Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MODERASI BERAGAMA BISA MEMBAWA BERKAH

 

Penulis : Ahmad Diyaul Mubarok

Dalam Moderasi beragama adalah keberagaman atau keyakinan dalam mengambil keputusan yang tidak berpihak salah satu dari sebuah keputusan. Menjadi manusia yang baik dan tidak melakukan perpecahan antar umat adalah tujuan dari moderasi agama yang bertujuan untuk sebuah keberkahan atau juga bisa di sebut pemberi manfaat bagi semua umat.

Keragaman dan perbedaan merupakan suatu hal yang wajar  di panggung kehidupan, karena itu sebuah tantangan yang harus dilakukan secara serius dalam kehidupan yang beragam. Untuk itu setiap penganut agama harus dapat memposisikan dirinya sendiri di tengah-tengah agama orang lain atau keyakinan orang lain. Pada saat ini didunia arus globalisasi dimana persentuhan antara agama satu dengan yang lain semakin dekat dan tidak terkendali.

Watak  semua agama sendiri adalah  mencita-citakan kedamaian, aman, dan harmoni. Rasa saling sayang antar umat sesama umat. Dalam hal itu sebetulnya semua orang  pernah memberikan rasa sayang terhadap agama lain, akan tetapi di era sekarang ini sikap empati tidak lagi di miliki manusia sehingga mengakibatkan terpecahnya agama tersebut dan saling acuh tak acuh terhadap tetangga dan bahkan kerabat dekat. Tapi atas nama agama pula mereka melakukan seperti pembunuhan satu sama lain. Untuk itu bagaimana berbedaan bisa membawa berkah sedangkan perbedaan yang seharusnya menjadi hal yang wajar justru menjadi pemecah umat.

Keberagaman dalam moderat  seharusnya menjadi sebuah cara beragama yang lapang dan sikap terbuka. Sikap terbuka ini akan berdampak pada keharmonisan sosial bagi antar agama. Hal ini menjadi toleransi setiap orang untuk mendapatkan keberkahan atas apa yang mereka anut atau yakini dan akibatnya rasa saling bekerja sama akan muncul begitu pula dengan rasa saling menghormati satu sama lain. Untuk itu fitrah manusia adalah suci yang menurut saya adalah rasa temu yang bertujuan untuk membangun kehidupan secara efektif sebagai mahluk tuhan yang rahmat bagi seluruh umat manusia.

Sementara itu sudah seharusnya diadakan dialog antar umat beragama agar rasa saling ketertutupan yang selama ini menjadi pemecah bangsa ini. Tidak adanya keterbukaan mengakibatkan kesalah pahaman agar penyatuan secara hati bisa membuat sikap moderat menjadi berkah. Sudah seharusnya bangsa Indonesia ini menjadi panutan negara lain dengan keberagaman yang sangat tidak terbatas akan tetapi masih saling menghormati, rasa tolong menolong yang sangat tidak dimiliki oleh negara yang satu busana akan tetapi terpecah belah menjadi tak terhitung.

Keberkahan sikap moderat akan didapatkan jika semua manusia atau semua agama saling bersikap toleransi dan tidak ada sikap yang tidak ada di lambang negara, dalam sebuah kata “Bhineka Tunggal Ika”, sudah dijelaskan bahwa perpecahan sudah di prediksi dimasa lalu  bagaimana kita sebagai generasi yang akan datang masih bersikap bodo amat, tidak lagi rasa perduli satu sama lain maka negara Indonesia tidak akan ada ketenangan.

Semoga sikap generasi yang akan datang walaupun di era pandemi bisa bersikap toleran dan rasa saling membantu Dan tolong menolong.untuk itu sikap kita baik dengan tetangga,agama lain,inilah ujung dari keberkahan perbedaan di tengah masyarakat yang harus di lestarikan ,untuk tujuan kemslahatan Bersama membangun bangsa  dan generasi di masa depan.untuk itu perbedaan bukan musuh akan tetapi setiap orang mempunyai hak dalam menyampaikan pendapat ,oleh karena itu rasa saling menghormati akan membawa keberkahan bagi agama dan bagi pelakunya sendiri.

 

Posting Komentar untuk "MODERASI BERAGAMA BISA MEMBAWA BERKAH"