Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan dengan Cara Berbagi

Penulis : Dedy Nefiyata

Melihat maraknya kenakalan remaja yang terjadi akhir-akhir ini dan diberitakan di berbagai media sosial, kita selaku orang tua merasa cemas dengan hal yang diberitakan di media. Selain mempertanyakan masa depan si anak tentunya akan menjadi beban  mental bagi orang tuanya seakan akan merasa gagal dalam mendidik anaknya menjadi anak baik. 

Memiliki anak yang cerdas dan baik, pintar, nurut sama orang tua serta rajin dalam hal beribadah atau bisa kita sebut  anak berakhlakul karimah memang dambaan setiap orang tua, namun proses untuk menjadikan seperti itu tentunya ada beberapa proses yang perlu diterapkan sebelumnya. Karakter anak di bina, di didik serta di gembleng sedini mungkin agar dalam pembentukannya lebih mudah seakan tidak merasa terpaksa pada anak karena akan jadi kebiasaan tiap hari dan kedepannya.             

Ada beberapa cara sederhana dan mudah namun efektif untuk mengenalkan anak usia dini tentang berbagi kepada sesama, agar anak terbiasa mempunyai empati terhadap orang lain. Cara mengajari anak sejak dini untuk berbagi adalah sebagai berikut:

1.Berbagi melalui mainan

Mainan bisa menjadi kesempatan pertama anak untuk melatih anak berbagi, melalui mainan kita bisa bertukar mainan atau meminjamkan mainan kepada anak kita.

Misalkan dengan menggunakan kata-kata “bunda boleh pinjam mainan ini dek?, terimakasih sudah berbagi”.

2.Makan bersama dengan bareng bareng keluarga

Saat makan bersama dengan keluarga adalah momen yang pas untuk mengajari anak usia dini berbagi. Misalkan orang tua menawarkan dahulu makanan kesukaan anak, “ adik mau makanan yang ini?, tapi dibagi berdua sama kakak ya?’’

3.Memberikan pertolongan

Berikan si anak tugas-tugas ringan, misalkan usai makan kita harus membereskan piring dan perlatan dapur,lalu mintalah anak untuk membantu. 

 

Posting Komentar untuk "Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan dengan Cara Berbagi"

Berlangganan via Email