Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Upaya Pencegahan dan pengobatan Covid 19


  

Penulis :M. Sulaiman Dzurkanain


Covid-19 adalah penyakit yang disebabkan oleh virus corona dan menimbulkan gejala umum berupa gangguan pernapasan. Penyakit ini menjadi sorotan karena kemunculannya diakhir 2019 pertama kali di Wuhan, China. Lokasi kemunculannya pertama kali ini membuat virus corona juga dikenal dengan sebutan virus Wuhan. Sedangkan mulai menjangit ke Indonesia pada pertengahan bulan Maret 2020.

Pada awalnya virus corona umumnya ditemukan pada hewan-hewan seperti unta, ular, hewan ternak, kucing, kelelawar. Manusia dapat tertular virus ini apabila telah melakukan kontak dengan hewan tersebut. Misalnya pada  peternak atau pedagang di pasar hewan. Namun pada kenyataannya virus ini ditularkan bukan melalui hewan tersebut, melainkan melalui manusia  antar manusia.


Pada dasarnya virus ini menyerang oraang-orang yang memiliki kekebalan tubuh yang lemah, orang tua, dan orang yang memiliki penyakit kronis. Kebanyakan dari orang-orang tersebut yang tidak bisa tertolong adalah mereka yang memiliki penyakit bawaan atau penyakit kronis. Sedangkan mereka yang terpapar virus ini tetapi tidak memiliki penyakit bawaan memiliki potensi sembuh yang lebih besar. 


Adapun gejala umum yang terjadi dari orang yang terpapar virus ini antara lain:

a.Demam tinggi disertai mengigil

b.Batuk kering

c.Pilek

d.Hidung berair dan bersin-bersin

e.Nyeri pada tenggorokan

f.Sesak nafas

Namun ada juga beberapa orang yang tidak mengalami gejala tersebut tetapi dia positif terkena virus tersebut dan sebaliknya ada beberapa dari mereka justu mengalami gejala tersebut malah negatif terkena virus tersebut.  


Salah satu kasus dialami oleh cawapres Sandiaga Uno. Beliau mengatakan “setelah melakukan swab tes pada hari ini di kediaman saya, sebagai tindak lanjut atas hasil positif covid-19 Nur Asia kemarin, ternyata hasilnya menunjukkan saya juga posotif covid-19” kata Sandiga Uno dalam keterangannya pada senin (7/12/2020). Beliau kemudian melakukan isolasi mandiri bersama sang istri dan juga memakai masker, menjaga jarak, dan selalu mencuci tangan dengan sabun.


Untuk menghindari  virus corona ini dianjurkan melakukan tindakan pencegahan secara aktif. Beberapa hal yang dapat kita lakukan diantaranya yaitu:

a.Rutin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir (kurang lebih 20 detik)

b.Apabila tidak memungkinkan atau tidak ada air dan sabun, bersihkan tangan menggunakan hand sanitizer atau pembersih tangan berbahan alkohol.

c.Hindari menyentuh hidung, mata, atau mulut terutama bila tangan masih kotor..

d.Hindari kontak langsung dengan orang yang sedang sakit.

e.Tetaplah di rumah bila sedang sakit

f.Tutup mulut dengan tisu atau dengan menekuk siku saat batuk dan bersin.

g.Hindari kontak dengan hewan ternak secara langsung (pakai sarung tangan dan masker).

h.Hindari berpergian terutama ke daerah dengan kasus infeksi virus corona atau zona merah.

i.Hindari mengkonsumsi daging yang belum matang sempurna


Selain tindakan pencegahan diatas tentunya juga kita perlu melakukan tindakan pengobatan bagi yang sudah terpapar virus ini, dikarenakan belum ditemukannya vaksin untuk virus corona ini maka kita hanya melakukan tindakan pengobatan untuk penderita yang mengalami gejala ringan, disebutkan bahwa sekitar 70 persen pasien yang terpapar covid-19 mengidap kondisi ringan seperti flu termasuk batuk kering dan demam 37,8 sampai 38 derajat celcius. 


Diantara pengobatan virus corona gejala ringan yaitu: 

1.Tetap terhidrasi artinya kita disarankan untuk minum air kurang lebih 2 liter sehari. Untuk mengetahui indikator hidrasi dapat menggunakan urine, jika berwarna kuning terang dan jernih maka tubuh terhidrasi dengan baik. Hindari soda dan alkohol karena akan membuat tubuh  lebih mudah dehidrasi.

2.Minum parasetamol. Mengkonsumsi parasetamol dapat mengurangi gejala yang disebabkan oleh infeksi seperti demam.

3.Istirahat yang cukup. 

4.Selalu pantau gejala. Kita harus mengawasi gejala dan mencari pertolongan medis saat tidak ada perbaikan dan kondisi menurun secara segnifikan. Adapaun tanda-tandanya kesulitan bernafas, nyeri di dada, lemah, dan kebiruan di bibir.

5.Mengisolasi diri. Segera mengisolasi diri dan tidak keluar rumah selama 14 hari serta bedakan penggunaan alat makan, alat mandi dengan anggota keluarga lain.

Posting Komentar untuk "Upaya Pencegahan dan pengobatan Covid 19 "