Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gerakan 5 M virus covid 19 dalam kunci mengakhiri pandemi


Di Indonesia protokol kesehatan di kenal dengan sebutan 5M. Apakah sudah tau apa saja gerakan 5M untuk membantu pencegahan virus covid 19? Yuk kita bahas satu persatu berikut ini :

1. Mencuci Tangan

Nah yang pertama dari gerakan 5M adalah mencuci tangan hingga bersih supaya lebih maksimal disarankan mencuci tangan dalam waktu 20 detik selama beberapa kali sehari terutama di saat :

- Sebelum makan atau memasak

- Saat menutup mulut ketika batuk dan menutup hidung ketika bersin 

- Setelah menggunakan kamar mandi

Untuk mencegah kuman-kumam dan virus  lainnya, gunakan sabun dan air atau pembersih tangan dengan alkohol setidaknya dengan kadar 60 persen.

2. Memakai Masker

Yang kedua adalah memakai masker, Memakai Masker saat beraktivitas bersama orang lain, terutama di luar rumah bukan sekadar cara mencegah diri terinfeksi COVID-19, tetapi juga bentuk kepedulian pada orang-orang di sekitar kita. Memakai masker dengan baik dan benar secara konsisten adalah langkah terpenting dalam mencegah persebaran wabah tertentu, seperti COVID-19 yang saat ini marak terjadi. berikut adalah beberapa tips dan cara memakai masker yang benar :

- pilih masker dengan lapisan lebih dari 1 

- gunakan masker dengan kawat hidung

- pastikan tidak ada celah

- memakai 2 masker

- ikat tali masker

3. Menjaga Jarak

Dengan menjaga jarak, kemungkinan kamu menghirup tetesan dan bersentuhan dengan permukaan yang terkontaminasi dan orang yang terinfeksi di luar rumah pun turut berkurang. Menjaga jarak juga sangat penting bagi orang-orang yang berisiko lebih tinggi terkena penyakit parah akibat COVID-19. Meskipun bertemu dengan teman sendiri dan berkegiatan di dalam rumah, kalau kamu tidak serumah dengannya atau sering pergi keluar, jangan lupa pakai masker saat bertemu, ya!

4. Menjauhi Kerumunan

Kenapa harus menjauhi kerumunan?? Karena Pertama, di kerumunan, kamu akan sulit menjaga jarak. Yup, dengan berada di kerumunan, kita tidak bisa menerapkan dua dari lima protokol kesehatan! Kedua, perlu kamu sadari bahwa di tengah kerumunan, ada banyak orang yang tidak menerapkan protokol kesehatan dengan benar. Mungkin masker digunakan, tapi masker yang digunakan tidak sesuai standar sehingga bisa menulari maupun mudah tertular virus dari orang lain. Banyak juga orang yang melepas masker saat makan di kerumunan, menurunkan masker saat bicara, memakai masker tidak menutupi hidung. Selain itu, di kerumunan tentu banyak orang bicara dengan suara keras agar terdengar lawan bicara, tertawa, atau bahkan teriak. Menurut sebuah studi dari institut kesehatan nasional Amerika Serikat. orang yang berbicara dengan keras cenderung mengeluarkan lebih banyak tetesan atau droplet dibanding yang berbicara dengan pelan. Apalagi jika orang tersebut hanya mengenakan masker yang tipis. Hal ini tentu meningkatkan potensi penyebaran virus. Inilah pentingnya penggunaan masker yang benar

5. Mengurangi Mobilitas

Virus penyebab corona bisa berada di mana saja. Jadi, semakin banyak dirimu menghabiskan waktu di luar rumah, maka semakin tinggi pula terpapar virus jahat ini. Oleh karena itu, bila tidak ada keperluan yang mendesak, tetaplah berada di rumah. Menurut Kemenkes, meski sehat dan tidak ada gejala penyakit, belum tentu dirimu pulang ke rumah dengan keadaan yang masih sama. Pasalnya, virus corona dapat menyebar dan menginfeksi seseorang dengan cepat. Yuk kawan, terapkan protokol kesehatan 5M untuk mencegah penyebaran Virus covid 19 ini, dan jangan lupa untuk selalu meningkatan sistem kekebalan tubuh agar terhindar dari infeksi Covid 19. Stay safe and stay healthy everyone

Posting Komentar untuk "Gerakan 5 M virus covid 19 dalam kunci mengakhiri pandemi"