Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mencegah COVID-19, Yuk Konsumsi Makanan Sehat



 Untuk Meningkatkan Imun Tubuh
Di masa pandemi COVID-19 seperti sekarang ini, kita semua harus senantiasa berikhtiar atau berusaha agar kita terhindar dari paparan COVID-19. Salah satu usaha yang bisa kita lakukan agar terhindar dari paparan COVID-19 adalah dengan menjaga dan memperhatikan sistem kekebalan tubuh kita. Dengan memiliki sistem kekebalan tubuh yang sehat, kita bisa terlindungi dari berbagai macam penyakit, termasuk dari paparan virus corona atau COVID-19 ini. 
Dalam menjaga sistem kekebalan tubuh ada banyak cara yang bisa kita lakukan, di antaranya adalah dengan mengonsumsi makanan sehat yang dapat menunjang sistem kekebalan tubuh menjadi semakin kuat. Berikut ini berbgai jenis makanan sehata yang dapat menjaga dan menambah kekebalan tubuh kita untuk mencegah infeksi penyakit COVID-19:
1. Yoghurt
Yogurt merupakan makanan yang terbuat dari fermentasi bakteri susu. Yogurt adalah salah satu makanan yang memiliki manfaat mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Yogurt disinyalir memiliki manfaat mampu meningkatkan kekebalan tubuh dikarenakan yogurt adalah makanan yang memiliki kandungan magnesium, selenium, dan seng. Kandungan-kandungan yang dimiliki yogurt ini merupakan mineral penting untuk tubuh. 
Perlu kita ingat juga, bahwa dalam memilih yogurt untuk dikonsumsi lebih baik kita memilih yogurt yang tanpa rasa dari pada yogurt yang diberi rasa dan kayak akan gula. Dengan memilih yogurt tawar apabila kita bisa mengubahnya mnejadi manis dengan menambahkan buah-buahan yang sehat atau sedikit madu.
2. Kunyit
Selain sebagai bahan untuk memasak, kunyit merupakan salah satu jensi rempah-rempah yang dapat meningkkan daya tahan tubuh. Hal ini tentunya karena kunyit adalah jenis rempah-rempah mengandung zat kurkumin. Zat kurikumun yang dimiliki kunyit inilah yang dapat bermanfaat yaitu bekerja meningkatkan daya tahan tubuh..
3. Jahe
Selain kunyit, rempah-rempah yang juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh adalah jahe. Jahe memiliki sifat antioksidan, antiradang, dan antibakteri yang mampu memperkuat daya tahan tubuh dan mencegah infeksi. Melawan peradangan, sistem pencernaan, serta obat tradisional untuk pilek dan mual. 
4. Bawang Putih
Bumbu dapur yang satu ini merupakan makanan anti-virus alami yang bisa memberikan perlindungan pada tubuh dari penyakit flu musiman. Kandungan konsentrasi tinggi akan senyawa yang mengandung sulfur, seperti allicin pada yang terdapat pada bawang putih inilah yang membuat bawang putih bisa membantu menambah kekebalan tubuh.
5. Bayam
Ada banyak sekali jenis sayuran yang memiliki manfaat yang amat sangat baik untuk kesehatan tubuh. Salah satu jenis sayuran yang memiliki banyak manfaat untuk membuat tubuh sehat adalah bayam. Di masa pandemi COVID-19 seperi sekarang ini mengonsumsi bayam merupakan salah satu cara terbaik untuk menjaga tubuh kita dari paparan COVID-19. Selain kaya akan vitamin C, bayam juga dikemas dengan antioksidan dan beta karoten yang dapat meningkatkan kemampuan tubuh melawan infeksi melalui sistem kekebalan tubuh.


6. Brokoli
Brokoli juga termasuk salah satu sayuran tersehat yang bisa kita konsumsi secara rutin. Brokoli sangat kaya akan kandungan vitamin dan mineral. Brokoli juga dikemas dengan vitamin A, vitamin C, serta vitamin E, dan antioksidan lainnya.
 7. Paprika
Mengonsumsi paprika  di musim pandemi seperti saat ini sangatlah dianjurkan. Paprika memiliki kandngan vitamin C yang dapat menjaga sistem kekebalan tubuh, jenis paprika yang bagus adalah paprika merah, karena selain mengandung botamin C paprika merah juga kayak akan kandungan betakaroten. 
8. Wortel
Sebagaimana paprika, wortel juga merupakan salah satu jenis sayur yang juga memiliki betakroten tinggi yang bisa merubah vitamin A yang selanjutnya akan memperkuat kekebalan tubuh sehingga tubuh menjadi kuat, sehat, dan bugar. Mengonsumsi wortel khususnya jus wortel ketika sistem imun terserang penyakit merupakan salah satu obat paling ampuh untuk mengatasinya. 
9. Kiwi
Selain sayur banyak juga jenis buah-buahan yang memiliki manfaat dapat meningkatkan kekebalam tubuh. Salah satu buah yang harus dikonsumsi saat musim pandemi COVID-19 seperti sekarang ini karena kandungan yang baik untuk kekebalan tubuh adalah buah kiwi. Buah kiwi merupakan buah yang terkenal dengan kandungan vitamin C tinggi. Oleh karena itulah buah kiwi harus dikonsumsi sebabab vitamin C yang terkandung di dalamnya dapat membangun sistem kekebalan tubuh yang rapuh. 
10. Pepaya
Buah-buahan yang mudah didapatkan dan murah meriah ini serupa seperti wortel dan brokoli, yaitu kaya akan betakaroten. Bagi kita yanh ingin meningkatkan sistem kekebalan tubuh buah pepaya ini sangtlah cocok untuk kita konsumsi. Terlebih lagi pepaya juga mengandung enzim papain yang memiliki efek anti-inflamasi, sukses jadi paket lengkap untuk kesehatan tubuh yang optimal. 
11. Kerang
Mungkin bagi kita terdengar sedikit asing dan  bahkan mungkin tidak terpikirkan sama sekali oleh kita bahwa kerang memiliki manfaat dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Akan tetapi, beberapa jenis kerang memang mengandung seng. Meskipun tidak sepopuler vitamin dan mineral lainnya, seng berperan penting dalam membantu sel kekebalan agar bisa berfungsi sebagaimana mestinya.
Beberapa jenis kerang yang kaya akan seng, antara lain ialah tiram, kerang, kepiting, dan lobster. 
Nah, itulah beberapa jenis makanan yang bisa kita  konsumsi untuk menjaga dan menambaha sistem kekebalan tubuh kita, sehingga bisa kita bisa terhindar dari penyakit COVID-19. Apabila kita atau mengalami gejala kesehatan tertentu, jangan sampai jangan panik dulu karena belum tentu itu gejala COVID-19. Tetap semangat dan terus berikhtiar atau berusaha agar kita tidak terpapar COVID-19.

Penulis: Sunarni (Anggota Kelompok Sans KKN MDR IPMAFA Tahun 2021)
 

Posting Komentar untuk "Mencegah COVID-19, Yuk Konsumsi Makanan Sehat"