saat makan dan mengambil makanan agar menggunakan tangan kanan.

Tidak membuang makanan atau mubadzir

Agama Islam melarang umatnya untuk melakukan segala kegiatan yang sia-sia atau mubadzir, bahkan Allah melaknat orang-orang yang berlebihan dalam melakukan segala sesuatu baik dalam hal berpakaian, apalagi dalam hal makan dan minum.

Jangan mencela makanan

Ketika kita disuguhi hidangan makanan oleh seseorang, meskipun enak rasanya., maupun tidak enak, kita dilarang untuk mencelanya, karena akan menimbulkan rasa kecewa kepada yang memberi makanan, dan juga merasa tidak dihargai.

Segera makan hidangan yang telah disiapkan 

Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk segera makan hidangan yang telah tersedia di depan mata kita. Bahkan Rasulullah memerintahkan kepada kita, saat terdengar adzan lebih baik menyegerakan makan, kemudian baru melaksankan sholat.

Tidak meniup makanan dan minuman 

Rasulullah melarang kita meniup makanan yang panas saat mau kita makan, sebab jika kita meniup makanan maka mulut kita akan mengeluarkan gas karbondioksida yang akan membuat makanan jadi beracun.

Demikian sedikit pengetahuan tentang adab makan dan minum Rasulullah SAW, semoga menjadi manfaat bagi kita semua!!

Penulis :Khumaerotun Na’imah 


Posting Komentar untuk "Adab Makan Menurut Rasulullah Saw"

Berlangganan via Email