Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MENGENAL MASKNE DI MASA PANDEMI, APA ITU?


Sejak pandemi Coronavirus disease 2019 (COVID-19), seluruh lapisan masyarakat diharuskan mentaati protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah, salah satunya adalah menggunakan masker. Anjuran pemerintah tersebut, membuat masker menjadi kebutuhan primer. Layaknya pakaian, masker sekarang digunakan di mana-mana.

Masker memang memiliki fungsi penting. Masker dapat digunakan untuk melindungi diri sendiri ketika berkontak dengan orang lain yang terinfeksi virus. Namun begitu, meskipun sebagai alat pengaman,, pemakaian masker yang terlalu sering bagi sebagian orang justru memunculkan persoalan baru, yaitu munculnya maskne. 

Maskne atau Mask Acne adalah suatu istilah yang terdiri dari dua kata yaitu Mask dan Acne. Mask Acne adalah kondisi kulit yang berjerawat atau iritasi pada wajah,  yang mucul pada area yang tertutup masker, seperti sekitar hidung, pipi dan dagu. 

Berbeda dengan jerawat hormonal dan Brekout yang sudah menjadi problematika sejak dulu. Maskne merupakan salah satu “pendatang baru” dalam dunia kulit wajah yang muncul dimasa pandemi sejak adanya himbauan penggunaan masker. 

Beberapa penyebab munculnya maskne antara lain, pertama karena penggunaan masker dapat mengakibatkan gesekan dengan wajah yang dapat memicu iritasi, juga penggunaan masker yang dapat menjebak minyak di pori-pori yang dapat menimbulkan jerawat.

Kedua, masker dapat menjebak hawa panas ketika berbicara, hawa tersebut dapat menimbulkan lembab yang akhirnya dapat menimbulkan bakteri. Apalagi jika sebelumnya pengguna masker sudah memiliki jerawat ataupun masalah kulit lainnya maka ia akan rentan terkena maskne dimasa pandemi ini.

Untuk menghindari peningkatan penularan COVID-19 sekaligus mencegah timbulnya maskne bagi pengguna masker, ada beberapa panduan penggunaan masker yang tepat. seperti memilih masker yang tepat, pemilihan masker yang tepat sangat lah penting. Karena jika tidak memilih jenis masker kain yang tidak sesuai dengan kulit wajah maka akan menjadikan iritasi pada kulit wajah.

Yang kedua, yaitu membersihkan tangan sebelum mengenakan masker, hal ini tentunya sangat penting, karena walaupun telah memakai masker, akan tetapi jika kita tidak membersihkan tangan terlebih dahulu sebelum menggunakan masker maka akan mengakibatkan adanya bakteri yang dapat menempel pada masker.

Selanjutnya, Tidak menyentuh wajah dan masker saat menggunakan masker, ini juga tak kalah penting karena jika kita lupa tidak membersihkan tangan secara rutin maka bakteri yang menempel ditangan, otomatis akan menempel pula diwajah kita, yang kemudian akan bisa menimbulkan jerawat.

Selain itu harus juga mengganti segera masker jika sudah dirasa lembab, karena jika sudah lembab maka tandanya harus segera diganti. Maka dari itu, jika masker sudah dirasa lembab bahkan jika sampai basah maka harus segera lekas diganti dengan masker baru yang kering dan bersih.

Peggunaan kosmetik yang berlebihan juga harus diperhatikan. Karena jika kita memakai make up yang tebal saat menggunakan masker sudah dianggap terkontaminasi dan tidak bisa dipakai ulang. Maka dari itu, alangkah baiknya jika kita menggunakan make up seringan mungkin dan tidak terlalu tebal.

Sudah seharusnya mentaati aturan pemakain masker yang baik, supaya tetap bisa melindungi diri sendiri dan orang disekitar kita. Juga bisa melindungi pengguna masker dari maskne yang biasanya gampang mucul bagi wajah-wajah yang sensitif. (Khafidhotul Umami Anggota KKN MDR Madukara Ipmafa Pati)

 

Posting Komentar untuk "MENGENAL MASKNE DI MASA PANDEMI, APA ITU?"

Berlangganan via Email