Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mencegah Covid-19, Mahasiswa UIN Walisongo Semarang Membuat Jamu Mpon-Mpon & Membagikan kepada Masyarakat

 




Semarang | Terjadinya covid-19 di dunia ini tentunya hal yang baru kita alami. Banyak masyarakat yang merasa ketakutan terhadap virus tersebut dan akhirnya memutuskan untuk hidup sehat setiap harinya, mentati peraturan pemerintah atau tenaga kesehatan, dan menghindari kerumunan. 


Karena anjuran pemerintah menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Maka dari itu semua kegiatan sekolah, perkantoran, dsb. Melakukan semua kegiatan di dalam rumah atau memanimalisir jumlah orang yang terlibat didalamnya. Sehingga, mahasiswa KKN UIN Walisongo menjalankan kuliah kerja nyata (KKN) di rumah masing-masing.


Mahasiswa tidak kehilangan semangat dan antusias menjalankan kegiatan KKN, walaupun di kerjakan di rumah. Seperti yang dilakukan mahasiswa UIN Walisongo membuat jamu mpon-mpon untuk mencegah covid-19, lalu jamu tersebut dibagikan kepada masyarakat untuk dikonsumsi. Dibagikan kepada masyarakat Karonsih Utara 1, Kota Semarang, Ngaliyan. Salah satu mahasiswa UIN Walisongo Semarang yang membuat minuman herbal, Siti Nur Khoiriyah Program Tasawuf dan Psikoterapi.


“saya membuat minuman herbal ini karena memang mudah untuk dibuat dan saya sering mengkonsumsi hampir setiap harinya dirumah. Bukan hanya itu saja, saya juga mendengar kabar bahwa bapak presiden kami bapak Jokowi juga memang sering mengkonsumsi jamu ini karena memang banyak khasiatnya untuk tubuh” tuturnya, Selasa(16/02).


Jamu tersebut memang banyak khasiatnya karena terbuat dari beberapa bahan rempah-rempah yang berkhasiat atau bisa dijadikan obat. Bahan tersebut meliputi: jahe, kunyit, temulawak, sereh, asam, gula jawa. Lalu semua bahan di cuci bersih dan direbus dengan air mendidih.


Masyarakat indonesia sudah mengkonsumsi jamu-jamuan selama berabad-abad, bahkan jaman dahulu ketika penyakit kronis atau keras. Mereka akan mengkonsumsi jamu menjadi obat-obatan karena memang mudah didapat, aman untuk di konsumsi dan harganya yang ekonomis. 


“terima kasih, sudah memberikan jamu ini. Badan saya terasa lebih enak, jamunya hangat dan memiliki khasiat yang bagus, rempahnya juga sangat terasa saat saya meminumnya” tutur salah satu warga yang diberikan jamu, Selasa(16/02).


Siti Nur Khoiriyah

Posting Komentar untuk "Mencegah Covid-19, Mahasiswa UIN Walisongo Semarang Membuat Jamu Mpon-Mpon & Membagikan kepada Masyarakat"

Berlangganan via Email