Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menerapkan Pola Hidup Sehat dan Bersih di Masa New Normal

Penulis : Sri Hasih

 Sejak awal kemunculannya hingga saat ini pandemi covid-19 membawa banyak perubahan dalam hidup manusia. Perubahan itu dapat dilihat mulai dari aktivitas seperti bekerja maupun kegiatan belajar yang dilakukan di rumah, sejumlah rencana yang akhirnya harus dibatalkan, hingga perubahan pola dan gaya hidup dengan lebih memprioritaskan kesehatan. Tentu, gaya hidup seperti ini harus dipertahankan, apalagi sebentar lagi akan memasuki hidup New normal.

 Dengan diterapkannya new normal,masyarakat bisa kembali beraktivitas termasuk bekerja seperti sedia kala namun tetap menerapkan protokol kesehatan. Ya, syarat utama jalankan new normal sehinggga dengan adanya pelonggaran PSBB, menuntut masyarakat agar terus menerapkan kebiasaan baik yang sudah terbentuk selama pandemi berlangsung. Karena, selama belum ditemukannya vaksin atau antivirus covid-19, kemungkinan manusia akan hidup berdampingan dengan virus ini, sama halnya dengan penyakit flu. Maka dalam masa-masa ini penting sekali untuk menjaga pola hidup sehat dan bersih, diantara hal yang harus kita lakukan yaitu:

Pertama, yaitu menjaga kebersihan. Menjaga kebersihan adalah salah satu hal yang wajib dilakukan di tengah pandemi seperti sekarang ini. Di saat seperti ini, menerapkan hidup bersih bisa menghindarkan kita dari infeksi virus dan bakteri penyebab penyakit, termasuk virus corona. Cara paling sederhana untuk menjaga kebersihan di tengah pandemi adalah mencuci tangan dengan teratur dan menyemprot barang-barang yang sering disentuh menggunakan desinfektan.

Kedua, mengkonsumsi makanan sehat. Dengan menerapkan pola makan sehat dan penuh nutrisi, kualitas kesehatan dan daya tahan tubuh sudah pasti ikut meningkat. Salah satu makanan yang baik untuk daya tahan tubuh adalah makanan kaya akan vitamin C dan B komplek.

 

Ketiga, berolahraga. Memasuki masa new normal sebaiknya kita membiasakan diri untuk melakukan olahraga rutin sebelum beraktivitas. Tidak perlu olahraga berat, olahraga ringan seperti lari-lari kecil di sekitar rumah sudah cukup untuk membuat badan tetap bergerak.  Dengan olahraga rutin setiap hari dapat menjaga tubuh agar tetap sehat, terutama dapat meningkatkan daya tahan tubuh agar terlindungi dari virus.

Keempat, penuhi kebutuhan cairan tubuh. Konsumsi minimal 2 liter air atau setara 8 gelas setiap harinya. Air memiiki banyak manfaat, seperti menyalurkan kadar oksigen ke seluruh sel tubuh, sehingga sistem peredaran darah tetap lancar. Selain itu, air data membersihkan racun berbahaya dari tubuh dan menjaga fungsi ginjal.

Kelima, gunakan masker ketika pergi keluar rumah. Gunakan masker kain ketika pergi ke tempat publik. Masker dapat mencegah penyebaran virus dengan melindungi bagian wajah dari droplets seseorang yang mengandung Covid-19.

Keenam, perapkan physical distancing. Pastikan kamu tetap jaga jarak dan tidak melakukan kontak terlalu dekat dengan orang lain, kecuali memang diperlukan. Jangan lupa, untuk selalu menghindari kerumunan di tempat ramai.

 

Posting Komentar untuk "Menerapkan Pola Hidup Sehat dan Bersih di Masa New Normal"

Berlangganan via Email